Koleksi Gelar Thomas dan Uber Cup: China dan RI Paling Banyak

Indonesia memiliki koleksi Piala Thomas terbanyak yaitu 14 gelar juara, sedangkan China memiliki koleksi Piala Uber terbanyak yaitu 16 gelar juara.

Koleksi Gelar Thomas dan Uber Cup: China dan RI Paling Banyak Piala Thomas dan Uber | BWF

Piala Thomas atau Thomas Cup dan Piala Uber atau Uber Cup merupakan turnamen Bulu Tangkis beregu putra dan putri tertua dan bergengsi di dunia. Kedua turnamen ini dibawahi langsung oleh Badminton World Federation (BWF).

Thomas dan Uber Cup sama-sama diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Thomas Cup merupakan kejuaraan untuk beregu putra dan Uber Cup merupakan kejuaraan untuk beregu putri.

Thomas Cup pertama kali diselenggarakan di Inggris pada tahun 1949 dan hanya diikuti oleh Malaysia, Denmark, dan Amerika Serikat. Sedangkan, Uber Cup pertama kali diselenggarakan di Inggris pada tahun 1957 dan diikuti oleh 11 negara.

Pada 2024, Thomas Cup telah menyelenggarakan turnamen edisi ke-33 dan Uber Cup menyelenggarakan turnamen edisi ke-30. Keluar sebagai pemenang pada Thomas dan Uber Cup 2024, China telah menambah koleksi piala ke-11 untuk Thomas dan piala ke-16 untuk Uber.

Meskipun meraih runner up di tahun 2024, Indonesia masih menjadi pengoleksi piala Thomas terbanyak yaitu juara sebanyak 16 kali. Namun, Indonesia masih belum juara lagi di Uber Cup sejak 1996 dan baru meraih 3 gelar juara.

Berikut adalah daftar juara Thomas dan Uber Cup!

Thomas Cup

Daftar juara Thomas Cup 1949-2024 | Goodstats

Indonesia memiliki prestasi yang sangat gemilang di Thomas Cup. Tim Indonesia berhasil mengoleksi 14 gelar juara, dan menjadi yang terbanyak dibandingkan dengan negara lain. Kemenangan terakhir yang diraih Indonesia adalah pada tahun 2020 setelah mengalahkan China 3-0.

Menyusul Indonesia, China berada di posisi kedua dengan mengoleksi 11 gelar juara setelah mendapatkan juara di tahun 2024. Posisi ketiga ditempati oleh Malaysia yang mengoleksi 5 gelar juara. Malaysia sendiri belum memperoleh gelar juara lagi setelah terakhir juara pada 1992.

Uber Cup

Daftar juara Uber Cup 1957-2024 | Goodstats

Berbeda dengan Thomas Cup, Indonesia tidak memiliki begitu banyak gelar juara di Uber Cup. Namun, pada 2024 Indonesia berhasil memasuki final dan mendapat posisi runner up setelah terakhir kali masuk final pada 2008.

China yang berhasil mendapat juara di tahun 2024 telah menambah koleksi piala Uber menjadi 16 gelar juara dan menjadi yang terbanyak dibandingkan dengan negara lain. Negara dengan gelar terbanyak kedua adalah Jepang yang memiliki 6 gelar juara.

Indonesia sendiri berada di posisi ketiga dengan mengantongi 3 gelar juara sama dengan Amerika Serikat.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Hasil Indonesia Open 2023: Satu-Satunya Wakil Indonesia di Final Belum Berhasil Juara

Satu-satunya wakil Indonesia di final, Anthony Sinisuka Ginting harus takluk dari pemenang tunggal putra 2 edisi terakhir asal Denmark, Viktor Axelsen

Meski Belum Juara Lagi Selama 10 Edisi, Gelar Indonesia di Tunggal Putra Indonesia Open Masih Jadi yang Terbanyak

Indonesia memang belum berhasil meraih podium tertinggi di nomor tunggal putra setelah terakhir kali dicatatkan oleh Simon Santoso pada edisi 2012 lalu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X