Deretan Atlet Muda dengan Gaji Terbesar di Dunia, Kylian Mbappé Puncaki Daftar

Menurut Forbes, Kylian Mbappé menempati peringkat teratas dalam daftar atlet muda dengan penghasilan terbesar pada tahun 2023.

Deretan Atlet Muda dengan Gaji Terbesar di Dunia, Kylian Mbappé Puncaki Daftar Potret Kylian Mbappé pada kompetisi League 1 pada 2023 | Victor Velter/Shutterstock

Industri olahraga merupakan salah satu sektor yang penting untuk mendongkrak perekonomian. Sebagai hiburan yang banyak diminati oleh masyarakat global, olahraga telah menjadi industri unggulan bagi sejumlah negara seperti Inggris, Prancis, Italia, Amerika Serikat, dan lain-lain.

Baru-baru ini, Forbes merilis daftar 50 atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Adapun, lima dari total tersebut masih berusia 25 tahun ke bawah. Tercatat, mereka mampu menghasilkan pendapatan dengan total sekitar US$354 juta.

Hasil tersebut berdasarkan riset yang dilakukan selama periode 1 Mei 2022 hingga 1 Mei 2023 oleh Forbes. Dari total tersebut, rinciannya adalah sebanyak US$304 juta berasal dari gabungan gaji dan bonus bermain kelima atlet muda dan US$50 juta lainnya berasal dari lisensi, dukungan/sponsor, penampilan, memorabilia, serta bisnis yang mereka jalankan.

Daftar 5 atlet muda usia 25 tahun ke bawah yang memiliki penghasilan terbesar di dunia pada 2023 | Goodstats

Berdasarkan laporan, Kylian Mbappé menjadi atlet muda dengan bayaran termahal di dunia pada 2023 versi Forbes. Bahkan, Mbappé juga tercatat sebagai atlet termahal ketiga setelah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Pemain muda berusia 24 tahun tersebut memiliki penghasilan senilai US$120 juta atau setara Rp1,8 triliun pada 2023. Disusul oleh Kyler Murray di posisi kedua dengan penghasilan sebesar US$70,5 juta atau senilai Rp1,05 triliun.

Lalu, siapa lagi atlet muda berusia 25 tahun ke bawah yang memiliki penghasilan terbesar versi Forbes? Berikut daftar lengkapnya.

1. Kylian Mbappé

Foto Mbappé saat ajang UEFA Euro melawan timnas Yunani | Victor Velter/Shutterstock

Pria yang memiliki nama lengkap Kylian Mbappé Lottin ini merupakan pesepak bola asal Prancis yang saat ini bermain di lini serang skuad Paris Saint-Germain. Kapten timnas Prancis ini menjadi atlet dengan bayaran termahal yang mampu meraup penghasilan sebesar US$120 juta menurut Forbes.

Sepanjang karirnya, ia juga mencatatkan pencapaian yang luar biasa. Ia memenangkan penghargaan Golden Boot atau Sepatu Emas Piala Dunia 2022 setelah mencetak tiga gol dalam pertandingannya melawan timnas Argentina pada final Piala Dunia.

Selain dari gaji klub, Forbes menyebut bahwa kekayaan Mbappé juga berasal dari juga dukungan atau sponsor yang ia jalankan dengan berbagai mitra termasuk Nike, Dior serta permainan olahraga fantasi berbasis cryptocurrency, Sorare.

2. Kyler Murray

Foto Kyler Murray | Breet Deering/Getty Images

Posisi kedua dalam daftar atlet muda dengan penghasilan terbesar ditempati oleh quarter back (QB) untuk Arizona Cardinals dari National Football League (NFL), Kyler Murray. Melansir Forbes, pemuda kelahiran Bedford, Texas tersebut menghasilkan pendapatan sebesar US$70,5 juta pada 2023.

Pada musim panas 2022 lalu, ia telah menandatangani perpanjangan kontrak selama lima tahun senilai US$230, juta menurut Forbes. Selain itu, ia juga menerima bonus kontrak sebesar US$29 juta di tahun 2022 dan bonus tambahan senilai US$36 juta pada 2023.

Murray merupakan mantan atlet bisbol. Pada tahun 2019, ia memutuskan untuk meninggalkan bisbol dan fokus pada karir sepak bolanya. Adapun, Murray pada musim pertamanya dinobatkan sebagai NFL Offensive Rookie of the Year setelah mencetak rekor Cardinals rookie quarter back.

3. Max Verstappen

Foto Max Verstappen saat ajang F1 Spanish Grand Prix 2023 | Motorsports Photographer/Shutterstock

Max Verstappen merupakan pembalap tim Red-Bull Racing yang sukses menjadi juara dunia pada ajang Formula 1 (F1) 2022 lalu. Mengutip Forbes, ia menjadi atlet muda dengan penghasilan terbesar di peringkat ketiga. Tercatat, ia mampu menghasilkan sebesar US$64 juta pada 2023.

Pembalap profesional yang memiliki dua kewarnegaraan (Belanda-Belgia) tersebut lahir dari pasangan pembalap. Ayahnya, Joe Verstappen adalah mantan pembalap F1. Sedangkan ibunya, Sophie Kumpen adalah mantan pembalap gokart.

Max Verstappen juga dinobatkan sebagai pembalap termuda yang pernah mengikuti ajang F1. Ia memulai debutnya di usia 17 tahun. ia debut di ajang Grand Prix Australia pada 15 Maret 2015.

4. Erling Haaland

Potret Erling Haaland | Jose Breton/Shutterstock

Pesepak bola yang memiliki nama lengkap Erling Braut Haaland ini lahir pada tanggal 21 Juli 2000 di Kota Leeds, Inggris dan memiliki darah Norwegia. Haaland menempati peringkat keempat dalam daftar atlet usia 25 tahun ke bawah dengan penghasilan terbesar versi Forbes. Tercatat, ia menghasilkan pendapatan sebanyak US$52 juta pada 2023.

Sejak pindah ke Manchester City dari Borussia Dortmund pada bulan Juni 2022, Haaland telah meraih sepatu emas setelah berhasil menjadi top skor dengan mencetak sebanyak 36 gol dalam ajang Liga Premier Inggris 2022-2023.

5. Luka Doncic

Potret Luka Doncic | Alonzo Adams/USA Today

Luka Doncic merupakan seorang pemain basket profesional National Basketball Association (NBA) asal Slovenia yang saat ini bermain untuk Dallas Mavericks. Mengutip Forbes, Doncic menempati peringkat kelima dalam daftar atlet muda termahal dengan penghasilan mencapai US$47,2 juta pada 2023.

Doncic bersinar sebagai pemain muda Union Olimpija, sebelum bergabung dengan akademi klub Spanyol, Real Madrid. Ia memulai debutnya untuk tim senior pada usianya yang ke-16 di tahun 2015 dan menjadi yang termuda dalam sejarah klub.

Ia membawa Madrid memenangkan gelar EuroLeague musim 2018, EuroLeague MVP, dan Final Four MVP. Selain itu, ia juga dinobatkan sebagai ACB Most Valuable Player serta berhasil memenangkan penghargaan EuroLeague Rising Star dan ACB Best Young Player.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Inilah 10 Pemain Termahal di Piala Dunia U-17 2023

10 pemain sepak bola dengan valuasi pasar tertinggi di Piala Dunia U-17 2023 menurut Transfermarkt.

Inilah Daftar Lengkap Negara Lolos 16 Besar Piala Dunia U17 2023

Babak penyisihan Piala Dunia FIFA U-17 2023 telah selesai dipertandingkan

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook