7 Atlet dengan Penghasilan Tertinggi di Tahun 2022 Versi Majalah Forbes

Forbes kembali merilis daftar atlet dengan penghasilan tertinggi untuk tahun 2022. 7 atlet teratas dalam daftar ini didominasi atlet sepakbola dan bola basket.

7 Atlet dengan Penghasilan Tertinggi di Tahun 2022 Versi Majalah Forbes Ilustrasi│Autris Augusts/Unsplash

Saat ini, olahraga tidak hanya menjadi ajang hiburan di dalam lapangan. Seorang atlet, saat ini juga menjelma menjadi selebriti, atau bahkan merek dagang dengan nilai jual yang tinggi di luar lapangan. Maka, tidak heran apabila saat ini banyak atlet dunia yang memiliki penghasilan hingga jutaan dollar.

Majalah bisnis terkemuka asal Amerika Serikat kembali merilis daftar atlet dengan penghasilan tertinggi untuk tahun 2022. Setidaknya Forbes merilis 50 nama olahragawan dari berbagai aliran olahraga, yang penghasilannya mencapai puluhan juta dollar.

Berikut ini adalah 7 daftar atlet dengan penghasilan tertinggi di tahun 2022 versi majalah Forbes.

7 Atlet dengan Penghasilan Tertinggi di Tahun 2022 Versi Majalah Forbes│GoodStats

 

1. Lionel Messi

Lionel Messi│A. Taoualit/Shutterstock

 

Megabintang dari cabang olahraga sepakbola, Lionel Messi, menjadi atlet dengan penghasilan tertinggi pada tahun 2022 versi majalah Forbes. Total penghasilan Messi di dalam dan luar lapangan pada tahun 2022 adalah 130 juta dollar.

Lionel Messi memanglah menjadi pemain sepakbola yang namanya selalu disorot selama lebih dari 1 dekade ke belakang. Mantan pemain Barcelona itu memiliki prestasi yang fantastis di dalam lapangan. Tidak heran jika akhirnya banyak sponsor yang berani berinvestasi besar-besaran kepada Lionel Messi.

Saat ini, performa Messi cenderung menurun setelah dirinya bergabung dengan klub asal Paris, Paris Saint-Germain. Namun, penurunan performa ini tidak bisa menggoyahkan ketenaran nama Messi, sehingga membuat pemain asal Argentina tersebut memiliki nilai yang masih tinggi di dalam maupun di luar lapangan.

2. LeBron James

LeBron James│NBA

 

LeBron James adalah atlet basket yang paling dominan di generasinya. Mungkin saat ini performa timnya sedang menurun, tapi penurunan performa LA Lakers tidak membuat nama besar LeBron James memudar.

Menurut Forbes, mayoritas penghasilan James justru ia dapat dari aktivitasnya di luar lapangan. LeBron James memiliki penghasilan mencapai 121,2 juta dollar, yang mana 80 juta dollar dari total tersebut berasal dari aktivitas LeBron James di luar lapangan. Penghasilan LeBron James dari luar lapangan ia hasilkan dari sponsor dan juga bisnis yang ia jalankan.

Disamping itu, penghasilan LeBron James di dalam lapangan pun juga sudah sangat tinggi. Saat ini, James merupakan salah satu atlet NBA dengan gaji tertinggi untuk musim 2022-23.

3. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo│Forbes

 

Cristiano Ronaldo adalah megabintang sepakbola selanjutnya yang masuk dalam daftar teratas atlet berpenghasilan tertinggi. Pemain yang saat ini bermain untuk Manchester United ini diperkirakan memiliki penghasilan mencapai 115 juta dollar pada tahun 2022.

Sama seperti rivalnya, performa di dalam lapangan Cristiano juga menurun setelah bergabung dengan klub yang baru. Bahkan untuk pertama kali dalam karirnya, peraih 5 penghargaan Ballon d’Or ini harus bermain di liga kasta kedua Eropa, Uefa Europa League.

Meski sedang mengalami penurunan, nama Cristiano Ronaldo sebagai salah satu atlet sepakbola terbaik sepanjang masa tidak menguap begitu saja. Saat ini, Cristiano Ronaldo adalah manusia dengan jumlah pengikut terbesar di Instagram. 

Exposure Cristiano di luar lapangan masih sangat tinggi, sehingga banyak pula sponsor yang berani membayar sangat tinggi untuk mendapatkan jasa Cristiano.

4. Neymar

Neymar│beIN Sports

 

Rekan satu tim Messi di Paris Saint-Germain ini adalah salah satu pemain sepakbola dengan penghasilan tertinggi di dalam lapangan. Neymar mulai menjadi pemain sepakbola dengan gaji tertinggi setelah kepergiannya dari Barcelona, dan bergabung dengan tim kaya raya PSG. 

Menurut Forbes, penghasilan Neymar di tahun 2022 mencapai 95 juta dollar. Selain dipengaruhi oleh gaji tinggi yang ia dapat dari klubnya saat ini, pundi-pundi penghasilan Neymar juga didukung oleh besarnya nilai sponsor yang ia miliki. Saat ini, Puma dan Red Bull menjadi sponsor dengan nilai tertinggi pemain bintang Timnas Brasil tersebut.

5. Stephen Curry

Stephen Curry│Marca

 

Stephen Curry adalah pebasket NBA dengan gaji tertinggi musim 2022-23. Di dalam lapangan, 3 point shooter memiliki gaji mencapai 45,8 juta dolar per tahunnya. Jumlah itu masih ditambah dengan penghasilan di luar lapangan yang mencapai 47 juta dollar.

Penghasilan Curry di luar lapangan bisa hampir menyamai penghasilannya di dalam lapangan. Hal ini dikarenakan besarnya nilai sponsor yang dimiliki Curry, serta beberapa bisnis yang dijalankan oleh Curry di luar lapangan.

6. Kevin Durant

Kevin Durant│NBA

 

Dialnsir dari Forbes, pebasket Amerika yang saat ini bermain untuk Brooklyn Nets ini memiliki penghasilan mencapai 92,1 juta dollar di tahun 2022. Sama seperti dua pebasket sebelumnya, Kevin Durant juga salah satu pemain NBA dengan gaji tertinggi di musim 2022-23.

Penghasilan Kevin Durant di luar lapangan justru lebih besar dari yang ia hasilkan di dalam lapangan. Penghasilan Kevin Durant dari luar lapangan mencapai 50 juta dollar. Salah satu kontrak sponsor yang dimiliki Durant adalah kontraknya bersama Nike untuk kerjasama sneaker yang bernilai 28 juta dollar. Nilai tersebut hanya kalah oleh LeBron James yang memiliki nilai kontrak 32 juta dollar.

7. Roger Federer

Roger Federer│CNBC

 

Petenis asal Swiss ini telah mengumumkan pensiun di tahun 2022 ini, tepatnya pada bulan September kemarin. Meski sudah tidak aktif bermain penuh selama tahun 2022, Roger Federer tetap menjadi salah satu atlet dengan penghasilan tertinggi di tahun 2022.

Tidak seperti atlet lain dalam daftar ini, pundi-pundi penghasilan Federer justru didominasi dari penghasilan yang ia dapat dari luar lapangan. Penghasilan Federer dari bermain tenis tidak lebih dari 1 juta dollar, sedangkan penghasilan yang ia dapat dari sponsor dan bisnis di luar lapangan dapat mencapai 90 juta dollar. Sponsor dengan nilai terbesar yang dimiliki Federer adalah Uniqlo dan juga Rolex.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Diekspor ke Banyak Negara, Indomie Masuk Daftar Merek Terpopuler di Dunia
Artikel Selanjutnya Jajaran Negara Paling “Positif” di Dunia, Indonesia Nomor Dua
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook