7 Negara Asal Pembalap MotoGP 2022, Siap Adu Taring di Sirkuit Mandalika

Seri MotoGP 2022 Mandalika akan berlangsung dalam hitungan hari di mana Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah. Lalu, siapa sajakah yang akan berlaga?.

7 Negara Asal Pembalap MotoGP 2022, Siap Adu Taring di Sirkuit Mandalika Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, NTB | Chairul Manek Ismail/Shutterstock

Ingar-bingar suasana MotoGP Mandalika 2022 sudah mulai terasa pada penyelenggaraannya yang tinggal menghitung hari. Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan MotoGP pada 18 hinga 20 Maret 2022 mendatang di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

MotoGP Mandalika akan menjadi seri kedua MotoGP 2022 setelah sebelumnya turnamen dibuka pada 6 Maret 2022 di Sirkuit Internasional Losail, Qatar. Pembalap asal Italia, Enea Bastianini berhasil menjadi yang terdepan berada di garis finish pada menit 42 detik 13,198 kemudian disusul Brad Binder di posisi ke-2 dengan selisih waktu 0,346 detik.

Pada musim terbaru kali ini, MotoGP akan dilaksanakan dalam 21 seri balapan. Seri balapan terakhir akan dilangsungkan di Sirkuit Ricardo Tormo yang berlokasi di Valencia, Spanyol dan diikuti oleh 24 pembalap.

Berbicara tentang negara asal pembalap, Spanyol juga menjadi negara dengan jumlah pembalap MotoGP terbanyak pada musim ini. Mengutip dari Motogp.com, berikut daftar negara dengan jumlah pembalap MotoGP terbanyak pada tahun 2022.

Negara asal pembalap MotoGP 2022 | GoodStats

1. Spanyol

Negara di sebelah selatan Eropa ini menempati posisi pertama jumlah pembalap MotoGP terbanyak pada tahun 2022. Dari total 24 pembalap yang berkompetisi, 9 di antaranya berasal dari Spanyol.

Kesembilan nama pembalap asal Spanyol tersebut di antaranya ialah Marc Marquez, Alex Marquez, Joan Mir, Jorge Martin, Maverick Vinales, Raul Fernandez, Aleix Espargaro, Pol Espargaro, dan Alex Rins.

Beberapa di antaranya pula telah menyabet gelar juara dunia, seperti Marc Marquez yang telah meraih total 8 kemenangan di seluruh kategori. Bila dirinci, Marc Marquez 6 kali memenangkan kategori MotoGP, 1 kali pada kategori Moto2, dan 1 kali pada kategori 125cc.

Berikutnya, Joan Mir juga berhasil meraih predikat juara dunia sebanyak 2 kali pada kategori MotoGP dan Moto3, Alex Marquez sebanyak 2 kali pada kategori Moto2 dan Moto3, Pol Espargaro sebanyak 1 kali pada kategori Moto2, serta Maverick Vinales dan Jorge Martin masing-masing sebanyak 1 kali pada kategori Moto3.

2. Italia

Italia menempati posisi ke-2 dengan total 7 pembalap yang berpartisipasi pada MotoGP tahun 2022. Adapun nama pembalap yang berasal dari negara ini di antaranya Andrea Dovizioso, Luca Marini, Franco Morbidelli, Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio, Francesco Bagnaia, dan Marco Bezzecchi.

Catatan positif ditorehkan oleh pembalap asal Italia pada laga pembuka musim ini. Enea Bastianini berada di puncak klasemen sementara dengan 25 poin setelah berhasil menjadi yang terdepan melewati garis finish pada seri MotoGP pertama musim ini.

Adapun beberapa gelar juara dunia yang berhasil diraih pembalap-pembalap ini di antaranya Andrea Dovizioso yang menyabet gelar juara sebanyak 1 kali pada kategori 125cc. Kemudian, Enea Bastianini, Francesco Bagnaia, dan Franco Morbidelli masing-masing memperoleh gelar juara dunia sebanyak 1 kali pada kategori Moto2.

Italia juga merupakan negara pencetak legenda MotoGP, salah satunya ialah Valentino Rossi yang telah 9 kali memenangkan gelar juara dunia dalam seluruh kategori. Ia melintasi garis finish terakhirnya pada 14 November 2021 lalu pada seri MotoGP Valencia 2021 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

3. Australia

Posisi ke-3 ditempati oleh Australia dengan total 2 pembalap yang berkompetisi pada MotoGP musim ini. Kedua pembalap asal Australia ini di antaranya ialah Jack Miller dan Remy Gardner.

Remy Gardner yang merupakan putra dari salah satu peraih gelar juara dunia MotoGP 500cc, Wayne Gardner berhasil memperoleh gelar juara dunia sebanyak 1 kali pada kategori Moto2.

4. Prancis

Prancis menempati posisi berikutnya dengan jumla total pembalap yang sama dengan Australia yakni sebanyak 2 pembalap. Adapun kedua pembalap asal Prancis yang berpartisipasi pada MotoGP pada tahun 2022 ini, yakni Fabio Quartararo dan Johann Zarco.

Fabio Quartararo berhasil memperoleh gelar juara dunia sebanyak 1 kali pada kategori MotoGP. Sementara itu, Johann Zarco tercatat meraih gelar juara dunia sebanyak 2 kali pada kategori Moto2.

5. Afrika Selatan

Berikutnya, Afrika Selatan juga menyumbang total jumlah pembalap yang sama dengan kedua negara sebelumnya yakni sebanyak 2 pembalap. Adapun 2 pembalap yang menjadi representatif Afrika Selatan merupakan kakak beradik Brad Binder dan Darryn Binder.

Brad Binder menjadi salah satu peraih gelar juara dunia pada kategori Moto3. Pada laga pembuka MotoGP musim ini, Brad Binder berhasil menyelesaikan garis finish di posisi ke-2 setelah Enea Bastianini dan meraih poin sementara sebesar 20.

6. Jepang

Menjadi satu-satunya perwakilan dari benua Asia, Jepang menyumbang total 1 pembalap dalam turnamen MotoGP musim ini. Pembalap tersebut ialah Takaaki Nakagami.

Takaaki Nakagami berhasil 2 kali memenangkan grand prix pada kategori Moto2 per 14 Maret 2022. Adapun seri kemenangan pertamanya ialah pada tahun 2016 yang berlangsung di Belanda.

7. Portugal

Terakhir, Portugal juga menyumbang 1 pembalap untuk berlaga pada turnamen MotoGP musim ini yakni Miguel Oliveira.

Tercatat hingga seri terakhir yang berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Qatar pada 6 Maret 2022 lalu, Miguel Oliveira berhasil memenangkan 15 grand prix dengan rincian 3 kemenangan pada kategori MotoGP serta masing-masing 6 kali pada kategori Moto2 dan Moto3.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Mayoritas Pengungsi Ukraina Pergi ke Polandia, Berapa Jumlahnya?
Artikel Selanjutnya Mengintip Koleksi Tank Negara ASEAN Tahun 2022
Konten Terkait