Banyak Diminati, Ini Proyeksi Gaji Bulanan Pekerja Tambang di Indonesia

Sektor pertambangan menjadi salah satu lapangan kerja yang banyak diincar oleh para pekerja karena menawarkan gaji besar.

Banyak Diminati, Ini Proyeksi Gaji Bulanan Pekerja Tambang di Indonesia Ilustrasi pekerja di sektor tambang | Mark Agnor/Shutterstock

Sektor pertambangan merupakan salah satu lapangan kerja yang banyak diincar oleh para pekerja karena menawarkan gaji besar. Menurut hasil riset bertajuk Indonesia Salary Guide 2023 oleh Michael Page, tingginya pendapatan di sektor ini disebabkan karena permintaan akan komoditas tambang yang kian melojak.

“Fluktuasi harga batubara yang signifikan telah menyebabkan peningkatan permintaan tenaga ahli pertambangan batubara,” tulis Michael Page dalam laporannya.

Maraknya investasi terhadap kendaraan listrik juga menjadi pemicu permintaan akan produk pertambangan nikel. Selain itu, perusahaan pertambangan dilaporkan berinvestasi lebih banyak di pabrik pengolahan.

Menurut Michael Page, pendapatan tertinggi yang diterima oleh pekerja ahli sektor pertambangan ditempati oleh jabatan Director Mining Operation dengan kisaran gaji bulanan sebesar Rp230 juta. Lalu, tenaga ahli di posisi manajer bisa menerima gaji sekitar Rp45 juta hingga Rp90 juta per bulan.

Rata-rata gaji bulanan pekerja ahli di sektor pertambangan Indonesia | Goodstats

Sementara, pekerja level senior digaji kisaran Rp50 juta sampai Rp55 juta per bulan. Kemudian, pekerja ahli level pengawas (supervisor/superintendent) gaji bulanannya berada pada kisaran Rp20 juta hingga Rp25 juta.

Adapun, Michael Page membuat rentang besaran gaji pekerja ahli sektor pertambangan berdasarkan informasi yang telah dihimpun di Indonesia. Termasuk dari iklan lowongan pekerjaan dari sektor yang bersangkutan sepanjang tahun 2022 dan digabungkan dengan proyeksi gaji pada 2023.

Michael Page mencatat, keahlian yang paling banyak dicari pada bidang ini adalah manajemen operasi tambang batu bara, manajemen operasi tambang nikel, serta pengolahan mineral. Sementara, posisi yang paling banyak diminta adalah manajer umum operasional.

Adapun, laporan juga menyebut bahwa perusahaan tambang yang paling banyak dan aktif merekrut pekerja di Indonesia adalah perusahaan yang bergerak pada sektor batu bara, nikel, serta pabrik pengolahan.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Masuk Jajaran Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia 2023

Timah merupakan komoditas pertambangan yang memiliki banyak kegunaan. Lantas, negara mana saja yang menjadi produsen timah terbesar di dunia?

Peningkatan Tren Penggunaan Baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) dalam Kendaraan Listrik

Berdasarkan laporan terbaru dari International Energy Agency yang dirilis dalam Global EV Outlook 2023, tren penggunaan baterai LFP telah meningkat signifikan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X