Selaras dengan Aturan Toa Masjid, Indonesia Memang Nomor Satu Masjid Terbanyak di Dunia

Peraturan Menag tentang aturan pengeras suara selaras dengan survei yang membuktikan Indonesia berada di peringkat satu dengan masjid terbanyak di dunia.

Selaras dengan Aturan Toa Masjid, Indonesia Memang Nomor Satu Masjid Terbanyak di Dunia Toa masjid agung Donggala | maliksholakhudin/Shutterstock

Sempat gempar di media sosial mengenai bahasan pengeras suara di masjid, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas resmi mengeluarkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor SE 05 Tahun 2022 tentang aturan pengeras suara masjid dan musala. Yaqut menambahkan peraturan ini dibuat bukan menjadi unsur pelarang melainkan menjaga hubungan harmonis antar umat beragama.

"Kita bayangkan, saya Muslim saya hidup di lingkungan nonmuslim, kemudian rumah ibadah mereka membunyikan toa sehari lima kali dengan keras secara bersamaan, itu rasanya bagaimana?" kata Yaqut di Pekanbaru, Riau, dikutip Antara, Rabu (23/2).

Dalam aturan tersebut dijelaskan secara rinci tata cara pakai toa masjid untuk shalat subuh, magrib, jumatan hingga takbiran. Disebutkan juga toa masjid boleh digunakan dengan volume maksimal 100 desibel.

Sebelumnya peraturan ini sempat menuai pro dan kontra. Namun, hal ini bisa dibenarkan karena menurut fakta bukti riset Goodstats.id membuktikan Indonesia berada di peringkat pertama dengan jumlah masjid terbanyak di dunia mengalahkan India dan Bangladesh.

Daftar masjid terbanyak di dunia | Angelia/GoodStats
Beginilah Indahnya Toleransi Antar Agama di Indonesia

1. Indonesia

Berada di peringkat pertama dengan jumlah masjid terbanyak di dunia sebanyak 800 ribu masjid. Angka ini dibuktikan dari jumlah penduduk beragama muslim.

Merujuk laporan The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) atau MABDA edisi 2022, setidaknya ada 231,06 juta penduduk Indonesia yang beragama Islam. Setara dengan 86,7 persen dari total penduduk Indonesia.

2. India

Diurutan kedua tedapat negara India dengan jumlah 300.000 masjid. Tak kalah banyaknya India juga memiliki masyarakat dengan pemeluk agama islam terbanyak di dunia menurut riset RISSC 2021 India ada diperingkat ke tiga negara dengan populasi mulsim terbesar dunia sebesar 200,02 juta jiwa.

3. Bangladesh

Peringkat ketiga terdapat negara Bangladesh yang memiliki 250.000 masjid. Tercatat dalam riset RISSC 2021 Bangladesh berada di urutan ke-4 setelah india dengan populasi muslim terbesar dunia sebesar 153,8 juta jiwa.

4. Pakistan

Pakistan yang memiliki jumlah populasi muslim terbesar dunia setelah Indonesia sebesar 212,3 juta jiwa tidak sebanding dengan jumlah masjid yang ada. Pakistan berada di peringkat ke empat dengan jumlah masjid terbanyak di dunia sebesar 120.000 masjid.

5. Mesir

Sama halnya dengan Palestina, Mesir yang masuk dalam peringkat ke enam dengan populasi muslim terbesar berhasil berada di peringkat ke lima dengan jumlah 87,4 juta jiwa berada di peringkat ke lima deretan masjid terbanyak di dunia sebanyak 108.000 masjid.

Jalan Terjal Dakwah KH Ahmad Dahlan hingga Dituduh Kiai Kafir

6. Arab Saudi

Bersamaan dengan Maldives dan Mauritania, Arab Saudi memiliki 100 persen penduduk beragama islam. Artinya hampir semua penduduk bersama dengan islam ini berada di peringkat ke enam dengan jumlah masjid terbanyak di dunia mencapai 98.000 masjid.

7. Turki

Turki yang berada di peringkat ke tujuh dengan jumlah masjid terbanyak di dunia sebesar 82.000 masjid, hanya memiliki 74, 24 juta jiwa yang beragama islam berada di perigkat ke delapan dengan pemeluk agama islam terbanyak di dunia.

8. Iran

Berada satu tingkat di atas Turki, Iran memiliki penduduk muslim di dunia terbanyak, sebesar 82,5 juta jiwa penduduk muslim di Iran memiliki 58.000 masjid yang tersebar di seluruh penjuru Iran.

9. Maroko

Menurut riset Data World Population Maroko berada satu tingkat di bawah Pakistan dengan jumlah penduduk muslim terbanyak, berbanding terbalik dengan adanya Maroko di peringkat 9 jumlah masjid terbanyak di dunia sebesar 51.000 masjid.

10. Yaman

Diperingkat terkakhir dari negara Yaman yang memiliki 50.000 masjid. Selaras dengan hasil riset Data World Population yang menempatkan Yaman di peringkat ke sepuluh dalam daftar Top 10 negara dengan jumlah muslim terbanyak mencapai 95 persen dari total penduduk.

Tercatat daam riset RISSC jumlah penduduk muslim di dunia diperkirakan sebanyak 1,93 miliar jiwa. Setara dengan 22 persen dari total populasi dunia yang diperkirakan mencapai 8,94 miliar jiwa.

Catatan Migrasi Muslim Tionghoa ke Nusantara

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Menilik Proporsi Pencari Kerja dengan Lowongan Kerja Terdaftar di Indonesia 2021
Artikel Selanjutnya 7 Negara Pemeluk Agama Hindu Terbanyak di Dunia, Indonesia Salah Satunya