Miliki Gurita Bisnis, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia 2021

Sejumlah tokoh asal Indonesia masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia pada tahun 2021 versi Forbes. Berapa total kekayaannya?.

Miliki Gurita Bisnis, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 Ilustrasi pengusaha kaya | Khongtham/Shutterstock

Memiliki total kekayaan yang besarnya bukan main yakni di atas 1,5 miliar dolar AS, wajar bila sejumlah tokoh ini didapuk sebagai orang Indonesia terkaya. Kekayaan yang tertanam dalam berbagai aset serta investasi yang terus bertumbuh menjadikan mereka tetap eksis hingga saat ini.

Portal Forbes telah merilis daftar orang-orang terkaya atau milyader di dunia beserta jumlah kekayaannya pada tahun 2021. Dalam laporan bertajuk “The Richest in 2021”, sejumlah tokoh asal Indonesia masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Adapun kekayaan bersih gabungan orang terkaya di Indonesia pada tahun 2021 berhasil naik lebih dari 21 persen mencapai 162 miliar dolar AS dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah sebesar 133 miliar dolar AS.

Hartono bersaudara tercatat berhasil mempertahankan posisi teratas orang Indonesia terkaya hingga saat ini. Berikut merupakan daftar 10 orang Indonesia terkaya di dunia tahun 2021 dikutip dari Forbes.

Orang Indonesia terkaya di dunia tahun 2021 | GoodStats

1. Budi Hartono

Posisi pertama diraih oleh Robert Budi Hartono dengan total kekayaan mencapai 20,5 miliar dolar AS pada tahun 2021. Pemilik Grup Djarum ini tergolong sebagai penghasil dolar terbesar pada 2021 dengan menambahkan kekayaan sebesar 3,8 miliar dolar AS, menjadikannya berada di posisi ke-86 orang terkaya di dunia

Sumber kekayaan Budi Hartono berasal dari bisnis Grup Djarum serta kepemilikan saham di Bank Central Asia (BCA). Kekayaan keluarga Hartono berhasil meningkat berkat kenaikan saham BCA.

2. Michael Hartono

Masih dari Hartono bersaudara, posisi ke-2 diraih oleh Michael Hartono dengan total kekayaan mencapai 19,7 miliar dolar AS. Total kekayaan yang dimiliki Michael Hartono menjadikannya berada di peringkat ke-89 orang terkaya di dunia.

Selain menjadi pemilik Grup Djarum, keluarga Hartono juga merambah bisnis di sektor lain yakni perusahaan elektronik dengan merek Polytron dan real estate atau properti di Jakarta.

3. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu berada di posisi ke-3 dengan total kekayaan mencapai 6,5 miliar dolar AS. Dalam peringkat global, Prajogo Pangestu berhasil meraih posisi ke-404 sebagai orang terkaya di dunia.

Pengusaha asal Kalimantan Barat ini mengembangkan sayap bisnisnya dalam berbagai bidang di antaranya petrokimia, minyak sawit mentah, properti, dan perkayuan di bawah bendera Barito Pacific Group.

4. Chairul Tanjung

Posisi ke-4 diraih oleh konglomerat pemilik CT Group yakni Chairul Tanjung. Chairul Tanjung mencatatkan total kekayaan sebesar 4,8 miliar dolar AS. Ia berhasil menempati posisi ke-589 orang terkaya di dunia.

Chairul Tanjung memulai bisnis Para Group yang berkembang pesat hingga tahun 1997 di mana ia berhasil mendirikan Bank Mega. Para Group merupakan cikal bakal dari CT Group kini sudah melebarkan sayap pada bisnis pertokoan yakni Trans Retail yang membawahi Carrefour dan Transmart, serta merambah bisnis multimedia melalui Trans TV.

5. Tahir dan Keluarga

Tahir dan keluarga menempati posisi ke-5 dengan total kekayaan sebesar 3,3 miliar dolar AS pada 2021. Kekayaan Tahir dan keluarga membawanya pada posisi ke-925 orang terkaya di dunia.

Tahir merupakan pendiri Mayapada Group yang bergerak di bidang perbankan, layanan kesehatan, dan real estate. Pada tahun 2019, Presiden Joko Widodo menunjuk Tahir sebagai salah satu anggota dewan pertimbangan presiden.

6. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy Kusnadi Sariaatmadja menempati posisi ke-6 dengan total kekayaan sebesar 3 miliar dolar AS. Pada peringkat global, Eddy Kusnadi Sariaatmadja berada di posisi ke-1.008 sebagai orang terkaya di dunia.

Eddy merupakan pemilik dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) yang saat ini berkembang dengan 3 divisi usaha utama yakni media, telekomunikasi dan solusi teknologi informasi (TI), serta konektivitas. Ia menjadi salah satu pengusaha yang mengalami kenaikan harta signifikan di tengah berlangsungnya pandemi Covid-19.

7. Jerry Ng

Posisi ke-7 diraih oleh pengusaha sekaligus bankir Jerry Ng dengan total kekayaan mencapai 2,5 miliar dolar AS. Jerry Ng tercatat menduduki posisi ke-1.249 orang terkaya di dunia.

Jerry Ng sebelumnya merupakan direktur utama Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) selama 1 dekade. Saat ini ia menjabat sebagai komisaris utama PT Bank Jago Tbk yang memiliki kode saham ARTO. Akselerasi kekayaan Jerry Ng diperoleh melalui investasi saham PT Bank Jago Tbk.

8. Theodore Rachmat

Theodore Permadi Rachmat menempati posisi ke-8 dengan total kekayaan mencapai 1,7 miliar dolar AS. Sementara itu dalam peringkat global, Theodore Rachmat memperoleh posisi ke-1.833 orang terkaya di dunia.

Theodore Rachmat merupakan pendiri Triputra Group pada tahun 1998 yang berfokus pada 4 bidang bisnis termasuk agribisnis, manufaktur, dan pertambangan. Ia juga memiliki saham di perusahaan batubara Adaro Energy dan menjabat sebagai wakil presiden komisaris. Sebelumnya ia menjabat sebagai chief executive officer (CEO) Astra International.

9. Mochtar Riady dan Keluarga

Posisi ke-9 diraih oleh Mochtar Riady dan keluarga yang memiliki total kekayaan sebesar 1,7 miliar dolar AS. Total kekayaan yang dimiliki keluarga ini menjadikannya berada di posisi ke-1.833 orang terkaya di dunia.

Mochtar Riady merupakan pendiri Lippo Group yang saat ini dikelola oleh kedua anaknya, James dan Stephen Riady. Lippo Group bergerak dalam berbagai sektor seperti real estate, ritel, layanan kesehatan, media, dan pendidikan.

10. Djoko Susanto

Djoko Susanto menempati posisi ke-10 dengan total kekayaan sebesar 1,7 miliar dolar AS. Adapun Djoko Susanto meraih posisi ke-1.833 orang terkaya di dunia pada tahun 2021.

Djoko Susanto merupakan pendiri Alfamart yang bergerak di bidang bisnis ritel dengan konsep minimarket. Bisnisnya terus berkembang hingga memiliki lebih dari 18.000 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan terus melebarkan sayap bisnis pada sektor lainnya.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Tonjolkan Kepuasan Nasabah, BCA Raih Predikat Merek Bank Paling Kuat di Dunia 2022
Artikel Selanjutnya Terbaru! Ini Daftar Politeknik Terbaik di Indonesia 2022
Konten Terkait