Cek Daftar Tim Tersukses di Piala Asia U-23, Ada Calon Lawan Indonesia?

Indonesia yang berstatus debutan tergabung di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia, 3 tim langganan di turnamen ini.

Cek Daftar Tim Tersukses di Piala Asia U-23, Ada Calon Lawan Indonesia? Banner Piala Asia U-23 2024 | Aset AFC

Senin (15/4) bakal menjadi hari pembuka gelaran Piala Asia U-23 2024. Ini merupakan edisi Piala Asia U-23 yang ke-6 sejak pertama kali digelar di tahun 2013.

Pada edisi terakhir di tahun 2022, Arab Saudi keluar sebagai juara untuk pertama kalinya sekaligus menjadi tim ke-5 yang masuk dalam daftar perengkuh trofi di ajang ini.

Arab Saudi Jadi Tim Tersukses

Berkat torehan gelar juara di edisi sebelumnya, Arab Saudi pun menjadi negara yang paling sukses di Piala Asia U-23 sejauh ini, melengkapi catatan mereka sebelumnya yang finis di posisi runner-up pada gelaran tahun 2013 dan 2020.

Gelaran tahun ini bakal jadi ajang pembuktian apakah mereka mampu jadi tim pertama yang berhasil mempertahankan status juara bertahan, mengingat belum ada satu pun tim yang berhasil melakukannya.

Selain Arab Saudi, Korea Selatan dan Uzbekistan juga punya catatan impresif di turnamen ini dengan sama-sama menorehkan 1 gelar juara dan 1 kali finis di posisi runner­-up.

Irak, keluar sebagai juara pertama turnamen ini pada 2013 lalu. Di edisi berikutnya tahun 2016, mereka tak mampu mempertahankan gelar juara dan harus puas finis di tempat ketiga.

Jepang kemudian menyamai capaian Irak dengan keluar sebagai juara pada edisi tahun 2016, dan menempati peringkat ketiga pada Piala Asia U-23 2022.

Vietnam, sementara itu jadi tim Asia Tenggara dengan capaian terbaik di ajang ini dengan berhasil tembus ke partai final pada gelaran tahun 2018. Kala itu mereka kalah dari Uzbekistan dan finis di urutan kedua.

Menanti Debut Garuda Muda

Indonesia akan menjalani debutnya pada Piala Asia U-23 tahun ini. Skuad Garuda Muda melenggang ke putaran final bermodalkan catatan impresif keluar sebagai juara grup di fase kualifikasi, dengan menggasak Cina Taipei dengan skor 9-0 dan Turkmenistan 2-0.

Sementara itu, tercatat ada 7 tim yang menjadi langganan di turnamen ini dan belum pernah absen sejak edisi pertama, mereka adalah Arab Saudi, Australia, Irak, Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan, dan Yordania.

Dua di antaranya yakni Australia dan Yordania, bersama sang tuan rumah, Qatar menjadi lawan yang bakal dihadapi Indonesia di Grup A.

Ada 2 tiket ke babak perempat final yang diperebutkan di fase grup. Kedua tim teratas yang lolos dari Grup A nantinya bakal menghadapi 2 wakil dari Grup B yang berisikan Jepang, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Tiongkok.

Australia vs Yordania akan tersaji sebagai laga pembuka Piala Asia U-23 2024 pada Senin (15/4) pukul 20.00 WIB, dilanjutkan laga tuan rumah Qatar vs Indonesia pada pukul 22.30 WIB. Turnamen ini dijadwalkan berlangsung hingga 3 Mei.

Penulis: Raka B. Lubis
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Timnas Sepakbola Indonesia Juara Skuad Termahal di ASEAN

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia menduduki peringkat teratas market value termahal di ASEAN. Hal ini tidak lepas dari maraknya kebijakan naturalisasi.

Akhirnya! Ranking FIFA Indonesia Nomor Tiga ASEAN

Indonesia sukses akhiri rekor 20 tahun tak pernah menang di kandang Vietnam. Indonesia sukses melesat lampaui ranking Malaysia dan Filipina.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X