7 Super App Terbaik di Asia Tenggara 2022

Perusahaan teknologi kini berlomba-lomba menciptakan super app yang menyediakan berbagai jenis layanan dan sanggup memenuhi ragam kebutuhan dalam satu aplikasi.

7 Super App Terbaik di Asia Tenggara 2022 Ilustrasi mengakses super app | Chinnapong/Shutterstock

Berbagai perusahaan teknologi kini berlomba-lomba mewujudkan sebuah platform aplikasi super atau yang lebih dikenal dengan nama super app sebagai bentuk penyediaan layanan yang lebih variatif dan sanggup mencakup pasar lebih luas.

Hal ini bertujuan untuk memenuhi lebih banyak ragam kebutuhan manusia serta menarik perhatian pasar. Prinsip dari super app ialah menyediakan lebih dari satu jenis layanan dalam satu aplikasi.

Membawa konsep serupa dengan one-stop shopping, super app memudahkan para pengguna untuk menemukan berbagai layanan yang dibutuhkan serta dapat menghemat ruang penyimpanan smartphone karena tidak perlu mengunduh banyak aplikasi.

Istilah ini pertama kali dicetuskan pada tahun 2010 oleh pendiri Blackberry, Mike Lazaridis. Menurutnya, super app merupakan ekosistem tertutup dari banyak aplikasi yang akan digunakan orang setiap harinya karena menawarkan pengalaman yang terintegrasi serta efisien.

Perusahaan riset pasar dan konsultasi multinasional, Ipsos merilis laporan survei yang memuat daftar super app terbaik pada tahun 2022. Berdasarkan tolak ukur yang digunakan, super app ditetapkan sebagai aplikasi yang menawarkan lebih dari tiga jenis layanan digital.

Berdasarkan hasil survei tersebut, berikut merupakan super app terbaik di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2022.

7 super app terbaik di Asia Tenggara versi Ipsos tahun 2022 | GoodStats

1. Grab

Grab berhasil memperoleh peringkat pertama sebagai super app terbaik di Asia Tenggara dengan persentase sebesar 63 persen. Grab awalnya didirikan di Malaysia pada tahun 2012 oleh Anthony Tan, tetapi saat ini headquarters Grab terletak di Singapura dan Indonesia.

Tidak hanya menawarkan layanan transportasi penumpang (GrabCar dan GrabBike), Grab juga mengembangkan berbagai layanan lain yang terintegrasi dalam satu aplikasi seperti layanan pesan antar makanan (GrabFood), belanja (GrabMart), pengiriman barang (GrabExpress), pembelian pulsa atau token, pembayaran tagihan, dan masih banyak lagi.

2. Shopee

Shopee berhasil menempati posisi ke-2 dengan persentase sebesar 52 persen. Perusahaan eCommerce asal Singapura ini menawarkan berbagai jenis layanan di luar platform jual beli barang secara daring. Beberapa layanan tersebut antara lain Shopee Xpress, ShopeePay yang melayani pembayaran berbagai jenis transaksi keuangan digital, dan sebagainya.

3. Lazada

Posisi ke-3 diraih oleh Lazada dengan persentase sebesar 42 persen. Lazada juga merupakan platform eCommerce yang telah berdiri sejak tahun 2012 di Singapura. Di samping bergerak pada sektor platform jual beli barang secara daring, perusahaan ini juga menyediakan layanan transaksi keuangan digital.

Saat ini Lazada tengah mengembangkan layanan transportasi penumpang bersama ComfortDelGro untuk menyaingi raksasa layanan transportasi daring Grab dan Gojek yang sudah lebih dahulu merajalela di kawasan Asia Tenggara.

4. Gojek

Startup decacorn asal Indonesia, Gojek berhasil menempati posisi ke-4 super app terbaik di Asia Tenggara dengan persentase sebesar 22 persen. Didirikan sejak tahun 2010, pada awalnya Gojek merupakan perusahaan teknologi yang berfokus melayani angkutan melalui jasa ojek yang dapat dipesan secara daring.

Beberapa tahun setelah didirikan, Gojek berkembang dengan pesat dan kini telah berekspansi ke sektor bisnis lainnya seperti layanan financial technology (fintech) melalui Gopay, GoFood, GoMart, GoSend, dan masih banyak lagi.

5. Tokopedia

Masih dari induk perusahaan GoTo, Tokopedia berhasil meraih posisi ke-5 dengan persentase sebesar 14 persen. Salah satu startup bertaraf decacorn asal Indonesia ini merupakan eCommerce yang menawarkan berbagai layanan jual beli berbagai kebutuhan secara daring seperti barang elektronik, olahraga, perabotan rumah tangga, tiket pesawat, dan masih banyak lagi. Tokopedia juga memiliki layanan pembayaran yang terintegrasi dengan GoPay dalam aplikasinya.

6. Traveloka

Traveloka menjadi perusahaan asal Indonesia berikutnya yang berhasil menempati posisi ke-6 super app terbaik di Asia Tenggara. Traveloka bermula sebagai perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dan berfokus pada perjalanan domestik di Indonesia.

Traveloka kini berkembang sebagai super app yang menyediakan berbagai layanan lain seperti pembelian pulsa atau token, tiket hiburan atau atraksi, pembayaran tagihan, hingga layanan pesan antar makanan.

7. Air Asia

Perusahaan penerbangan Air Asia meraih posisi ke-7 dari daftar super app terbaik di Asia Tenggara pada tahun 2022. Air Asia memiliki super app bernama The Asean Supper App yang menawarkan berbagai layanan perjalanan serta gaya hidup, baik untuk pemesanan tiket pesawat, hotel, paket perjalanan dan aktivitas, hingga berbelanja barang secara daring.

Selain perusahaan-perusahaan di atas, beberapa perusahaan asal Indonesia yang didapuk memiliki super app terbaik di antaranya ialah Blibli, Bukalapak, JD.ID dengan persentase yang sama, yakni masing-masing sebesar 10 persen. Ketiga perusahaan tersebut secara berurutan berhasil menempati posisi ke-8 hingga ke-10 sebagai super app terbaik di Asia Tenggara tahun 2022.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya 10 Provinsi dengan Persentase Pemeluk Islam Terbanyak
Artikel Selanjutnya Jelang Lebaran, Pemudik Daerah Mana yang Mendominasi Mudik Tahun Ini?
Konten Terkait