7 Negara Paling Bersih di Dunia, Semuanya di Eropa

Denmark menempati posisi pertama sebagai negara terbersih di dunia EPI 82,5.

7 Negara Paling Bersih di Dunia, Semuanya di Eropa Kota Kopenhagen, Denmark | S-F/Shutterstock

Kebersihan merupakan faktor penting bagi semua negara dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan para warganya. Kebersihan tak hanya dilihat dari seberapa banyaknya sampah bertebaran di jalan atau sanitasi air yang bersih.

Melansir dari World Population Review, peneliti di Universitas Yale dan Universitas Columbia bersama World Economic Forum mengukur kebersihan dan keramahan lingkungan dari 180 negara di dunia.

Mereka mengukur dengan standar penilaian Environmental Performance Index (EPI). Standar acuan tersebut terdiri dari 32 indikator dan 11 kategori, seperti kualitas udara, air, sanitasi, keanekaragaman hayati, habitat, hingga keberlanjutan.

7 Negara paling bersih di Dunia | Goodstats

Posisi pertama sebagai negara terbersih di dunia ditempati oleh Denmark dengan skor 82,5. Denmark merupakan negara yang sangat fokus dan sadar akan kebersihan dan kebijakan ramah lingkungan.

Pengolahan air di Denmark mencapai skor sempurna, yakni 100, kemudian pengolahan limbah di Denmark memiliki skor 99,8. Denmark juga dinilai memiliki kebijakan yang paling komprehensif dan efektif dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan pencegahan perubahan iklim.

Dalam sektor bisnis, Denmark meningkatkan hotel ramah lingkungan serta perahu bertenaga surya. Kemudian, melihat data dari Numbeo, Denmark memiliki indeks polusi yang sangat rendah, yakni skor 20,97.

Kemudian, di posisi kedua ditempati oleh Luksemburg dengan skor 82,3. Negara yang memiliki penduduk relatif kecil hanya sekitar 600.000 saja, memiliki skor sanitasi dan emisi polusi sempurna, yakni 100. Luksemburg memiliki kebijakan publik dan penataan kota yang dinilai sangat baik.

Seperti, pengadaan ribuan tempat sampah serta hukuman bagi mereka yang mengotori lahan publik. Melansir dari Reuters, Luksemburg juga menghapus tarif kereta api, trem, dan bus kelas standar sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan dan polusi jalan.

Urutan selanjutnya ditempati oleh Swiss, dengan skor 81,5. Skor sempurna diraihnya dalam kategori air minum dan sanitasi. Tak heran, jika Swiss dikenal sebagai negara dengan air bersih.

Posisi keempat, diisi Inggris dengan skor 81,3. Meskipun populasi mencapai lebih dari 66 juta, Inggris mampu meraih skor sempurna dalam kategori air minum, sanitasi, dan emisi polusi.

Tak hanya terkenal dengan keindahannya saja, Prancis juga menjadi salah satu negara paling bersih dengan skor 80. Hampir 80 persen energinya berasal dari tenaga nuklir. Prancis juga melarang penerbangan domestik jangka pendek (kurang dari dua setengah jam) dalam rangka mengurangi polusi udara.

Posisi selanjutnya, Austria dengan dengan skor 79,6. Austria memiliki standar polusi udara, bahan kimia, dan pengelolaan limbah yang ketat. Hampir dua pertiga negara ini dipenuhi oleh hutan lebat dan padang rumput.

Terakhir, urutan ketujuh ditempati oleh Finlandia dengan skor 78,9. Hampir 35 persen, energi Finlandia berasal dari sumber terbarukan. Negara yang dinobatkan sebagai negara paling bahagia ini meraih skor sempurna dalam kategori sanitasi, air minum, dan paparan logam berat.

Penulis: Brigitta Raras
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Mengintip Kampus Paling Diminati Peserta SBMPTN
Artikel Selanjutnya Perjalanan Fajar/Rian Menuju Podium Tertinggi Swiss Open 2022
Konten Terkait