Daftar 8 Negara dengan Militer Terkuat di Asia, Indonesia Peringkat Berapa?

Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang berhasil masuk ke dalam sepuluh teratas, dengan skor sebesar 0,2221 pada 2023

Daftar 8 Negara dengan Militer Terkuat di Asia, Indonesia Peringkat Berapa? Ilustrasi pasukan militer | Senivpetro/Freepik

Setiap negara di dunia tentunya memiliki pasukan militernya masing-masing yang bertugas untuk menjamin integritas wilayah negaranya juga melindungi kedaulatan bangsa dan menjaga keamanan rakyat.

Tanpa kekuatan militer, suatu negara berpotensi kehilangan kedaulatan negaranya dengan mudah. Oleh karena itu, tiap negara berlomba-lomba untuk memperkuat militer nya agar keamanan rakyat dan negaranya terjamin serta terbebas dari ancaman eksternal.

Situs pemeringkat militer dunia, Global Fire Power telah merilis deretan negara dengan militer terkuat di dunia pada 2023 dan mengelompokkannya berdasarkan benua. Sebagai catatan, Global Fire Power memasukkan Rusia ke dalam daftar benua Asia.

8 negara dengan militer terkuat di wilayah Asia pada 2023 | Goodstats

Dari sebanyak 45 negara yang berada di deretan benua Asia, Rusia menempati peringkat teratas sebagai negara dengan militer terkuat. Tercatat, skor yang didapatkan Rusia sebesar 0,0714 pada 2023.

Sementara, Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang berhasil masuk ke dalam sepuluh teratas. Skor akhir indeks kekuatan (PowerIndex) sebesar 0,2221. Dengan capaian tersebut, Indonesia menempati posisi ke-8 dalam daftar, mengalahkan Iran dan Israel.

Lebih lanjut, pemeringkatan yang dilakukan oleh Global Firepower mempertimbangkan sejumlah faktor, termasuk jumlah pasukan militer, jumlah peralatan militer, kondisi keuangan suatu negara, geografi, hingga sumber daya yang tersedia.

Selengkapnya, berikut daftar 6 negara dengan militer terkuat di benua Asia pada 2023.

1. Rusia

Ilustrasi bendera Rusia | Jannoon028/Freepik

Meski reputasinya buruk sejak invasi Ukraina pada 2022 lalu, militer Rusia masih mampu mempertahankan posisinya. Bahkan, Global Firepower juga menempatkan negara tersebut di peringkat kedua setelah Amerika Serikat dalam skala global.

“Perang antara Rusia-Ukraina menunjukkan keterbatasan Rusia dalam kemampuan militernya, meskipun pasukan dan keunggulan materialnya melebihi negara tetangga Ukraina. Namun, Rusia masih mempertahankan posisi kedua dalam indeks selama bertahun-tahun,” tulis Global Firepower.

Negara ini tercatat memiliki jumlah tank paling banyak sedunia, yakni mencapai 12.566 unit. Ini didukung dengan personil militer yang banyak mencapai 3,6 juta personil. Selain itu, Rusia juga memiliki 4.182 pesawat tempur dan 27.038 kendaraan lapis baja.

2. Tiongkok

Potret bendera Tiongkok | Wirestock/Freepik

Menyusul posisi Rusia, negara yang memiliki julukan Negeri Tirai Bambu ini berada di peringkat kedua dengan skor PowerIndex sebesar 0,0722 pada 2023. Capaian tersebut pun berhasil menempatkan Tiongkok di posisi ketiga dari 145 negara di dunia.

“Negara ini memiliki perekonomian yang besar dan tenaga kerja yang besar, serta telah berfokus pada peningkatan kekuatan angkatan laut, angkatan udara, dan angkatan darat. Jika tren ini berlanjut, Tiongkok bakal menjadi musuh militer global utama bagi Amerika Serikat,” tulis Global Firepower.

Disebutkan, negara ini memiliki prajurit militer sebanyak 2,7 juta personil. Selain itu, Tiongkok juga memiliki kendaraan militer yang cukup banyak, meliputi tank tempur yang berjumlah 7.716 unit, kendaraan darat berlapis baja 33.000 unit, hingga pesawat tempur sebanyak 1.232 unit.

3. India

Ilustrasi bendera India | Www.slon.pics/Freepik

Menjadi negara dengan militer paling kuat ketiga di Asia, India tercatat telah menghabiskan anggaran pertahanan militer sebanyak US$54,2 miliar pada 2022 lalu. Global Firepower memberikan skor PowerIndex untuk negara ini sebesar 0,1025 pada 2023.

Dengan prajurit aktif hampir mencapai 1,5 juta personel, negara ini memiliki armada tank dan kendaraan tempur lapis baja yang cukup besar. Selain itu, militernya juga dilengkapi dengan persenjataan nuklir yang kuat dan jet tempur modern, termasuk Rafale dan Su-30. India juga memiliki angkatan laut yang kuat dan terkenal karena telah membangun kapal perangnya sendiri, termasuk dua kapal induknya yakni INS Vikramaditya dan INS Vikrant.

4. Korea Selatan

Potret bendera Korea Selatan | Www.slon.pics/Freepik

Pada tahun 2023, Korea Selatan meraih skor PowerIndex sebesar 0,1505 dan menempati peringkat ke-6 dalam daftar negara dengan militer terkuat di dunia. Adapun, anggaran pertahanan yang telah digelontorkan oleh Negeri Ginseng ini tercatat mencapai US$42,1 miliar di tahun 2022.

Mengingat ketegangannya yang masih berlangsung dengan Korea Utara, maka tak heran bahwa Korea Selatan telah meningkatkan kekuatan militernya. Negara ini memiliki 5,8 juta personel aktif yang tersebar di seluruh angkatan militernya.

Ditambah, Korea Selatan juga telah mengembangkan jet tempur generasi keempatnya sendiri yang diberi nama KF-21 Boramae. Jet tempur ini dilengkapi dengan kemampuan menghindari radar yang biasa ditemukan pada jet tempur generasi kelima.

5. Pakistan

Potret bendera Pakistan | Www.slon.pics/Freepik

Posisi berikutnya ditempati oleh Pakistan yang memiliki skor PowerIndex sebesar 0,1694 pada 2023. Melansir Global Firepower, kekuatan militer Pakistan selalu bertambah tiap tahunnya. Hal tersebut terjadi karena Pakistan ingin mengimbangi kekuatan rivalnya, India.

Negara yang terletak di Asia Selatan tersebut memiliki persenjataan yang kuat dan telah melewati India dalam jumlah peledak nuklir. Terlebih, angkatan udara Pakistan juga dikenal sebagai salah satu angkatan udara terbaik, yang dilengkapi dengan banyak jet tempur termasuk 109 JF-17 dan 44 F-16.

6. Jepang

Foto bendera Jepang | Www.slon.pics/Freepik

Negara yang memiliki julukan sebagai Negeri Sakura ini mengalami penurunan peringkat dari tahun lalu. Posisinya pada tahun ini berhasil digeser oleh Pakistan. Adapun, Jepang mencatatkan skor PowerIndex sebesar 0,1711 di 2023.

Militer Jepang dilengkapi dengan armada tank dan pesawat militer yang cukup besar, termasuk jet tempur. Selain itu, negara ini juga menjadi rumah bagi beberapa produsen persenjataan lokal. Pada bulan April 2023, perusahaan Mitsubishi Heavy Industries menerima dana sebanyak US$2,8 miliar untuk mengembangkan rudal jarak jauh.

7. Turki

Ilustrasi bendera Turki | Www.slon.pics/Freepik

Sama seperti tahun lalu, Turki di tahun ini juga menempati posisi yang sama, yaitu di posisi kesebelas di dunia dan ketujuh di Asia. Berdasarkan Global Firepower, skor PowerIndex Turki sebesar 0,2016 di tahun 2023.

Dalam beberapa dekade terakhir, Turki berhasil mengurangi ketergantungan eksternal untuk senjata dan peralatan militer. Bahkan, sudah ada lebih dari 700 proyek senilai US$70 miliar terkait pertahanan militer yang sedang berlangsung di negara tersebut per Oktober 2022 lalu.

8. Indonesia

Foto bendera Indonesia | Www.slon.pics/Freepik

Indonesia merupakan salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia serta menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di Asia. Saat ini, Indonesia berada di urutan ke-13 di dunia dan berada di peringkat ke-8 di Asia.

Indonesia memiliki potensi besar untuk memperkuat angkatan bersenjatanya. Pada tahun 2022, pemerintah telah menghabiskan banyak anggaran untuk meningkatkan sistem pertahanan militer, yang mencakup pembelian armada 42 jet tempur Rafale dan dua kapal selam Scorpone.

Selain itu, Indonesia juga telah memiliki 1.430 kendaraan tempur lapis baja, 331 tank, 336 artileri tarik, dan 63 peluncur roket. Kemudian, Indonesia tercatat memiliki sebanyak 439 ribu personel aktif dan 6.077 personel cadangan.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Di Belakang Brasil, Indonesia Miliki Ragam Hayati Terbesar Kedua di Dunia

Indonesia menjadi rumah bagi beragam jenis tumbuhan dan hewan, negara mana saja yang miliki anugerah serupa?

Industri di ASEAN yang Paling Butuhkan Tenaga Kerja, Apa Saja?

Dari teknologi hingga finansial, berikut industri yang paling banyak membutuhkan tenaga kerja di Asia Tenggara.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X