7 Sungai Terpanjang di Indonesia

Dari ribuan sungai yang ada di Indonesia, ini dia daftar 7 sungai terpanjang yang ada di Nusantara.

7 Sungai Terpanjang di Indonesia Ilustrasi Sungai di Indonesia│Bayu Setiawan/Unsplash

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia dikenal sebagai negara eksotis yang menyimpan berbagai kekayaan kenampakan alam. Setidaknya Indonesia memiliki ratusan gunung, serta ribuan sungai dan danau.

Masing-masing kenampakan alam di Indonesia pun memiliki keunikan dan karakternya masing-masing. Danau tiga warna di Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Barat, hingga Sungai Mahakam di Pulau Kalimantan yang memiliki spesies endemik Pesut Mahakam, yang juga menjadi ikon dari sungai ini.

Dari ratusan sungai yang ada dari Sabang sampai Merauke, ini dia 7 daftar sungai terpanjang yang ada di Indonesia!

7 Sungai Terpanjang di Indonesia│GoodStats

 

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas│Liang Lif/Shutterstock

Dengan panjang aliran sungai yang mencapai 1.143 kilometer, Sungai Kapuas menjadi sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Sungai Kapuas terletak di Pulau Kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat.

Sungai Kapuas mengalir dari Kabupaten Kapuas Hulu hingga Kota Pontianak. Aliran sungai ini juga melintasi 7 kabupaten di wilayah Kalimantan Barat. Bagi masyarakat yang hidup di daerah yang dilintasi Sungai Kapuas, mereka menjadikan Sungai Kapuas sebagai sarana transportasi untuk bepergian dari wilayah satu ke wilayah lainnya dengan perahu.

Terdapat banyak spesies yang hidup di aliran Sungai Kapuas. Setidaknya terdapat 250 spesies ikan air tawar, termasuk Ikan Arwana yang hidup disini.

2. Sungai Mahakam

Patung Pesut Mahakam│Doodey Sanjaya/Shutterstock

Sungai Mahakam adalah sungai kedua dalam daftar ini yang berada di Pulau Kalimantan. Sungai Mahakam terletak di Kalimantan Timur, dan memiliki panjang 920 kilometer. Sungai Mahakam adalah sungai yang melintasi Kota Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur. 

Sungai Mahakam identik dengan spesies endemik yang menghuninya, yaitu Pesut Mahakam. Pesut Mahakam adalah spesies jenis lumba-lumba air tawar yang hidup di sepanjang aliran Sungai Mahakam. Sayangnya, keberadaan Pesut Mahakam kini sudah mulai langka, bahkan spesies ini juga terancam punah.

3. Sungai Barito

Pasar Terapung di Sungai Barito│Paulharding00/Shutterstock

Masih dari Pulau Kalimantan, di posisi ketiga diisi oleh Sungai Barito yang melintasi Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Sungai ini memiliki panjang kurang lebih 900 kilometer. 

Hulu dari Sungai Barito berada di Pegunungan Schwaner, dan bermuara di Laut Jawa yang ada di bagian selatan Pulau Kalimantan. Di Sungai Barito masih ada aktivitas pasar terapung yang bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata. 

4. Sungai Batanghari

Jembatan Gentala Arasy di atas Sungai Batanghari│Jambiupdate.co

 

Beranjak ke Pulau Sumatera, terdapat Sungai Batanghari yang menjadi sungai terpanjang keempat di Indonesia. Sungai Batanghari memiliki panjang mencapai 800 kilometer. Sungai ini melintasi Provinsi Jambi dan Sumatera Barat.

Sungai Batanghari digunakan oleh masyarakat yang ada di sekitarnya sebagai jalur transportasi air. Sungai Batanghari juga merupakan sungai terpanjang yang ada di Pulau Sumatera.

5. Sungai Musi

Jembatan Ampera di atas Sungai Musi│HadiUtama/Shutterstock

 

Sungai Musi adalah sungai terpanjang kedua di Pulau Sumatera setelah Sungai Batanghari. Sungai Musi memiliki panjang 750 kilometer, dan melintasi dua provinsi yang ada di Sumatera, yaitu Bengkulu dan Sumatera Selatan. 

Sungai yang juga menjadi ikon dari Kota Palembang ini telah menjadi jalur transportasi bagi masyarakat di sekitarnya sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, di aliran Sungai Musi inilah Jembatan Ampera yang terkenal berada.

6. Sungai Mamberamo

Sungai Mamberamo│goodnewsfromindonesia.id

 

Sungai Mamberamo adalah sungai terpanjang yang ada di Provinsi Papua. Sungai ini memiliki panjang mencapai 670 kilometer. Sungai ini membentang dari Selatan Pegunungan Foja, dan bermuara di Samudera Pasifik.

Nama Mamberamo diambil dari Bahasa Dani, salah satu bahasa asli Papua. Dalam Bahasa Dani, Mamberamo berarti Air Besar.  Sungai Mamberamo adalah sungai dengan aliran air terbesar yang ada di Indonesia, Sungai Mamberamo memiliki debit air rata-rata sebesar 4,580 m3/s.

Sungai Mamberamo dijuluki juga sebagai “Amazonnya Indonesia”. Hal ini dikarenakan masih banyaknya suku-suku pedalaman Papua yang hidup di wilayah Sungai Mamberamo, serta banyaknya kekayaan flora dan fauna yang ada di wilayah ini.

7. Sungai Martapura

Sungai Martapura│Wikipedia

 

Sungai Martapura menjadi penutup dari daftar ini di urutan ketujuh. Sungai Martapura memiliki panjang total 600 kilometer. Sungai Martapura terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, dan merupakan anak sungai dari Sungai Barito yang juga ada pada daftar ini.

Sungai Martapura menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Banjarmasin. Di sepanjang aliran Sungai Martapura juga masih bisa ditemukan kegiatan pasar terapung tradisional.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Makin Banyak Orang Pakai Mobil Listrik Saat Mudik Lebaran, Ini Buktinya!

Berdasarkan laporan PLN, jumlah transaksi mobil listrik di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) naik lima kali lipat saat mudik Lebaran 2024.

Tingkat Kepemilikan Mobil Negara ASEAN

Mobil masih menjadi kendaraan paling diminati di Indonesia, lantas bagaimana kedudukan Indonesia di mata Asia Tenggara dalam kepemilikan mobil?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X