5 Merek Minyak dan Gas dengan Nilai Tertinggi di Dunia

Minyak bumi dan gas merupakan sektor industri yang sangat penting bagi semua orang di dunia. Ini dia 5 perusahaan minyak bumi dengan nilai tertinggi di dunia.

5 Merek Minyak dan Gas dengan Nilai Tertinggi di Dunia Ilustrasi perusahaan minyak bumi dan gas | Dokument by Proses Industri

Minyak dan gas merupakan salah satu sektor terpenting di dunia karena banyak orang membutuhkan produknya untuk kehidupan sehari-hari.

Akibatnya banyak orang yang terjun dalam sektor minyak dan gas ini hingga membuat perusahaan. Perusahaan minyak dan gas merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri ekstraksi, produksi, pengolahan, dan distribusi minyak bumi dan gas alam serta produk-produk turunannya.

Perusahaan tersebut melakukan pencarian, pengeboran, untuk menghasilkan minyak dan gas dari bawah tanah, kemudian diperoses menjadi produk yang digunakan dalam transportasi, industri, dan kebutuhan energi sehari-hari.

Perusahaan-perusahaan ini berperan penting dalam menyediakan sumber daya energi untuk perekonomian global. Perusahaan minyak di Indonesia sendiri yaitu Pertamina. Pertamina memiliki peran penting bagi negara Indonesia karena perusahaan tersebut memberikan kontribusi besar dalam kebutuhan hidup sehari-hari salah satunya bahan bakar untuk kendaraan.

Banyak negara yang memiliki perusahaan di bidang minyak dan gas dan ada 5 merek perusahaan dengan nilai tertinggi di dunia. Penilaian ini mempertimbangkan beberapa faktor seperti kekuatan dan pengaruh dari merek perusahaan tersebut.

1. Shell

Shell merupakan perusahaan yang beroprasi di industri minyak dan gas. Didirikan pada tahun 1907, Shell merupakan salah satu perusahaan produsen minyak terbesar di dunia. 

Perusahaan ini terlibat dalam eksplorasi, produksi, pengelolaan dan distribusi minyak, gas alam, serta produk-produk turunannya. Shell juga aktif dalam pengembangan energi terbarukan dan teknologi lingkungan.

Shell merupakan perusahaan minyak bumi dengan nilai tertinggi di dunia pada tahun 2024 dengan total nilai Rp792,1 triliun. Perusahaan ini beroprasi di lebih dari 70 negara di seluruh dunia.

2. Aramco

Saudi Aramco merupakan perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia, yang berpusat di Arab Saudi. Didirikan pada tahun 1933, Aramco bertanggung jawab atas sebagian besar produksi minyak bumi Arab saudi dan memiliki cadangan minyak yang sangat banyak.

Aramco terlibat dalam eksplorasi, produksi, pengelolaan, dan distribusi minyak dan gas alam. Perusahaan ini juga dikenal sebagai salah satu perusahaan dengan pendapatan terbesar di dunia.

Aramco menempati posisi kedua sebagai perusahaan minyak dan gas dengan nilai tertinggi di dunia tahun 2024. Total nilai Aramco mencapai Rp654,5 triliun.

3. PetroChina

PetroChina merupakan salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia. Berpusat di beijing, perusahaan ini terlibat dalam eksplorasi, produksi, pengolahan, dan distribusi minyak bumi, gas alam dan produksi turunannya. 

PetroChina beroprasi di dalam dan luar China, serta merupakan produsen minyak terkemuka di dunia. Perusahaan ini menempati posisis ketiga dengan total nilai mencapai Rp448,8 triliun.

4. Sinopec

Sinopec atau Cjina Petroleum & Chemical Corporation, adalah salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia. Sama dengan PetroChina yang berbasis di Beijing, Sinopec telibat dalam eksplorasi, produksi, pengolahan dan distribusi minyak bumi dan gas.

Sinopec menempati posisi keempat sebagai merek perusahaan minyak dengan nilai tertinggi di dunia yang mencapai Rp419,6 triliun.

5. BP

BP (British Petroleum) merupakan salah satu perusahaan energi terbesar di dunia. Berbasis di Inggris, perusahaan ini terlibat dalam eksplorasi, produksi, pengelolaan, dan ditribusi minyak bumi, gas alam.

Perusahaan ini beroprasi di lebih 70 negara dan merupaka salah salah satu produsn minyak terkemuka di dunia. Bp menempati posisi kelima dengan nilai total mencapai Rp291,8 triliun.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Negara Tercuan di Kripto Tahun 2023, Indonesia Masuk?

Indonesia masuk ke dalam 5 negara tercuan dalam kripto di dunia mengalahkan negara-negara eropa lainnya.

6 Restoran Cepat Saji Favorit Saat Berbuka Puasa 2024, Tahun Ini Banyak Perubahan

Hokben nomor satu tahun ini. Jawara sebelumnya yaitu McDonald's terjun ke nomor empat, turun 17,19% dibanding 2023.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X