Daftar Pesepakbola Peraih Ballon d’Or Terbanyak Sepanjang Sejarah, Messi Teratas!

Melansir Transfermarkt, Lionel Messi telah meraih trofi Ballon d'Or sebanyak 7 kali. Capaian ini membuatnya menjadi pesepakbola peraih Ballon d'Or terbanyak

Daftar Pesepakbola Peraih Ballon d’Or Terbanyak Sepanjang Sejarah, Messi Teratas! Foto trofi Ballon d'Or | FRANCK FIFE/Getty Images

Daftar nominasi 30 besar Ballon d’Or 2023 akhirnya resmi dirilis. Saat ini, publik tengah diramaikan dengan perdebatan siapakah pesepakbola yang mampu meraih trofi ini. Sementara, pemenang akan diungkap pada Senin, 30 Oktiber 2023 mendatang di Thetre du Chatelet, Prancis.

Ballon d’Or kerap dianggap sebagai penghargaan individu tertinggi bagi pesepakbola profesional. Penghargaan tahunan yang digagas oleh penulis majalah Prancis, France Footbal, Gabriel Hanot pada 1965 ini diberikan kepada pemain yang dinilai menunjukkan performa terbaik selama satu musim.

Selain menjadi pelopor penghargaan Ballon d’Or, Hanot ternyata juga merupakan sosok penting di balik lahirnya Liga Champions Eropa. Pada awalnya, ia meminta rekan-rekannya untuk memilih pesepakbola terbaik di Eropa. Tercatat, pemenang penghargaan Ballon d’Or pertama adalah legenda sepak bola Inggris, Sir Stanley Matthews.

Mengetahui sejarah Ballon d’Or yang panjang membuat kita bertanya-tanya siapakah pemain sepak bola yang berhasil meraih penghargaan terbanyak sepanjang sejarah?

Melansir situs Transfermarkt, Lionel Messi menjadi pesepakbola yang telah memenangkan trofi Ballon d’Or terbanyak di dunia, yakni sebanyak 7 kali. Pemain Argentina tersebut berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021.

Daftar pesepakbola peraih Ballon d'Or terbanyak | Goodstats

Menyusul Messi, Cristiano Ronaldo berada di posisi kedua dengan perolehan sebanyak 5 trofi yang ia raih pada tahun 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017. Selanjutnya, ada Michael Platini, Johan Cruyff, dan Marco Van Basten yang sama-sama berhasil meraih 3 trofi Ballon d’Or.

Adapun, daftar nominasi Ballon d’Or kali ini banyak didominasi oleh pemain-pemain yang bermain apik pada gelaran Piala Dunia Qatar 2022. Lionel Messi dan Erling Haaland disebut-sebut menjadi dua pesepakbola yang sama-sama memiliki peluang besar untuk memenangkan penghargaan Ballon d’Or tahun ini.

Keduanya merupakan pesaing kuat untuk kandidat pemenang karena sama-sama mengukir prestasi gemilang pada musim lalu. Messi berhasil memimpin skuad Argentina menjuarai Piala Dunia Qatar 2022. Sementara itu, Haaland berhasil mengantarkan klubnya, Manchester City meraih treble winner.

Menanggapi hal ini, sang striker Manchester City mengatakan bahwa ia optimis dapat bersaing dengan deretan pesepakbola lainnya yang masuk ke dalam nominasi Ballon d’Or 2023. Bahkan, Haaland juga mengatakan bahwa ia memiliki kesempatan besar untuk memenangkan penghargaan tahun ini.

“Saya tahu saya masih bisa meningkatkan permainan saya. Saya masih muda. Tapi, ya, saya yakin saya punya kesempatan tahun ini,” kata Haaland dikutip dari Sportbible.com.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Update Ranking FIFA ASEAN, Indonesia Tetap Bertahan, Thailand Tembus 100 Besar

Meskipun lolos ke putaran ketiga, Indonesia tetap di peringkat 134 dengan 1.108,99 poin, sementara Thailand berhasil masuk 100 besar dengan 1.218,56 poin.

Resmi! Indonesia Duduki Peringkat 5 Besar Asia dalam Ranking Futsal Wanita

Indonesia berada di peringkat 5 Asia dan 14 dunia dalam ranking futsal wanita versi FIFA 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X