Daftar Platform Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan 2023, Facebook Juaranya

Menurut laporan We Are Social dan Hootsuite 2023, Facebook menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan secara global

Daftar Platform Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan 2023, Facebook Juaranya Ilustrasi platform media sosial | Primakov/Shutterstock

Pengguna internet global diketahui telah mengurangi rata-rata penggunaan internet harian sebesar 20 menit sepanjang tahun 2022 menjadi 6 jam 37 menit. Namun, waktu yang dihabiskan di platform media sosial telah meningkat secara global menjadi lebih dari 21 jam per hari, di mana angka ini lebih banyak 40 menit daripada waktu yang dihabiskan untuk menonton siaran TV kabel.

Berdasarkan laporan dari We Are Social dan Hootsuite teranyar, terdapat sebanyak 5,16 miliar pengguna internet dan 4,76 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia per Januari 2023. Adapun, waktu seluler harian rata-rata telah meningkat tujuh menit per hari selama setahun terakhir. Tercatat, pengguna android telah menghabiskan lebih dari lima jam per hari dalam menggunakan ponsel mereka.

Daftar platform media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbanyak 2023 | Goodstats

Mengutip laporan, Facebook menjadi platform dengan jumlah pengguna aktif paling banyak mencapai 2,9 miliar per Januari 2023. Disusul oleh platform YouTube dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2,2 miliar.

Sedangkan, Instagram dan WhatsApp tercatat memiliki jumlah pengguna aktif yang seimbang, yakni mencapai 2 miliar pada Januari 2023. Diikuti oleh jumlah pengguna aktif dari platform Wechat dan TikTok dengan jumlah pengguna aktif masing-masing sebanyak 1,3 miliar dan 1 miliar.

Adapun, platform TikTok menjuarai daftar platform media sosial yang paling banyak digunakan berdasarkan waktu yang dihabiskan dengan rata-rata 23,5 jam/bulan. Ini diikuti oleh platform YouTube dengan rata-rata waktu dihabiskan 23,1 jam/bulan.

CEO grup dan salah satu pendiri di We Are Social, Nathan McDonald menyebut, pengaruh media sosial secara global terus mengalami pertumbuhan. Faktornya pun bermacam-macam, mulai dari sebagai tempat hiburan, mencari informasi, hingga berbelanja online.

“Ini sangat menarik untuk melihat penggunaan internet menjadi lebih cerdas, ini berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari. Masyarakat benar-benar ingin memastikan waktu yang dihabiskan (dalam bermain media sosial) dengan baik,” tuturnya.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Mencicil Pemerataan Internet untuk Indonesia Maju 2045

Pemerataan internet masih jadi persoalan, Indonesia terus ciptakan upaya untuk capai Indonesia Maju 2045.

Inilah Daftar Aplikasi Tiket Transportasi Terfavorit di Indonesia

Ternyata tidak sedikit yang masih menggunakan agen travel offline.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X