Bukan Apple, Kini Samsung Merajai Penjualan Ponsel Pintar Global Kuartal I 2024

Pasar ponsel pintar terus berkembang dengan persaingan yang semakin ketat di antara berbagai merek terkemuka.

Bukan Apple, Kini Samsung Merajai Penjualan Ponsel Pintar Global Kuartal I 2024 Ilustrasi Pemilihan Ponsel Pintar I Foto : iStock

Ponsel pintar telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern kita. Dengan kemampuan untuk melakukan lebih dari sekadar menelepon dan mengirim pesan, ponsel pintar telah mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Dari mengakses internet hingga mengelola jadwal harian, ponsel pintar telah menjadi alat multifungsi yang memudahkan banyak aspek kehidupan kita.

Tidak mengherankan bahwa pasar ponsel pintar saat ini dibanjiri dengan berbagai macam pilihan. Mulai dari merek terkenal hingga merek yang kurang dikenal, setiap jenis ponsel pintar menawarkan fitur dan spesifikasi yang berbeda. Ada ponsel pintar dengan kamera canggih, layar berkualitas tinggi, atau daya tahan baterai yang luar biasa. Semua ini menciptakan ragam pilihan yang membingungkan bagi konsumen.

Kenyataannya, preferensi setiap individu dalam memilih ponsel pintar dapat sangat bervariasi. Beberapa mungkin lebih memperhatikan kualitas kamera untuk mendapatkan hasil foto yang luar biasa, sementara yang lain lebih memilih ponsel dengan daya tahan baterai yang lebih lama untuk mendukung gaya hidup mereka yang sibuk. Faktor-faktor seperti harga, merek, dan sistem operasi juga turut memengaruhi pilihan setiap konsumen.

Dengan begitu banyaknya preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda, tidaklah mengherankan jika penjualan ponsel pintar bervariasi dari waktu ke waktu. Setiap kuartal, pasar menyaksikan pergeseran dalam tren penjualan ponsel pintar karena preferensi konsumen yang terus berubah. Merek-merek yang dominan pada satu periode mungkin mengalami penurunan dalam penjualan pada periode berikutnya, sementara merek lain mungkin melonjak popularitasnya.

Volume Pengiriman Ponsel Pintar Secara Global pada Kuartal I 2024 I GoodStats

Samsung

Samsung terus mempertahankan posisinya sebagai salah satu pemimpin dalam industri ponsel pintar, dengan volume pengiriman sebesar 60,1 juta unit pada Kuartal I 2024. Keunggulan Samsung terletak pada portofolio produknya yang luas, mencakup berbagai rentang harga dan fitur.

Mulai dari seri flagship seperti Galaxy S dan Galaxy Note hingga ponsel dengan harga terjangkau seperti seri Galaxy A, Samsung menawarkan beragam pilihan untuk berbagai segmen pasar. Selain itu, inovasi teknologi seperti layar AMOLED yang canggih, kamera yang unggul, dan desain yang elegan telah memperkuat daya tarik merek ini di mata konsumen.

Apple

Apple, dengan pengiriman sebesar 50,1 juta unit pada Kuartal I 2024, tetap menjadi salah satu merek ponsel pintar terkemuka di dunia. Daya tarik utama Apple terletak pada ekosistemnya yang tertutup dan desain yang khas. iPhone, dengan sistem operasi iOS, menawarkan integrasi yang mulus dengan produk-produk Apple lainnya seperti MacBook, iPad, dan Apple Watch.

Ini memberikan pengalaman pengguna yang terpadu bagi para penggemar produk Apple. Selain itu, reputasi Apple dalam hal kualitas produk, dukungan pelanggan yang kuat, dan keunggulan dalam hal pemrosesan gambar dan video membuatnya tetap menjadi pilihan utama bagi banyak konsumen.

Xiaomi

Xiaomi terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam industri ponsel pintar, dengan volume pengiriman sebesar 40,8 juta unit pada Kuartal I 2024. Keunggulan Xiaomi terletak pada strategi harga agresifnya, yang menawarkan spesifikasi yang kompetitif dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya.

Xiaomi dikenal karena inovasinya dalam menghadirkan fitur-fitur canggih dengan harga yang lebih terjangkau, seperti kamera berkualitas tinggi, baterai tahan lama, dan desain yang menarik. Selain itu, strategi pemasaran yang agresif dan fokus pada penjualan online telah membantu Xiaomi memperluas pangsa pasarnya di berbagai negara.

Transsion

Transsion, meskipun mungkin kurang dikenal secara global, tetap menjadi pemain signifikan dalam industri ponsel pintar dengan volume pengiriman sebesar 28,5 juta unit pada Kuartal I 2024. Merek-merek seperti Tecno, Infinix, dan Itel yang dimiliki oleh Transsion, fokus pada pasar yang sedang berkembang, terutama di Afrika dan beberapa wilayah Asia.

Keunggulan Transsion terletak pada ponsel-pintar dengan harga terjangkau yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen di pasar berkembang, termasuk baterai tahan lama, dual SIM, dan kamera yang memadai.

Oppo

Oppo, dengan volume pengiriman sebesar 25,2 juta unit pada Kuartal I 2024, terus memperkuat posisinya sebagai salah satu pemain utama dalam industri ponsel pintar. Oppo dikenal karena desain inovatifnya, teknologi pengisian cepat yang canggih, dan kualitas kamera yang unggul.

Selain itu, Oppo aktif dalam inovasi teknologi seperti kamera under-display dan pengisian daya nirkabel yang revolusioner. Strategi pemasaran yang kuat, terutama dalam hal endorse dari tokoh-tokoh terkenal, juga telah membantu Oppo memperluas jangkauan dan popularitasnya di berbagai pasar.

Dengan demikian, pasar ponsel pintar menjadi arena yang dinamis dan kompetitif di mana produsen terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Inovasi terus muncul sebagai respons terhadap perubahan tren dan permintaan pasar. Dalam lingkungan yang berubah dengan cepat ini, satu hal yang pasti adalah pilihan ponsel pintar yang tepat sangat subjektif dan tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing individu.

Penulis: Brilliant Ayang Iswenda
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

OpenAI Luncurkan Model AI Terbaru Chat GPT-4o, Ini Keunggulannya Dibandingkan GPT-4

Sebagai platform AI yang paling sering digunakan, ChatGPT meluncurkan GPT-4o yang jauh lebih cepat dan efisien dalam teks, video, dan audio dibandingkan GPT-4.

10 Smartphone Paling Laku di 2024, iPhone Nomor Satu!

iPhone 15 Pro Max berhasil menjadi smartphone terlaris sepanjang tahun 2024, dengan pangsa pasar mencapai 4,4%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X