5 Pertandingan dengan Jumlah Penonton Terbanyak Sepanjang Piala AFF 2022, Didominasi Indonesia dan Malaysia

Pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak di Piala AFF 2022 jatuh pada laga terakhir Malaysia dan Singapura di babak Grup B pada Selasa (3/1).

5 Pertandingan dengan Jumlah Penonton Terbanyak Sepanjang Piala AFF 2022, Didominasi Indonesia dan Malaysia Perjuangan timnas Indonesia kala bersua Vietnam pada semifinal leg pertama Piala AFF 2022 (6/1) | PSSI

Piala AFF 2022 resmi berakhir setelah Timnas Thailand berhasil meraih gelar ketujuhnya atas Vietnam dengan agregat 3-2 pada babak final. Pada tahun ini, Piala AFF diselenggarakan dengan format yang sama dengan edisi 2018 yakni 10 tim terbagi atas dua grup dan memainkan sistem round-robin dengan masing-masing tim memainkan dua pertandingan kandang dan tandang.

Format ini tidak dilaksanakan pada edisi 2020 lalu karena pandemi covid-19 di Asia Tenggara yang sedang tinggi, sehingga diadakan di venue terpusat, yakni Singapura pada akhir 2021 hingga awal 2022 lalu. Format yang unik ini membuat setiap tim melakukan pengundian untuk menentukan dengan siapa saja tim tersebut bermain di kandang dan tandang.

Dalam babak gugur yakni semifinal dan final dilaksanakan sebanyak dua leg di masing-masing kandang tim yang berlaga. Pada tahun ini, AFF diselenggarakan di 10 tempat dari 9 negara penyelenggara. Brunei Darussalam harus bermarkas di Kuala Lumpur Malaysia setelah Stadion Utama Hassanal Bolkiah sedang dalam tahap renovasi.

AFF edisi kali ini mencatatkan total 479.571 penonton atau dengan kata lain memiliki rerata 18.445 penonton per pertandingannya (total 26 pertandingan). Angka yang tidak sebanyak beberapa edisi sebelumnya dikarenakan ragam faktor, salah satunya ketersediaan stadion utama yang terbatas akibat ragam kegiatan.

Alhasil, 10 stadion yang dipakai pada gelaran AFF kali ini antara lain Stadion Nasional Bukit Jalil (Malaysia), Stadion Utama Gelora Bung karno (Indonesia), Stadion Nasional Morodok Techo (Kamboja), Stadion Nasional My Dinh (Vietnam), Stadion Thuwunna (Myanmar), Stadion Thammasat (Thailand), Stadion Nasional Baru Laos (Laos), Stadion Kuala Lumpur (Brunei), Stadion Rizal Memorial (Filipina), dan Stadion Jalan Besar (Singapura).

Hanya ada tiga stadion yang memiliki total kapasitas di atas 50 ribu penonton, antara lain Stadion Bukit Jalil (87.411), Gelora Bung Karno (77.193), dan Morodok Techo (60.000). Lalu, apa saja lima pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang Piala AFF 2022 berlangsung?

5 pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang Piala AFF 2022 berlangsung | GoodStats

1. Malaysia vs Singapura (3 Januari 2023) = 65.147 penonton

Pemain Malaysia, Faisal Halim kala beradu dengan salah satu pemain Singapura pada laga Selasa (3/1) di Bukit Jalil | AFF Mitsubishi Electric Cup

Pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak di Piala AFF 2022 jatuh pada laga terakhir Malaysia dan Singapura di babak Grup B pada Selasa (3/1). Laga yang dilangsungkan di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia ini diakhiri kemenangan telak Malaysia dengan skor 4-1.

Keempat gol Harimau Malaya tersebut dicetak oleh Darren ('35), Wilkin ('50 dan '54), dan Aguero ('88); sementara gol semata wayang Singapura dicetak Faris pada menit ke-85. Wasit pada laga ini dipimpin oleh Mohammed Al Hoish asal Arab Saudi. Hasil ini membawa Malaysia melaju ke semifinal untuk bertemu Thailand dan menggugurkan Singapura yang harus puas berada di posisi tiga besar.

2. Malaysia vs Thailand (7 Januari 2023) = 62.989 penonton

Pemain Malaysia, Sharul Nazeem tengah diadang oleh dua pemain Thailand pada laga Sabtu (7/1) di Bukit Jalil | AFF Mitsubishi Electric Cup

Laga dengan jumlah penonton terbanyak kedua kembali dicetak Malaysia kala bertemu Thailand di babak semifinal leg pertama pada Sabtu (7/1). Pertandingan ini diakhiri dengan kemenangan Malaysia lewat gol semata wayang Faisal Halim pada menit ke-11.

Laga yang dipimpin oleh wasit Korea Selatan, Kim Dae-yong ini juga dilangsungkan di Stadion Nasional Bukit Jalil. Pada laga tersebut, tiket yang tersedia di stadion hanya sebanyak 59 ribu kursi karena 21 ribu kursi sisanya harus kosong karena konser tur dunia penyanyi Jay Chou.

Selain itu, terdapat pula beberapa insiden yang dilakukan oleh oknum supporter Malaysia pada laga tersebut, seperti penembakan laser dan pelemparan botol ke pemain Thailand. Sayangnya, kemenangan ini tidak mampu membawa Malaysia tampil ke final karena Harimau Malaya harus tunduk 3-0 pada leg kedua di Thailand.

3. Indonesia vs Thailand (29 Desember 2022) = 49.985 penonton

Duel Theerathon Bunmathan dengan striker Indonesia Dendy Sulistyawan pada laga Kamis (29/12) di Gelora Bung Karno | AFF Mitsubishi Electric Cup

Indonesia berhasil tembus ke tiga besar laga dengan jumlah penonton terbanyak pada pertandingan ketiga Grup B kala berjumpa Thailand pada Kamis (29/12) di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Laga ini harus berakhir imbang 1-1 setelah gol penalti Marc Klok ('50) berhasil disamakan oleh gol cantik Sarach ('79).

Laga yang dipimpin oleh wasit Mohammed Al Hoish asal Arab Saudi ini sempat diwarnai oleh beberapa insiden tak mengenakkan bagi tim tamu karena bus penggawa Thailand sempat dilempar batu oleh oknum suporter Indonesia dan bendera suporter Thailand sempat dicuri oleh beberapa oknum suporter Indonesia. Alhasil, federasi sepak bola Thailand sempat mengirim surat pengaduan ke AFF.

4. Indonesia vs Vietnam (6 Januari 2023) = 49.595 penonton

Barisan Pertahanan Timnas Indonesia saat Timnas Vietnam menyerang pada laga Jumat (6/1) di Gelora Bung Karno | AFF Mitsubishi Electric Cup

Laga semifinal leg pertama yang berakhir imbang dengan skor kacamata ini dipimpin oleh wasit asal Oman, Omar Al-Yaqoubi. Pada laga ini, Vietnam unggul penguasaan bola dengan persentase 56 persen berbanding 44 persen untuk Indonesia.

Wasit mengeluarkan dua kartu kuning pada laga ini, yakni kepada dua pemain Vietnam Vu Van Thanh ('5) dan Do Hung Dung ('50). Sayangnya, pasukan Garuda Muda yang dipimpin striker Dendy Sulistyawan belum berhasil menembus jala kiper Vietnam, Dang Van Lam. Hasil imbang ini tentu merugikan Timnas Garuda, karena pada leg kedua Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor 2-0.

5. Vietnam vs Thailand (13 Januari 2023) = 38.539 penonton

Selebrasi para pemain Vietnam usai menjebol gawang Thailand pada laga Jumat (13/1) di Stadion My Dinh | AFF Mitsubishi Electric Cup

Laga final leg pertama Piala AFF 2022 ini berhasil menembus lima besar pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak. Pertandingan yang dipimpin oleh wasit asal Korea Selatan, Ko Hyung-jin ini diakhiri dengan skor imbang 2-2.

Pencetak gol Vietnam pada laga ini antara lain Nguyen Tien Linh ('24) dan Vu Van Thanh ('88), sementara gol Thailand dicetak oleh Poramet ('48) dan Sarach ('63). Sayangnya, hasil imbang ini tidak cukup membawa Vietnam untuk membawa pulang trofi Piala AFF ke negaranya karena tim tersebut harus mengakui keunggulan Thailand 1-0 pada laga leg kedua.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Daftar Top Skor Piala AFF 2022: Teerasil Dangda dan Nguyen Tien Linh Teratas
Artikel Selanjutnya Sulteng dan Kalbar Jadi Provinsi dengan Jumlah Kasus Korupsi Terbanyak Sepanjang 2021
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook