7 Deretan Negara Yang Pernah Menjadi Destinasi Kaws: Holiday

Kaws: Holiday telah mengunjungi tujuh negara yang berbeda sebagai destinasi pameran seni mereka

7 Deretan Negara Yang Pernah Menjadi Destinasi Kaws: Holiday Ilustrasi KAWS: Holiday | Sumber: Thanakorn.P/Shutterstock

Belakangan ini booming mengenai Indonesia tepatnya Candi Prambanan yang terpilih menjadi lokasi KAWS: Holiday di mana karakter seni yang dibuat oleh Brian Donnelly akan berada selama dua pekan, dimulai dari tanggal 19 hingga 31 Agustus 2023. Diluar ketenaran nama Kaws, gabungan kedua seni ini menimbulkan kesan yang istimewa dan nyentrik.

Latar belakang arsitektur kuno yang mencapai ketinggian 47 meter dengan puncak-puncak runcingnya menciptakan lanskap menarik bagi figur berwarna merah muda yang berbaring sambil menutup wajahnya. Instalasi Kaws: Holiday di Candi Prambanan, Yogyakarta, merupakan yang terbesar hingga saat ini dibandingkan dengan instalasi-instalasi sebelumnya.

Sebelumnya, instalasi seniman Amerika Serikat ini telah hadir di beberapa tujuan negara yang dipilih. Berikut adalah deretan negaranya :

1.Korea Selatan 

KAWS: Holiday pertama kali hadir di Seoul, Korea Selatan | Sumber : KoreaKHW/Shutterstock

Pada bulan Juli 2018, instalasi KAWS: Holiday diperkenalkan pertama kali di Seoul, Korea Selatan, terutama di Danau Seokchon. Saat itu, karya seni KAWS dengan panjang 28 meter merupakan satu-satunya karya seni yang mengambang di atas air.

2. Taiwan

KAWS: Holiday hadir di Chiang Kai-shek Memorial Hall, Taipei | Sumber: Carlos Huang/Shutterstock

Instalasi KAWS yang kedua hadir di Chiang Kai-shek Memorial Hall, Taipei pada bulan Januari 2019. Pada kesempatan tersebut, KAWS berkolaborasi dengan JJ Lin, seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser terkenal dari Singapura yang merupakan penggemar berat KAWS. Karya seni KAWS yang dipajang saat itu adalah sebuah figur dengan posisi duduk santai, dengan panjang mencapai 36 meter.

3. Hongkong

KAWS: Holiday di Victoria Harbour, Hong Kong | Sumber: PaulWong/Shutterstock

Pada tahun 2019, instalasi KAWS: Holiday tampil di Festival Musik "Something in the Water" yang diselenggarakan oleh Pharrell Williams di Hong Kong. Karya seni KAWS ini memiliki panjang sekitar 37 meter dan mengambang di atas Victoria Harbour.

4. Jepang

KAWS: Holiday di Gunung Fuji, Jepang | Sumber Insagram @arr.allrightsreserved

Selanjutnya, KAWS: Holiday juga menghiasi Jepang dalam pameran keempatnya. Karya seni yang berukuran 40 meter tersebut ditempatkan di Gunung Fuji, yang menjadi simbol keindahan alam Jepang.

5.Singapura

KAWS: Holiday di The Float Marina Bay, Singapura | Sumber Insagram @kaws

KAWS: Holiday telah berhasil diselesaikan di Singapura pada tanggal 16 November 2022 di The Float Marina Bay, Singapura. Dalam pameran ini, karakter KAWS dapat dilihat sedang berbaring sambil memeluk anaknya di Singapura.

6.China

KAWS: Holiday di Gunung Changbai, China | Sumber Insagram @kaws

KAWS: Holiday juga pernah mengadakan pameran di Gunung Changbai, Provinsi Jilin, China. Dalam pameran tersebut, karya seni berpose duduk sambil memeluk versi mini dari dirinya sendiri. Selain itu, karakter ini dirancang dengan tampilan seperti beku dan dalam pameran ini juga ada dukungan dari sponsor seperti merek The North Face.

7.Australia

KAWS: Holiday di Australia  | Sumber Insagram @kaws

Di Austarila tepatnya Koyta Melbourne, KAWS: Holiday tampil dalam wujud balon udara monumental setinggi 42 meter. Inilah kali pertama karya seni tersebut mengudara di langit. Balon ini meluncur dari kawasan Albert Park Lake dan mengudara di atas langit sekitar lingkup kota Melbourne.

Penulis: Kurnia Elma Armavillia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Barang Koleksi Olahraga Termahal dalam Sejarah, Ada yang Sentuh 200 Milyar!

Dari kartu hingga jersey, apa saja memorabilia olahraga paling mahal sepanjang sejarah?

Indonesia Jadi Negara dengan Bahasa Daerah yang Paling Terancam Punah

Selain Indonesia, beberapa negara yang paling terancam rupanya adalah negara-negara maju.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X