Budget Gen Z Selama Ramadan Paling Banyak Dialokasikan untuk Bukber

Menurut survei Jakpat, kelompok usia gen Z paling menantikan kegiatan bukber. Ini terlihat dari alokasi budget sebesar 87% untuk bukber.

Budget Gen Z Selama Ramadan Paling Banyak Dialokasikan untuk Bukber Ilustrasi kegiatan buka bersama | Dotshock/Shutterstock

Di bulan Ramadan, kegiatan buka bersama (bukber) jadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Terlebih, tradisi ini tidak bisa terpisahkan dari kebiasaan umat muslim di Indonesia. Kegiatan tahunan ini juga biasanya bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi.

Berdasarkan platform survei Jajak Pendapat (Jakpat), kelompok usia gen Z memiliki anggaran terbanyak untuk kegiatan bukber. Tercatat, alokasinya mencapai 87%. Sementara, alokasi budget untuk kegiatan lainnya, seperti beramal (zakat, infaq, dan sadaqah) serta belanja makanan mencatatkan persentase yang lebih sedikit dengan nilai masing-masing 81% dan 75%.

Alokasi budget selama Ramadan berdasarkan kelompok usia | Goodstats

Jika dilhat berdasarkan kelompok usia, gen Z juga terlihat memiliki alokasi budget untuk bukber terbanyak dibandingkan kelompok usia gen X dan milenial. Menurut hasil survei, melenial memiliki alokasi budget bukber sebesar 83%, sedangkan gen X tercatat memiliki persentase 72%.

Kelompok usia milenial dan gen X tercatat memiliki budget terbesar untuk dialokasikan pada kegiatan beramal dengan persentase masing-masing sebesar 93% dan 89%. Adapun, survei tersebut dilakukan selama periode 25-26 Februari 2023 dan dilakukan melalui aplikasi Jakpat dengan melibatkan sebanyak 1.034 responden.

Sementara itu, perusahaan data dan teknologi survei TGM Research dalam laporan terbarunya memaparkan bahwa 98% umat muslim di Indonesia menyebut Ramadan sebagai bulan yang paling dinanti-nantikan. Kemudian, sekitar 67% responden merencanakan untuk pulang ke kampung halaman selama Ramadan.

Berdasarkan hasil riset, mayoritas atau 84% responden akui ingin meningkatkan ibadah di bulan ini. Kegiatan terpopuler selanjutnya untuk dilakukan selama bulan Ramadan di Indonesia adalah beramal (81%) dan sahur (80%).

Disusul oleh kegiatan lainnya, seperti berkumpul bersama keluarga dan teman (76%), berbelanja makanan di pasar (55%), berburu diskon Ramadan (52%), menonton acara televisi bertema Ramadan (50%), hingga mudik ke kampung halaman (46%).

Survei TGM Research juga menunjukkan bahwa 90% masyarakat Indonesia suka memasak di rumah bersama keluarga atau di rumah teman. Selain itu, tercatat pula bahwa 99% masyarakat lebih menyukai untuk menghabiskan waktu untuk makan (berbuka dan sahur) bersama dengan keluarga.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Bukan Kereta Api, Pesawat Jadi Angkutan Umum Terbanyak Digunakan Saat Mudik Lebaran 2024

Pada H-2 Lebaran, pengguna angkutan umum Lebaran 2024 terbanyak adalah pesawat sebanyak 274.967 orang atau 28,93 persen dari total penumpang angkutan umum.

Ada Lebih dari 10 Ribu Puskesmas di Indonesia, Terbanyak di Jawa Barat

Jawa Barat mempunyai puskesmas terbanyak di Indonesia, totalnya melebihi 1.000 unit. Meski begitu, distribusi puskesmas di Indonesia masih belum merata.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X