Berapa Luas Hutan di Indonesia pada 2024?

Luas hutan di Indonesia saat ini mencapai 105,86 juta hektare. Pemerintah mengupayakan 19,9 juta hektare tambahan untuk mencapai target.

Berapa Luas Hutan di Indonesia pada 2024? Ilustrasi Hutan di Indonesia | jeswin/Freepik

Pemerintah Indonesia melalui UUCK No. 6 Tahun 2023 dan PP No. 23 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kehutanan menetapkan target kawasan hutan Indonesia sebesar 125,77 juta hektare pada tahun 2023. Meski begitu, per tahun 2023 lalu, luas kawasan hutan Indonesia adalah sebesar 105,86 juta hektare. Dengan demikian, Indonesia masih punya PR untuk menyelesaikan penetapan kawasan hutan sebesar 19,9 juta hektare di 2024.

“Dengan demikian menjadi semakin kuat kepastian hukum terhadap status kawasan hutan yang legal dan legitimate,” ujar Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (Ditjen PKTL) Hanif Faisol Nurofiq, mengutip laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Saat ini, luas hutan di Indonesia mencapai 63% dari total daratannya, menunjukkan peran penting yang dipegang Indonesia sebagai salah satu paru-paru dunia.

Ditjen PTKL berusaha memperluas hutan di Indonesia melalui beberapa upaya, seperti mempercepat kepastian status hukum kawasan hutan, meningkatkan keterbukaan data dan informasi sumber daya hutan, serta meningkatkan kualitas tata kelola di tingkat tapak dan penataan lingkungan yang berkelanjutan. 

Proporsi Luas Hutan di Indonesia Naik di 2022

Proporsi luas hutan di Indonesia mengalami naik turun dari tahun ke tahun.
Proporsi luas hutan di Indonesia mengalami naik turun dari tahun ke tahun | GoodStats

Menurut KLHK dan BPS, proporsi kawasan hutan terhadap luas lahan di Indonesia mengalami kenaikan di tahun 2022. Meski tipis, luas hutan di Indonesia naik menjadi 51,2% pada tahun 2022 setelah sebelumnya berada di angka 50,8% pada 2021.

Pada tahun 2017, luas hutan di Indonesia mencapai 50,18% dari total luas lahan. Meski begitu, proporsinya menurun di 2018 menjadi 49,8%, sebelum akhirnya kembali naik di 2019 menjadi 50,1%.

Sejak itu, proporsi luas hutan di Indonesia terhadap luas lahan keseluruhan terus mengalami naik turun tipis. Hal ini disebabkan beberapa faktor, seperti peristiwa alam, penebangan hutan (baik legal maupun ilegal), hingga reklasifikasi area hutan menjadi non-hutan.

Papua Memiliki Luas Hutan Terbesar di Indonesia

Papua menjadi pulau dengan luas hutan terbesar di Indonesia.
Papua menjadi pulau dengan luas hutan terbesar di Indonesia | GoodStats

Papua terpilih sebagai pulau dengan luas hutan terbesar di Indonesia. Pada tahun 2022, luas hutan di Indonesia adalah sebesar 102,53 juta hektare. Sekitar 32,2% dari total luas tersebut berada di Papua, totalnya mencapai 33,12 juta hektare.

Adapun Kalimantan berada di urutan kedua dengan total luas mencapai 31,1 juta hektare, disusul Sumatra (16 juta hektare), Sulawesi (10,8 juta hektare), Maluku (6,4 juta hektare), Jawa (2,8 juta hektare), dan terakhir pulau dengan luas hutan paling kecil ada di Bali-Nusa Tenggara (2,3 juta hektare).

Laju Deforestasi Indonesia Menurun

Laju deforestasi Indonesia cenderung mengalami penurunan dalam dua dekade terakhir. KLHK menyebutkan bahwa sepanjang tahun 1990-1996, laju deforestasi Indonesia mencapai 1,87 juta hektare per tahun, dan naik menjadi 3,51 juta hektare per tahun di 1996-2000.

Meski begitu, laju deforestasinya cenderung turun hingga ke tahun 2022-2023 yang sebesar 0,12 juta hektare per tahun.

Adapun deforestasi adalah segala bentuk kegiatan yang dilakukan untuk mengalihgunakan kawasan hutan menjadi non hutan, seperti pertanian, peternakan, perkebunan, maupun pemukiman.

Menurunnya laju deforestasi menunjukkan bahwa upaya pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan dan melindungi hutan-hutan di Indonesia semakin ampuh. 

Hari Hutan Indonesia, Bentuk Dukungan Dalam Perlindungan Hutan

Salah satu bentuk dukungan terhadap perlindungan hutan di Indonesia adalah dengan ditetapkannya Hari Hutan Indonesia setiap tanggal 7 Agustus. Hari Hutan Indonesia mulai diperingati sejak tahun 2017 lalu dengan ditandatanganinya deklarasi oleh hampir 1,5 juta pendukung. 

Tanggal ini dipilih sebagai momen refleksi disahkannya Instruksi Presiden No. 5 Tahun 2019 tentang Penghentian Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Primer dan Lahan Gambut.

Dengan dirayakannya Hari Hutan Indonesia ini, diharapkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya peran hutan dalam menjaga keseimbangan ekosistem dapat terus ditingkatkan.

Hutan bukanlah sekedar habitat bagi hewan maupun tumbuhan di luar, melainkan juga paru-paru dunia yang membantu menjaga kelestarian lingkungan. Melindungi hutan berarti turut berpartisipasi dalam mencegah kerusakan lingkungan dan menjaga kesehatan bumi.

Baca Juga: Lebih dari 50% Hutan Indonesia Adalah Hutan Produksi

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Saling Balap! Cek Instansi Terpadat Jelang Penutupan Pendaftaran CPNS 2024

Sudah ada 2,7 juta orang yang memperebutkan 250 ribu formasi pada rangkaian CPNS 2024. Dari angka tersebut, dua kementerian telah memiliki ratusan ribu pelamar.

Tukin Kementerian BUMN Naik 100%, Tertinggi Capai Rp66,4 Juta

Langkah ini diharapkan tidak hanya akan meningkatkan kesejahteraan pegawai, tetapi juga mendorong peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook