5 Stadion Terbesar di Kawasan Asia Tenggara, 2 Dari Indonesia

Jakarta International Stadium (JIS) dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) masuk ke dalam daftar 5 stadion terbesar di kawasan Asia Tenggara

5 Stadion Terbesar di Kawasan Asia Tenggara, 2 Dari Indonesia Ilustrasi suporter yang sedang menonton pertandingan di stadion | Vasyl Shulga/Shutterstcok

Stadion adalah bangunan yang difungsikan untuk penyelenggaraan kegiatan olahraga atau acara lainnya yang memerlukan banyak penonton. Bangunan ini terdiri dari lapangan atau panggung dan memiliki banyak kapasitas tempat duduk untuk menampung penonton.

Asia Tenggara memiliki ajang multi-olahraga yang diadakan tiap dua tahun sekali, yakni Southeast Asian (SEA) Games. Pada awalnya, pesta olahraga ini bertujuan untuk mengeratkan kerja sama, pemahaman, dan menjalin hubungan baik antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Ajang SEA Games 2023 yang telah diselenggarakan di Kamboja merupakan ajang ke-32 sejak diadakan pertama kali pada 1959. Ini merupakan pengalaman pertama bagi Kamboja menjadi tuan rumah.

Diketahui, Thailand dan Malaysia sudah menjadi tuan rumah sebanyak enam kali. Kemudian, Filipina, Indonesia dan Singapura telah menjadi tuan rumah sebanyak empat kali. Lalu, Myanmar tiga kali, Vietnam dua kali, dan Brunei Darussalam serta Laos satu kali.

Selain SEA Games, ada pula pesta olahraga dua tahunan yang diadakan setelah penyelenggaraan SEA Games, yakni ASEAN Para Games atau pesta olahraga difabel Asia Tenggara. Ajang ini menjadi ajang persiapan paralimpiade dan tuan rumah penyelenggaraan ajang ini sama dengan penyelenggara SEA Games.

Olahraga memiliki kaitan erat dengan stadion. Kini, Asia Tenggara bahkan sudah memiliki banyak stadion yang berstandar FIFA, baik dari segi rumput maupun kapasitas penonton. Ini semakin membuat negara-negara di kawasan Asia Tenggara berlomba-lomba untuk membangun stadion megah yang dilengkapi oleh berbagai fasilitas jempolan.

Daftar 5 stadion terbesar di kawasan Asia Tenggara | Goodstats

Lantas, stadion mana sajakah yang dinobatkan sebagai stadion terbesar di Asia Tenggara? Berikut daftarnya.

1. Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia

Potret Stadion Bukit Jalil di Malaysia | Aseanrecords

Stadion Nasional Bukit Jalil di Bukit Jalil, terletak di Kompleks Olahraga Nasional di sebelah selatan pusat kota ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur. Stadion ini merupakan serbaguna dan menjadi kandang tim nasional sepak bola Malaysia.

Melansir laman resminya, stadion ini memiliki kapasitas penonton hingga 85.000 orang. Pemerintah Malaysia membangun stadion ini pada tahun 1998 untuk tempat penyelenggaraan Commonwealth Games 1998.

Mengutip Aseanrecords, stadion Nasional Bukit Jalil dinobatkan sebagai stadion terbesar di kawasan Asia Tenggara dan menempati urutan ketiga di wilayah Asia.

2. Jakarta International Stadium (JIS), Indonesia

Potret Jakarta International Stadium yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara | Bagus Upc/Shutterstock

Jakarta International Stadium resmi dibuka pada Juli 2022 setelah proses pembangunannya yang panjang sejak tahun 2019 silam. Stadion ini berdiri di lahan seluas 221.000 meter persegi di Tanjung Priok, Jakarta dan mampu menampung sebanyak 82.000 orang.

JIS menempati peringkat kedua dalam daftar stadion terbesar di Asia Tenggara setelah Stadion Nasional Bukit Jalil. Adapun, berdirinya stadion ini mengubah peringkat stadion terbesar di Indonesia yang tadinya ditempati oleh Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

3. Stadion Shah Alam, Malaysia

Foto Stadion Shah Alam di Malaysia | Aseanrecords

Stadion Shah Alam menempati urutan ketiga dalam daftar setelah JIS. Stadion yang berlokasi di Selangor, Malaysia ini tercatat dapat menampung sebanyak 80.732 orang setelah berhasil direnovasi pada tahun 2017 lalu.

Stadion ini pada praktiknya tidak hanya dapat digunakan untuk pertandingan sepak bola, namun juga memiliki fasilitas untuk atletik. Stadion ini secara resmi menjadi kandang Red Giants, Selangor F.C. sejak 16 Juli 1994. Adapun, stadion ini dirancang oleh Arsitek Malaysia, Hijjaz Kasturi yang terinspirasi dari stadion Hajduk Split, Poljud di Split, Kroasia.

4. Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Indonesia

Potret Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) yang berlokasi di Jakarta Pusat | Antara

Kompleks olahraga GBK pertama kali dibuka pada tahun 1962. Stadion ini menempati peringkat keempat dalam daftar stadion terbesar di wilayah Asia Tenggara menurut kapasitas dengan total tempat duduk mencapai 78.000 penonton.

Dulunya, stadion GBK memiliki kapasitas yang sangat besar, yaitu mencapai 110.000 penonton. Namun setelah mengalami beberapa pemugaran dan renovasi, kapasitasnya pun menyusut. Sementara, GBK menjadi stadion sepak bola asosiasi terbesar ke-28 di dunia dan stadion sepak bola asosiasi terbesar ke-8 di Asia.

5. Morodok Techo National Stadium, Kamboja

Potret bangunan Morodok Techo National Stadium di Kamboja | Tfcstadiums.com

Morodok Techo National Stadium menjadi lokasi utama penyelenggaraan SEA Games 2023. Stadion ini dipilih oleh pemerintah Kamboja sebagai tempat upacara pembukaan sekaligus penutupan ajang SEA Games yang diselenggarakan pada tanggal 5-17 Mei 2023 lalu.

Stadion ini menempati peringkat kelima dalam daftar setelah stadion GBK dengan kapasitas penonton yang mencapai 75.000 orang. Stadion yang berlokasi di pinggir utara ibu kota kamboja, Phnom Penh ini pembangunannya sepenuhnya didanai oleh pemerintah China sebesar US$150 juta.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Riset: Perempuan Lebih Banyak Menyukai Ragam Aktivitas Olahraga Dibandingkan Laki-laki

Perempuan lebih banyak tertarik mencoba ragam jenis olahraga, termasuk melatih otot. Sedangkan, laki-laki masih memiliki pola aktivitas olahraga stagnan.

Inilah 10 Pemain Termahal di Piala Dunia U-17 2023

10 pemain sepak bola dengan valuasi pasar tertinggi di Piala Dunia U-17 2023 menurut Transfermarkt.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X