Cek Top Scorer Sementara Piala AFF U-19, Ada Indonesia?

Indonesia catatkan total 8 gol pada AFF U-19 per 21 Juli 2024, Iqbal Gwijangge masuk daftar atas top scorer.

Cek Top Scorer Sementara Piala AFF U-19, Ada Indonesia? Pemain Tim Nasional Indonesia di Piala AFF U-19 2024 | PSSI

Pertandingan Piala AFF U-19 2024 atau yang saat ini memiliki nama resmi ASEAN U-19 Boys Championship 2024 masih bergulir di babak penyisihan grup.

Terakhir, pertandingan antara Australia melawan Vietnam pada Minggu (21/7) siang berakhir dengan kemenangan besar Australia 6-2. Bahkan, pemain Australia yaitu Jake Najdovski berhasil mencetak tiga gol langsung, yaitu di menit ke-19, 40, serta 66.

Sementara itu, pertandingan Grup B antara Myanmar dan Laos juga terjadi di hari yang sama. Pertandingan tersebut berakhir imbang 1-1 dengan gol yang dicetak pada menit ke-17 oleh Myanmar, serta menit ke-82 oleh Laos.

Indonesia sendiri mencatat prestasi apik dalam ajang Piala AFF U-19 kali ini. Squad yang dilatih oleh Indra Sjafri ini sukses menyapu bersih kemenangan clean sheet di dua pertandingan Grup A. Indonesia berhasil membantai Filipina dengan skor 6-0 pada Rabu (17/7) dan unggul atas Kamboja dengan skor 2-0 pada Sabtu (20/7).

Terkini, pemain Indonesia Kadek Arel juga dinobatkan sebagai man of the match pada pertandingan melawan Kamboja setelah sukses membobol gawang lawan. Kadek Arel menyebut bahwa pencapaian tersebut berasal dari umpan rekannya dan berkat kerja semua pemain.

"Semoga saja ini menjadi motivasi saya selanjutnya untuk bisa membantu tim lebih baik lagi,” kata Kadek Arel mengutip Kompas.

Australia Top Scorer, Indonesia Masuk Jajaran Atas

Top scorer sementara ASEAN U-19 Boys Championship 2024/Piala AFF U-19 2024, per 21 Juli 2024 22.00 WIB | GoodStats

Hingga saat ini, sudah ada delapan gol yang berhasil dikoleksi oleh Timnas Indonesia. Gol tersebut dicetak oleh empat pemain yang berbeda, beberapa di antaranya masuk dalam daftar top scorer sementara.

Data dari AFF menyebut bahwa pemain asal Australia yaitu Jake Najdovski menjadi top scorer sementara Piala AFF U-19 2024, setidaknya sejak data diambil pada 21 Juli 2024 pukul 22.00 WIB.

Masih dari Timnas Australia, Arion Sulemani juga masuk urutan atas top scorer dengan mencetak tiga gol, setara dengan pemain Indonesia Iqbal Gwijangge, serta pemain Malaysia Abid Safaraz.

Terdapat dua pemain Indonesia yang masing-masing berhasil mencetak dua gol, yaitu Arlyansyah Abdulmanan dan Kadek Arel Priyatna. Selanjutnya, pemain Indonesia kelahiran Belanda yaitu Jens Raven berhasil mencetak satu gol sejauh ini.

Usai dinobatkan menjadi top scorer sementara, Jake Najdovski mengaku bahwa predikat tersebut ia berikan untuk timnya. Ia bertekad membuat Australia menjadi yang terbaik di ASEAN melalui permainan apiknya di setiap pertandingan.

"Saya pikir menjadi top scorer adalah bonus, saya ingin memenangkan turnamen sebagai sebuah tim. Itu adalah yang terpenting," sebut Jake dalam Antara.

Kerja Indonesia Demi Capai Piala Asia U-20

Ketua PSSI Erick Thohir terus mengapresiasi performa Timnas Indonesia sepanjang gelaran ini. Ia juga memberi klaim bahwa peluang Indonesia menuju fase semifinal akan semakin terbuka lebar.

“Tak kenal menyerah dan terus berjuang sepanjang laga membongkar pertahanan lawan,” tulis Erick dalam Instagram pribadinya.

Pada kesempatan lain, Pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri menyebutkan bahwa ia memiliki target khusus bagi tim asuhannya. Namun, targetnya bukanlah gelar juara AFF U-19, melainkan performa yang makin matang untuk memasuki Piala Asia U-20 2025.

"Targetnya adalah membuat tim yang berkualitas dan solid untuk menuju Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dan Piala Asia U-20 2025," kata Indra dalam Bola.

Baca juga: ASEAN U-19 Boys Championship, Indra Sjafri Siap Turunkan Kekuatan Terbaik

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Jelang Perempat Final, Cek Top Scorer Sementara Euro 2024!

Performa mengejutkan Georgia hingga peluang Jerman kuasai top scorer. Semua terbalut dalam rangkaian 24 tim yang bertanding di 42 pertandingan Euro 2024.

Update Ranking FIFA ASEAN, Indonesia Tetap Bertahan, Thailand Tembus 100 Besar

Meskipun lolos ke putaran ketiga, Indonesia tetap di peringkat 134 dengan 1.108,99 poin, sementara Thailand berhasil masuk 100 besar dengan 1.218,56 poin.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook