7 Perusahaan Indonesia dengan Karyawan Paling Bahagia

Salah satu indikator penting yang menunjang produktivitas serta kinerja karyawan ialah tingkat kepuasan karyawan atau kebahagiaannya dalam perusahaan.

7 Perusahaan Indonesia dengan Karyawan Paling Bahagia Ilustrasi karyawan bahagia | Mimi Thian/Unsplash

Kepuasan karyawan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi produktivitas serta kinerja karyawan dalam perusahaan. Perusahaan dengan karyawan yang bahagia mendorong terbentuknya lingkungan kerja yang sehat serta suportif. Dampaknya tidak hanya bermanfaat bagi karyawan, namun juga kembali pada perusahaan itu sendiri.

Survei Happiness Index dirilis oleh RevoU pada setiap kuartal untuk memberikan gambaran tingkat kebahagiaan karyawan perusahaan berdasarkan analisa rating dan jumlah ulasan terhadap perusahaan yang bersumber dari 2 platform yakni Jobstreet dan Glasssdoor.

Hasilnya, sebanyak 61 perusahaan masuk dalam penilaian Happiness Index dan 15 besar di antaranya memiliki rating mulai dari 4,5. Berikut merupakan daftar perusahaan dengan skor Happiness Index tertinggi versi RevoU pada kuartal ke-4 (Q4) tahun 2021.

7 perusahaan Indonesia dengan karyawan paling bahagia berdasarkan nilai dan jumlah rating pada Q4 tahun 2021 | GoodStats

1. GudangAda

GudangAda berhasil meraih peringkat pertama perusahaan dengan rating karyawan tertinggi yakni sebesar 4,7 dan total ulasan sebanyak 177 pada Q4 tahun 2021. Baik di platform Jobstreet maupun Glassdoor, GudangAda memperoleh rating sebesar 4,7.

Perusahaan ini merekrut 6 karyawan baru dalam 3 bulan terakhir dan kini memiliki total karyawan sebanyak 384 orang. GudangAda merupakan aplikasi eCommerce dengan model business to business (B2B) yang menghubungkan grosir dan eceran di seluruh Indonesia. GudangAda berupaya untuk memberdayakan pedagang di industri kebutuhan pokok sehari-hari.

2. HappyFresh

HappyFresh meraih posisi ke-2 dengan rating sebesar 4,7 dan memiliki total ulasan sebanyak 35. Sama seperti GudangAda, aplikasi eCommerce belanja bahan makanan segar serta kebutuhan rumah ini memperoleh rating sebesar 4,7 di Jobstreet dan Glassdoor.

HappyFresh tercatat merekrut 20 karyawan baru dalam 3 bulan terakhir dan kini mencatatkan total jumlah karyawan sebanyak 544 orang. Berdiri sejak 2014, HappyFresh merupakan pionir layanan pengantaran kebutuhan rumah di Asia Tenggara yang kini beroperasi di 3 negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

3. eFishery

eFishery menyusul di posisi ke-3 dengan rating sebesar 4,7 dari total 14 ulasan yang dimiliki. Pada platform Jobstreet, eFishery berhasil memperoleh rating tertinggi yakni 5. Sementara di Glassdoor, eFishery memperoleh rating sebesar 4,4.

Memiliki total 507 karyawan, dalam 3 bulan terakhir eFishery tercatat merekrut 51 karyawan baru. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2013 ini merupakan startup industri akuakultur pertama di Indonesia yang menyediakan solusi budidaya ikan dan udang secara berkelanjutan.

4. Sayurbox

Posisi ke-4 diraih oleh aplikasi eCommerce berbelanja sayur dan kebutuhan segar lainnya, Sayurbox dengan rata-rata rating sebesar 4,7 dari 14 ulasan. Sayurbox memperoleh rating sebesar 4,6 di Jobstreet dan 4,8 di Glassdoor.

Sayurbox menambahkan 20 karyawan baru dalam 3 bulan terakhir dan kini tercatat memiliki total karyawan sebanyak 495 orang. Sayurbox didirikan pada tahun 2016 dengan misi menggunakan teknologi untuk memperbaiki rantai pasok pertanian Indonesia.

5. Payfazz

Payfazz berada di posisi ke-5 dengan rating sebesar 4,6 dan memiliki total 33 ulasan pada Q4 tahun 2021. Perusahaan ini memperoleh rating sebesar 4,8 dari Jobstreet dan 4,4 dari Glassdoor.

Sebanyak 18 karyawan baru direkrut oleh Payfazz dalam 3 bulan terakhir yang kemudian menggenapkan jumlah karyawannya menjadi total 490 orang. Payfazz merupakan aplikasi layanan keuangan yang berbasis keagenan.

6. Lemonilo

Lemonilo, perusahaan mie instan alami menempati posisi ke-6 dengan rating sebesar 4,6 dan memiliki total 12 ulasan. Perusahaan yang baru-baru ini berkolaborasi dengan grup boyband NCT Dream memperoleh rating sama pada kedua platform baik Jobstreet maupun Glassdoor yakni sebesar 4,6.

Lemonilo tercatat memiliki total karyawan sebanyak 236 dan dalam 3 bulan terakhir hanya merekrut 2 karyawan baru. Lemonilo berfokus pada produk mie instan yang lebih sehat dengan bahan-bahan alami, tanpa pewarna dan pengawet, tanpa MSG tambahan, serta lebih rendah gluten.

7. Paxel

Sementara itu, Paxel berada di posisi ke-7 dengan rating sebesar 4,6 dari total 12 ulasan. Pada platform Jobstreet, Paxel memperoleh rating sebesar 4,8 sedangkan di Glassdoor memperoleh rating sebesar 4,4.

Dalam 3 bulan terakhir, Paxel juga tercatat hanya menambahkan 2 karyawan baru dan kini memiliki total 415 karyawan yang beroperasi di perusahaan tersebut. Paxel merupakan startup logistik berbasis teknologi pertama asal Indonesia yang mampu menghadirkan layanan same day delivery antarkota serta antarprovinsi dengan ongkos kirim flat.

Selain itu, beberapa perusahaan lain yang termasuk dalam jajaran peraih rating tertinggi di antaranya ialah Grab, Deliveree, dan Mekari dengan rata-rata rating sebesar 4,55 serta masih banyak lagi.

Dari hasil survei yang dilakukan RevoU pada akhir tahun 2021, ditemukan beberapa fakta yang mendorong terciptanya lingkungan kerja menyenangkan dan suportif bagi karyawan.

Fakta-fakta tersebut di antaranya ialah penerapan sistem kerja work from home (WFH) atau work from anywhere (WFA) yang banyak digemari oleh para karyawan, tren perusahaan gencar melakukan employee branding, hingga dukungan yang diberikan perusahaan bagi karyawan saat pandemi Covid-19.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Daftar Aksi Demonstrasi Mahasiswa di Indonesia
Artikel Selanjutnya Potret Eksistensi Fintech yang Tumbuh Subur di Indonesia
Konten Terkait