Dari Serabi Hingga Getuk, Ini Jajanan Manis Populer yang Cocok Dimakan Saat Berbuka

Kuliner di Indonesia sangatlah beragam, termasuk jajanan manisnya. Berikut rekomendasi jajanan manis yang bisa disantap untuk berbuka.

Dari Serabi Hingga Getuk, Ini Jajanan Manis Populer yang Cocok Dimakan Saat Berbuka Ilustrasi jajanan serabi | Ariyani Tedjo/Shutterstock

Indonesia adalah negara yang kaya. Bukan hanya budanyanya saja yang beragam, namun kulinernya juga melimpah ruah dan berbeda-beda di tiap daerah. Meski banyak jajanan modern yang populer belakangan ini, jajanan tradisional masih menjadi jajanan yang paling banyak dicari di Indonesia hingga saat ini.

Ada beragam jajanan manis yang bisa menjadi rekomendasi bagi masyarakat muslim Indonesia untuk berbuka puasa. Panduan perjalanan kuliner TasteAtlas baru-baru ini merilis peringkat dari jajanan manis dengan skor terbaik di Indonesia pada Maret 2023.

Jajanan manis di Indonesia dengan skor terbaik versi TasteAtlas | Goodstats

Serabi menempati peringkat pertama dalam daftar dengan skor 4,7 poin. Disusul oleh pisang goreng dengan perolehan 4,5 poin, kue putu dengan 4,1 poin, dan getuk dengan 3,7 poin. Selengkapnya, berikut daftar jajanan manis terbaik versi TasteAtlas.

1. Serabi (4,7 poin)

Jajanan serabi | Gina Pamungkas/Shutterstock

Serabi atau biasa yang dikenal sebagai pancake tradisional khas Indonesia ini terbuat dari tepung beras dan santan atau kelapa parut. Jajanan ini biasanya disajikan dengan saus kinca atau gula merah dan bisa ditemukan di pasar-pasar atau pedagang kaki lima.

Jajanan ini memiliki beberapa varian rasa, yakni versi manis dan gurih. Jajanan ini dapat ditambahkan dengan berbagai toping, seperti gula, pisang, nangka, cokelat, dan lain-lain. Di Jawa Barat, khususnya wilayah Bandung, jajanan ini biasa dikenal dengan surabi oncom, yang memiliki cita rasa gurih dan pedas.

2. Pisang goreng (4,5 poin)

Ilustrasi jajanan pisang goreng | Odua Images/Shutterstock

Pisang goreng merupakan camilan manis yang umum dimakan di seluruh Indonesia. Jajanan ini terbuat dari tepung dan pisang yang digoreng hingga berwarna keemasan. Ini termasuk salah satu jenis gorengan yang biasa dijual di warung-warung, pedagang kaki lima, dan pasar.

Selain menjadi salah satu jajanan manis terbaik di Indonesia, pisang goreng juga masuk ke dalam daftar gorengan penutup terbaik versi TasteAtlas pada Februari 2023. Jajanan ini menempati peringkat pertama dari total 50 gorengan di seluruh negara dengan skor 4,6 poin, mengalahkan quarkballchen dari Jerman.

3. Kue putu (4,1 poin)

Ilustrasi kue putu | Kristanti/Shutterstock

Kue putu merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras yang diwarnai dengan daun pandan. Bagian tengah kue ini diisi dengan gula aren dan dikukus menggunakan tabung bambu.

Saat dikukus, putu biasanya ditaburi kelapa parut segar. Jajanan manis ini diketahui juga ditemukan di Malaysia dan Filipina dengan nama serta penyajian yang berbeda. Sebagian percaya bahwa mereka mungkin terinspirasi oleh puttu—camilan serupa asal India.

4. Getuk (3,7 poin)

Ilustrasi jajanan getuk | Aniestia/Shutterstock

Jajanan manis khas Indonesia satu ini terbuat dari singkong atau ketela. Bahan dasar tersebut kemudian direbus dan ditumbuk. Setelah itu, diberi pemanis (gula) dan diberi pewarna. Penyajiannya pun sangat sederhana, yaitu hanya ditaburi parutan kelapa di atasnya.

Makanan ini sangat mudah ditemukan di wilayah Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Yogyakarta. Adapun, getuk awalnya berasal dari Magelang, Jawa Tengah yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Street Food Paling Enak Sedunia, Makanan Indonesia Mendominasi!

Enak dan murah, berikut jajanan jalanan terenak di dunia versi Taste Atlas.

Air Mineral Kemasan Favorit Orang Indonesia Saat Berbuka Puasa di 2024

Survei "Pola Perilaku Masyarakat Saat Ramadan & IdulFitri 2" mengungkap brand air mineral favorit saat berbuka puasa. Kira-kira mana yang paling banyak dipilih?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X