Deretan Bandara Paling Sibuk di Dunia 2022, Tak Ada Lagi Soetta

Soetta tak masuk kembali sebagai bandara tersibuk. Secara keseluruhan, 5 dari 10 bandara tersibuk dipengang oleh AS.

Deretan Bandara Paling Sibuk di Dunia 2022, Tak Ada Lagi Soetta Ilustrasi bandara | Kris Blokhin/ Shutterstock

Beberapa bandara di dunia memiliki aktivitas penerbangan yang sangat padat dan pergerakan penumpang pesawat. Terlebih kasus Covid-19 yang telah melandai, serta dilonggarkan kembali kedatangan para turis atau wisatawan.

Official Airline Guideline (OAG) sebagai penyedia informasi penerbangan global yang berbasis di Inggris, mencatat 10 bandara tersibuk di dunia berdasarkan data penerbangan internasional dan domestik pada Maret 2022.

Bandara Tersibuk di Dunia Maret 2022 | Goodstats

1. Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta, Georgia

Bandara yang terletak di Amerika Serikat (AS) ini, ternyata telah dinobatkan menjadi bandara tersibuk sejak tahun 1999-an. Pada 2018, bandara ini tercatat memiliki total kapasitas penerbangan hingga lebih dari 107 juta penumpang.

Di tahun 2022, tepatnya bulan Maret, Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta (ATL) masih menjadi bandara tersibuk dengan total kapasitas 4.552.931 penumpang. Nama bandara yang berasal dari dua mantan Walikota Atlanta, yakni William B. Hartsfield dan Maynard Jackson, memiliki menara kontrol tertinggi di AS dengan tinggi mencapai 121 meter.

Salah satu faktor yang menjadikan bandara ini menjadi bandara tersibuk, dikarenakan Atlanta merupakan lokasi penghubung utama untuk Delta Air Lines, serta menjadi pusat utama untuk perjalanan di seluruh AS. Meskipun sibuk, bandara ini dinilai menduduki posisi kedua tepat waktu, setelah Bandara Tokyo/Haneda.

2. Bandara Internasional Dubai

Di tahun 2022, Bandara Internasional Dubai (DXB) naik satu peringkat dibandingkan tahun 2019. Di tahun 2018, bandara ini menangani total 89 juta penumpang. Kemudian, Maret 2022 Bandara Internasional Dubai tercatat memiliki total 3.703.845 penumpang. 

Bandara yang terkenal akan perbelanjaan Duty Free terbaik di dunia menjadi penghubung antara negara barat dan negara timur. Banyaknya para penumpang internasional yang melintasi bandara ini, mampu mendorong ekonomi Dubai melalui sektor pariwisata.

3. Bandara Internasional Indira Gandhi, Delhi

Bandara ini mengalami kenaikkan peringkat yang cukup signifikan. Di tahun 2019, Bandara Delhi (DEL) menduduki peringkat ke-20, dan kini berada di posisi ketiga dengan kapasitas sebanyak 3.504.739 kursi penumpang.

Bandara yang dinamai terinspirasi dari Perdana Menteri Indira Gandhi saat itu, menjadi salah satu bandara tersibuk. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan penerbangan domestik, meskipun beberapa penerbangan internasional tertunda akibat pandemi Covid-19.

4. Bandara Internasional Baiyun Guangzhou

Bandara yang terletak di Guangzhou, China ini menduduki urutan keempat sebagai bandara tersibuk di dunia. Bandara ini juga mengalami kenaikkan dibandingkan tahun 2019 yang berada di urutan ke-10.

Berdasarkan data dari Airport Council International, bandara Baiyun Guangzhou (CAN) pernah menggantikan Hartsfield-Jackson Atlanta (ATL) sebagai bandara tersibuk di dunia pada tahun 2020. Hal ini dikarenakan Baiyun Guangzhou menangani hingga 43,7 juta penumpang, serta juga adanya pandemi Covid-19.

Bandara yang memiliki dua terminal serta menjadi salah satu bandara terbesar di dunia menjadi penghubung utama maskapai domestik, seperti Hainan, China Southern, dan Shenzhen Airlines. Pada Maret 2022, bandara Baiyun Guangzhou memiliki kapasitas sejumlah 3.453.950 kursi penumpang.

5. Bandara Internasional Dallas-Fort Worth

Di tahun 2019, bandara yang terletak di antara kota Dallas dan Fort Worth, AS ini berada di peringkat 16. Kini, Bandara Internasional Dallas-Fort Worth (DFW) menduduki peringkat ke-5 dengan jumlah kursi penumpang selama Maret 2022 mencapai 3.413.061.

Bandara tersibuk kedua di Amerika Serikat dan tersibuk di negara bagian Texas juga sebagai penghubung utama bagi American Airlines, yakni salah satu maskapai dengan penerbangan terbesar berdasarkan total penumpang, ukuran pesawat, hingga nilai merek. Di tahun 2020, bandara ini menyediakan layanan ke 260 tujuan, 62 di antaranya penerbangan internasional.

Berdasarkan laporan dari OAG, pertumbuhan bandara di AS menggeser posisi top 10 bandara Asia, seperti Beijing, Hong Kong, dan Shanghai. Hal ini dikarenakan adanya pembatasan penerbangan selama pandemi Covid-19.

Soetta tak lagi masuk dalam deretan 10 besar

Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) di Cengkareng, Tangerang tak kembali masuk dalam daftar 10 besar bandara tersibuk di dunia.

Melansir dari CNN, pada bulan Januari lalu, Soetta sempat berhasil menempati peringkat ke-10 dengan kapasitas mencapai 2,82 juta kursi penumpang, baik penerbangan domestik maupun internasional. Hal ini dikarenakan sangat tingginya rute penerbangan Jakarta-Denpasar dan Jakarta-Makassar.

Kemudian pada Februari 2022, Bandara Soetta naik peringkat menempati posisi ke-8. Pada saat itu, Soetta menjadi bandara satu-satunya dari Asia Tenggara yang berhasil masuk dalam jajaran bandara tersibuk di dunia. Rute terbesar masih dipegang oleh Jakarta-Bali, namun Jakarta-Makassar harus terganti dengan Jakarta-Medan.

Mengutip dari Kompas, pada maret 2022 Soetta tak lagi masuk 10 besar, dikarenakan Bandara Internasional Tokyo/Haneda masuk kembali dalam deretan 10 besar. Kemudian, hadirnya Bandara Internasional London Heathrow yang pertama kali masuk ke deretan 10 besar.

Penulis: Brigitta Raras
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Harga Rata-Rata BBM di Kawasan Asia Tenggara, Indonesia Termasuk Harga yang Termurah?
Artikel Selanjutnya Daftar Belanja Bahan Makanan yang Paling Sering Dibeli Masyarakat Indonesia
Konten Terkait