Deretan Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Ini dia beberapa sektor pekerjaan dengan rata-rata gaji tertinggi di Indonesia, berminat untuk bekerja di sana?

Deretan Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Ilustrasi Rupiah | Gunawan Prasetyo/Getty Images

Persoalan gaji selalu menjadi pertimbangan utama para pencari kerja. Dalam survei yang dilakukan Populix, gaji menempati nomor satu sebagai alasan yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pekerjaan. Lantas di Indonesia, pekerjaan apa yang memiliki gaji paling tinggi?

Badan Pusat Statistik merilis laporan bahwa sektor jasa keuangan dan asuransi memiliki rata-rata gaji paling tinggi, yaitu Rp5.154.872 per bulan. Laporan ini hanya mengacu pada gaji untuk pegawai atau buruh.

Baru sektor jasa keuangan dan asuransi yang mencapai rata-rata lebih dari Rp5 juta I GoodStats
Baru sektor jasa keuangan dan asuransi yang rata-rata gajinya mencapai lebih dari Rp5 juta per bulan I GoodStats

Rata-rata gaji di sektor jasa keuangan dan asuransi ini hampir setara dengan gaji PNS Golongan III yang berada di kisaran Rp2,79-Rp5,18 juta per bulan.

Pegawai di sektor pertambangan dan penggalian juga mendapat rata-rata gaji di kisaran serupa, sekitar Rp4,9 juta per bulan. Pekerja di bidang mineral dan batu bara mendapat gaji sebesar Rp3,1-Rp50 juta per bulan. Di bidang lain seperti energi, minyak, dan gas, kisaran gaji pegawainya antara Rp2juta-Rp69 juta per bulan.

Terdapat beberapa sektor yang rata-rata gajinya mengalami penurunan. Pada Agustus 2023, sektor informasi dan komunikasi memiliki rata-rata gaji yang lebih tinggi dari sektor jasa keuangan dan asuransi. Kala itu, jumlahnya mencapai Rp5,12 juta per bulan. Sedangkan rata-rata gaji di sektor jasa keuangan dan asuransi adalah sebesar Rp5,11 juta per bulan.

Jasa profesional dan perusahaan juga mengalami penurunan rata-rata gaji dari periode sebelumnya. Pada Agustus 2023, rata-rata gaji sektor ini sebesar Rp4 juta per bulan, kemudian menurun pada Februari 2024 menjadi Rp3,7 juta per bulan.

Di sisi lain, peningkatan dialami oleh sektor pertambangan dan penggalian. Pada Agustus 2023, rata-rata gajinya mencapai Rp4,8 juta per bulan, kemudian bertambah menjadi Rp4,9 juta per bulan di Februari 2024.

Apakah Pekerjaan Diatas Banyak Diminati?

Kementerian Ketenagakerjaan merilis informasi beberapa pekerjaan yang paling diminati di tahun ini. Sebagian di antaranya berkaitan erat dengan teknologi, seperti pengembang perangkat lunak, AI engineer atau AI specialist, ahli keamanan siber, pembuat konten digital, dan pengembang situs. 

Sementara itu, di antara deretan sektor pekerjaan dengan gaji tertinggi diatas, manajer keuangan dan analis manajemen bisnis masih memiliki peminat yang tinggi. 

Salah satu pekerjaan yang tengah menjadi tren adalah pembuat konten digital atau content creator. Pekerjaan ini dapat terikat dengan perusahaan atau dilakukan secara freelance. Penghasilan yang diperolehnya pun beragam, berkisar antara Rp4-Rp6 juta per bulan.

Sementara itu, content creator untuk endorsement mendapat gaji yang lebih bervariatif, antara Rp200 ribu-Rp1,5 juta untuk tiap unggahan di media sosial. Gaji yang diterima berkaitan dengan seberapa kuat profil content creator tersebut.

Content creator yang menggantungkan penghasilan pada adsense, juga memperoleh keuntungan beragam tergantung penonton dan jumlah klik iklan. Biasanya, per 1.000 tayangan, content creator dapat menghasilkan Rp15.000-Rp45.000. Makin banyak tayangannya, maka penghasilannya akan lebih tinggi.

Baca Juga: Kenali Sudut Pandang Pemberi Kerja dan Pencari Kerja, Ada yang Selaras?

Penulis: Ajeng Dwita Ayuningtyas
Editor: Editor

Konten Terkait

Dipangkas Rp1,1 Triliun, Ini Nominal Subsidi Energi 2025

Pemangkasan nominal subsidi energi 2025 disesuaikan dengan estimasi perubahan kurs rupiah terhadap dolar AS.

Indonesia Alami Penurunan Harga Pangan, Dorong Deflasi 4 Bulan Berturut-turut

Indonesia mengalami deflasi selama 4 bulan berturut-turut, diduga disebabkan oleh penurunan harga pangan di sejumlah wilayah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook