BTS jadi Idol K-pop dengan Penghargaan Terbanyak

Daisuki merangkum beberapa daftar idol K-pop dengan penghargaan tahunan terbanyak. Siapa saja mereka?.

BTS jadi Idol K-pop dengan Penghargaan Terbanyak Grup Musik BTS I Silvia Elizabeth Pangaro/Shutterstock

Kepopuleran produk budaya hiburan asal Korea Selatan atau akrab disebut K-pop kini semakin bertambah. Seperti halnya kepopuleran berbagai lagu ciptaan para idola banyak digemari oleh berbagai kalangan usia, mulai dari yang muda hingga dewasa.

Selain lagu yang sangat digemari masyarakat, kepopuleran sebuah grup musik bisa dinilai berdasarkan capaian penghargaan mereka. Penghargaan tersebut bisa menjadi bukti kontribusi yang baik bagi industri musik Korea Selatan. Mereka yang berhasil menciptakan musik berkualitas, performa apik, dan penjualan album hingga jutaan kopi berhak mendapat apresiasi berupa penghargaan.

Dalam hal ini Korea Selatan akan memberikan penghargaan tahunan bagi setiap artis berkat capaian mereka. Beberapa nama acara gelaran penghargaan tahunan ternama, yakni Korean Music Awards (KMA), Golden Disc Awards (GDA), Melon Music Awards (MMA), Mnet Asian Music Awards (MAMA), dan Seoul Music Awards (SMA).

Berdasarkan deretan penghargaan bergengsi tersebut, Daisuki mengatakan grup idol BTS sebagai idol dengan capaian penghargaan terbanyak. Terhitung sejak 2001-2021 Bangtan Sonyeondan atau BTS mampu menjadi artis K-pop dengan penghargaan terbanyak, yakni mencapai 95 kali.

Daftar idol K-pop dengan penghargaan tahunan terbanyak 2021 I GoodStats

BTS tercatat dapat mengumpulkan 8 penghargaan dari KMA, 20 penghargaan dari GDA, 24 penghargaan MMA, 24 penghargaan MAMA, dan 19 SMA.

EXO menjadi peringkat dua sebagai idol yang berhasil menyabet berbagai nominasi kategori terbaik dengan total 55 penghargaan. Pemberian tersebut meliputi 1 penghargaan KMA, 12 GDA, 14 MMA, 9 MAMA, dan 19 penghargaan SMA.

IU seorang penyanyi sekaligus aktris yang debut pada 2008 itu berhasil mengumpulkan 43 penghargaan tahunan dari berbagai nominasi. Lebih rinci, beberapa penghargaan tersebut mencakup 4 penghargaan KMA, 8 GDA, 16 MMA, 8 MAMA, dan 7 penghargaan SMA.

Kemudian beberapa idol yang juga tercatat memiliki penghargaan terbanyak juga ditunjukkan oleh Twice (34), Super Junior (34), Girls' Generation (32), BIGBANG (31) dan SHINee (25).

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2022, Ternyata Benzema Pernah Dipandang Sebelah Mata
Artikel Selanjutnya Jakpat: Masyarakat Indonesia Pilih Budget Rp1-2 juta untuk Liburan di Dalam Negeri
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook