Bakal Calon Komite Eksekutif PSSI 2023-2027 Diumumkan: Ada 5 Kandidat Ketum, 17 Waketum, dan 78 Exco

Kelima kandidat bacaketum PSSI tersebut antara lain AA Lanyalla M. Matalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir, dan Fary Djemy Francis.

Bakal Calon Komite Eksekutif PSSI 2023-2027 Diumumkan: Ada 5 Kandidat Ketum, 17 Waketum, dan 78 Exco Komite Pemilihan Komite Eksekutif PSSI saat menyampaikan keterangan pers di Kantor PSSI, Jakarta | PSSI

Federasi sepak bola Indonesia (PSSI) telah sukses menggelar Kongres Biasa 2023 di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (15/1) lalu. Dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudi Amali, Kongres Biasa PSSI 2023 diisi dengan agenda laporan kegiatan dan keuangan PSSI tahun 2022, rekomendasi program PSSI tahun 2023, hingga pengesahan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan PSSI yang akan bertugas pada Kongres Luar Biasa Februari mendatang.

Sejak sebelum kongres berlangsung hingga Senin (16/1) pukul 18.00 WIB, PSSI juga terus membuka penyampaian berkas deklarasi dukungan dan konfirmasi bakal calon komite eksekutif PSSI periode 2023-2027 yang berisikan pendaftaran ketua umum (ketum), wakil ketua umum (waketum), dan anggota Exco. Hasilnya, terdapat 5 kandidat bacaketum, 17 bacawaketum, dan 78 calon anggota Exco.

Jumlah bakal calon komite eksekutif PSSI periode 2023-2027 | GoodStats

"Kami sangat mengapresiasi antusiasme para pendaftar komite eksekutif PSSI. Mereka dari berbagai latar belakang profesi. Ini menunjukkan bahwa banyak yang berkeinginan untuk membangun amsa depan PSSI lebih maju dan berprestasi," ungkap Ketua Pemilihan Komite Eksekutif PSSI, Amir Burhannudin dilansir situs resmi PSSI (16/1).

Kelima kandidat bacaketum PSSI tersebut antara lain AA Lanyalla M. Matalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir, dan Fary Djemy Francis. Sementara 17 nama Bacawaketum PSSI antara lain Ahmad Riyadh, Ahmad Syauqi Soeratno, Andre Rosadie, Azrul Ananda, Doni Setiabudi, Duddy S. Sutandi, Fary Djemy Francis, Hasani Abdul Gani, Hasnuryadi Sulaiman, Iwan Budianto, Juni Ardianto Rachman, Maya Damayanti, Ratu Tisha, Sadikin Aksa, Yesayas Oktavianus, Yunus Nusi, dan Zainuddin Amali.

Amir juga mengapresiasi antusiasme para pendaftar yang berasal dari beragam kalangan dan gender karena terdapat sembilan wanita yang turut mendaftar sebagai komite eksekutif PSSI. Seluruh daftar bakal calon komite eksekutif PSSI dapat dilihat secara lengkap melalui situs resmi PSSI.

Jumlah bakal calon tersebut disebut belum final, sebab menurut Amir selanjutnya Komite Pemilihan akan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen para kandidat serta dukungan calon. Setelah diverifikasi hingga 19 Januari, para bakal calon diberi waktu untuk melengkapi kekurangan dokumen hingga 21 Januari yang selanjutnya KP PSSI akan mengumumkan daftar calon sementara pada 31 Januari 2023.

“Tanggal 1 sampai 3 Februari, para bakal calon dan anggota PSSI dapat menyampaikan permohonan dan berkas banding kepada Komite Banding Pemilihan jika tidak lolos dalam pengumuman daftar calon sementara Komite Eksekutif anggota PSSI,” ucap Amir.

Selanjutnya, Komite Banding Pemilihan yang diketuai oleh Gusti Randa akan mengumumkan Daftar Calon Tetap Komite Eksekutif PSSI pada 6 Februari 2023 dan akan menggelar pemilihan di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023 mendatang.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Statistik Kecelakaan Pesawat: Mortalitas hingga Jenis Pesawat “Rawan"
Artikel Selanjutnya Malaysia Open 2023 Berakhir, Indonesia Dapat 1 Gelar Lewat Fajar/Rian
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook