5 Provinsi dengan Hotel Bintang 5 Terbanyak di Indonesia

Bali merupakan provinsi dengan jumlah hotel mewah terbanyak sepanjang tahun 2023. Hal ini disebabkan Bali memiliki daya tarik bagi para wisatawan.

5 Provinsi dengan Hotel Bintang 5 Terbanyak di Indonesia Ilustrasi Hotel Bintang 5 di Bali | Dokument by Salsa Wisata

Hotel merupakan tempat penginapan bagi orang-orang ketika berbergian ke suatu tempat atau daerah yang jauh dari rumah. Tamu hotel biasanya menginap dalam jangka waktu singkat seperti semalam atau beberapa hari saja.

Hotel biasanya menyedikan fasilitas dan layanan seperti kamar tidur, layanan makan untuk para tamunya agar merasa nyaman ketika menginap di hotel tersebut.

Fasilitas dan pelayanan di sebuah hotel tentunya berbeda-beda tergantung kualitas hotel itu sendiri. Biasanya kualitas hotel di tentukan dengan jumlah bintang yang ada, semakin bintangnya banyak maka kualitas hotel tersebut semakin baik.

Menurut laporan Badan Pusat Statsitik (BPS), terdapat 252 hotel  bintang 5 di Indonesia sepanjang 2023. Jumlah hotel tersebut tersebar di berbagai provinsi dan 5 provinsi ini memiliki jumlah hotel bintang 5 terbanyak.

1. Bali

Bali merupakan pulau dengan destinasi wisata paling populer bahkan banyak warga negara asing yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini. Memiliki keindahan alam, kekayaan budaya, dan penduduknya yang ramah, tidak heran Bali banyak di kunjungi wisatawan.

Bali memiliki perkembangan pesat dalam jumlah pengunjung yang datang ke pulau tersebut sehingga jumlah hotel semakin banyak karena permintaan yang tinggi dari para wisatawan.

Bali merupakan provinsi dengan jumlah hotel bintang 5 terbanyak di Indonesia yaitu mencapai 94 hotel.

2. DKI Jakarta

Posisi kedua sebagai provinsi dengan jumlah hotel bintang 5 terbanyak ada dari ibu kota yaitu DKI Jakarta. Jumlah hotel bintang 5 yang dimiliki DKI Jakarta mencapai 37 hotel.

Sebagai ibu kota negara, Jakarta menjadi tujuan utama bagi para pelaku bisnis, diplomat, dan wisatawan internasional. Akibatnya permintaan akomodasi hotel bintang 5 di Jakarta sangat tinggi karena banyaknya kegiatan bisnis, konferensi, dan acara-acara penting yang di adakan di Jakarta.

3. Jawa Timur

Jawa Timur menempati posisi ketiga sebagai provinsi yang memiliki hotel mewah terbanyak di Indonesia. Berdasarkan laporan BPS tahun 2023, Jawa Timur memiliki 20 hotel bintang 5.

Provinsi ini memiliki destinasi populer seperti di Surabaya, Malang dan Bromo yang menarik wisatawan domestik hingga internasional.

Permintaan akan akomodasi seperti hotel mewah semakin meningkat di Jawa Timur seiring dengan pertumbuhan pariwisata dan bisnis di walayah ini.

Jawa Timur juga menjadi tujuan utama untuk kegiatan bisnis, acara konferensi dan hal penting lainnya. Gabungan antara kegiatan bisnsi dengan daya tarik pariwisata membuat permintaan hotel mewah di provinsi ini mengikat.

4. Jawa Barat

Posisi keemapat yaitu Jawa Barat dengan jumlah hotel bintang 5 mencapai 16 hotel. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan jumlah hotel bintang 5 terbanyak karena wilayah ini merupakan pusat ekonomi, bisnis, dan pariwisata yang penting di Indonesia.

Kota-kota seperti Bandung dan Bogor merupakan kota yang memiliki daya tarik bagi para wisatawan domestik maupun internasional.

Jawa Barat juga sering menjadi sasaran kegiatan bisnis, pertemuan pejabat penting, acara-acara budaya, dan wisata yang menarik. Kombinasi tersebut mendorong peningkatan akomodasi seperti hotel mewah di daerah ini.

5. Jawa Tengah

Posisi kelima yaitu Jawa Tengah dengan jumlah hotel bintang 5 mencapai 14 hotel.

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi dengan jumlah hotel bintang 5 terbanyak di Indonesia karena wilayahnya kaya akan budaya, sejarah, dan keindahan alam yang luar biasa.

Destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, Semarang, dan Solo merupakan daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi provinsi ini.

Banyaknya pengunjung yang mendatangi provinsi ini membuat permintaan akan akamodasi mewah meningkat salah satunya hotel bintang 5.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Denmark, Negara dengan Indeks Kinerja Perubahan Iklim Tertinggi di Dunia

Denmark dinobatkan menjadi negara dengan indeks kinerja perubahan iklim tertinggi dengan skor 75,59 pada tahun 2023.

5 Kereta Tercepat di Asia Tenggara, Whoosh Peringkat Pertama?

Whoosh kereta cepat milik Indonesia menempati posisi pertama sebagai kereta tercepat di Asia Tenggara dengan jarak tempuh mencapai 350km/jam.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X