Apri/Fadia, Leo/Daniel, dan Ginting Berjaya di Singapore Open 2022

Indonesia sah menjadi juara umum pada gelaran Singapore Badminton Open 2022 yang baru saja usai pada Minggu (17/7) sore waktu Singapura.

Apri/Fadia, Leo/Daniel, dan Ginting Berjaya di Singapore Open 2022 Potret Ginting di babak pertama Singapore Open 2022 | Dok. PBSI

Indonesia sah menjadi juara umum pada gelaran Singapore Badminton Open 2022 yang baru saja usai pada Minggu (17/7) sore waktu Singapura. Bertempat di Singapore Indoor Stadium, Indonesia merebut tiga gelar sekaligus dari total lima nomor yang dipertandingkan.

Tiga gelar bertitel Super 500 tersebut disumbang oleh Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra), dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva (ganda putri). Sementara dua gelar sisanya diambil wakil India, Pusarla V. Sindhu (tunggal putri) dan wakil Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (ganda campuran).

Tampil pertama, Sindhu berhasil mengandaskan wakil China, Wang Zhi Yi dengan skor 21-9, 11-21, dan 21-15 dalam waktu 58 menit. Sebelumnya, kedua pemain ini berhasil menghentikan langkah dua wakil Jepang di semifinal. Sindhu berhasil mengalahkan Saena Kawakami, sedangkan Wang Zhi Yi berhasil mengalahkan Aya Ohori.

Di pertandingan kedua, Bass/Popor (sapaan akrab Dechapol/Sapsiree) berhasil menaklukan wakil China lain yang merupakan unggulan ketiga dunia di turnamen ini, yakni Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dengan skor akhir 21-12 dan 21-17. Di semifinal, Bass/Popor berhasil mengandaskan wakil Malaysia Goh/Lai, sedangkan Wang/Huang berhasil mengalahkan saudaranya, Guo/Zhang.

China resmi tanpa gelar pada Singapore Open tahun ini setelah Apriyani/Siti Fadia berhasil mengalahkan Zhang Shu Xian/Zheng Yu dengan skor akhir 21-14 dan 21-17. Ini merupakan edisi ketiga China tidak meraih gelar secara beruntun setelah terakhir kali meraih gelar pada edisi 2017 lewat Lu Kai/Huang Yaqiong (Tidak ada Singapore Open 2020 dan 2021).

All Indonesian Semifinal terjadi di Singapore Open 2022. Di babak ini, Ahsan/Hendra dan Sabar/Reza harus menghentikan langkahnya dari saudaranya sendiri Leo/Daniel dan Fajar/Rian. Di final, Leo/Daniel berhasil merebut gelar dengan skor akhir 9-21, 21-14, dan 21-16.

Di partai terakhir, Ginting berhasil "buka puasa" gelar setelah dua tahun lebih tidak menjuarai BWF World Tour. Wakil Jepang, Kodai Naraoka menjadi lawan Ginting di final dengan skor akhir 23-21 dan 21-17. Sebelumnya, Ginting berhasil mengalahkan wakil tuan rumah Loh Kean Yew dan wakil Jepang tersebut berhasil mengandaskan wakil China, Zhao Jun Peng di semifinal.

Indonesia menjadi juara umum pada Singapore Open 2022 setelah merebut tiga gelar dari total lima nomor yang dipertandingkan | GoodStats

Seluruh pemenang berhak atas 9.200 poin tambahan dari BWF dan mendapatkan hadiah uang sebesar 27.750 dolar AS untuk kategori tunggal dan 29.230 dolar AS untuk kategori ganda. Taipei Open 2022 telah menunggu sebagai turnamen BWF World Tour selanjutnya setelah Singapore Open. Kejuaraan Super 300 ini akan diselenggarakan pada 19-24 Juli mendatang.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Populix: Pesan Spam Merupakan Pengalaman Buruk Pengguna Medsos di Indonesia
Artikel Selanjutnya Langgar Kesepakatan, Indonesia Berhenti Kirimkan TKI ke Malaysia
Konten Terkait