5 Maskapai Penerbangan Paling On-Time Sedunia, Garuda Indonesia Puncaki Daftar

Berdasarkan laporan OAG, Garuda Indonesia tercatat sebagai maskapai penerbangan paling tepat waktu sepanjang tahun 2022.

5 Maskapai Penerbangan Paling On-Time Sedunia, Garuda Indonesia Puncaki Daftar Ilustrasi deretan kursi pesawat | diy13/Shutterstock

Seiring dengan pelonggaran pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19 di seluruh dunia, bisnis maskapai penerbangan kini perlahan telah pulih. Kapasitas dan jadwal penerbangan kini juga tercatat sudah mulai berjalan dengan normal.

Penyedia data perjalanan global asal Inggris Official Airlines Guide (OAG) baru-baru ini merilis laporan mengenai daftar ketepatan jadwal maskapai penerbangan di seluruh dunia yang berjudul Punctuality League 2023. Laporan tersebut menganalisis data penerbangan selama setahun penuh pada 2022.

"Kinerja penerbangan tepat waktu global telah mencapai tingkat sebelum pandemi. Sektor penerbangan kini mulai pulih dengan banyaknya permintaan perjalanan, sehingga masalah mengenai pemberhentian tenaga kerja yang masif tampaknya mereda,” kata John Gant selaku kepala analis OAG.

Daftar 5 maskapai penerbangan paling tepat waktu di dunia pada 2022 | Goodstats

Lalu, maskapai penerbangan mana saja yang tercatat paling on-time menurut laporan OAG? Selengkapnya, ini dia 5 maskapai penerbangan yang paling tepat waktu sepanjang tahun 2022.

1. Garuda Indonesia

Ilustrasi pesawat terbang Garuda Indonesia | Ryan Fletcher/Shutterstock

Berdasarkan laporan, Garuda Indonesia berhasil menduduki daftar maskapai penerbangan paling tepat waktu di dunia pada tahun 2022. Garuda Indonesia memperoleh skor OTP (on-time performance) sebesar 95,63 persen. Sementara, rasio pembatalan penerbangan oleh Garuda Indonesia hanya tercatat sebesar 0,61 persen.

Maskapai penerbangan nasional ini telah berdiri sejak tahun 1947. Melalui laman resminya, Garuda Indonesia berhasil mencatatkan sejumlah pengakuan internasional di antaranya adalah pencapaian sebagai "The Worlds Best Economy Class" dari TripAdvisor Travelers Choice Awards, “Maskapai Bintang Lima/ 5-Star Airline” sejak tahun 2014, “Top 10 World’s Best Airline” Skytrax 2017, The World’s Best Cabin Crew” selama lima tahun berturut-turut sejak 2014.

2. Safair

Ilustrasi pesawat Safair | Leonard Zhukovsky/Shutterstock

Safair menduduki peringkat kedua dalam daftar maskapai penerbangan paling tepat waktu pada 2022 dengan perolehan skor OTP 95,30 persen. Adapun, rasio pembatalan penerbangan oleh Safair tercatat sebesar 0,02 persen.

Maskapai penerbangan yang berbasis di Afrika Selatan ini pertama kali didirikan pada tahun 1965. Awalnya, maskapai penerbangan ini dikenal dengan nama Tropair (Pty) Ltd dan merupakan perusahaan penerbangan umum. Kemudian, nama perusahaan diubah menjadi Safair Freighters (Pty) Ltd pada 1970 ketika dibeli oleh Safmarine.

3. Eurowings

Ilustrasi pesawat Eurowings | Dirk Daniel Mann/Shutterstock

Di peringkat ketiga ada Eurowings yang berhasil memperoleh skor OTP 95,26 persen. Angka ini naik sekitar 15 persen dari tahun 2019. Sementara, rasio pembatalan jadwal penerbangan oleh Eurowings tercatat sebesar 3,49 persen pada 2022.

Eurowings adalah maskapai penerbangan LCC (low cost carrier) yang berbasis di Jerman dan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Lufthansa Group. Sejak didirikan pada tahun 1996, maskapai penerbangan ini telah melayani jaringan tujuan domestik dan Eropa.

4. Thai AirAsia

Ilustrasi pesawat Thai AirASia | Up2row/Shutterstock

Menurut laporan OAG, Thai AirAsia mendapatkan skor OTP sebesar 92,33 persen pada tahun 2022. Angka ini mmebuat Thai AirAsia berada di posisi keempat dalam daftar maskapai penerbangan paling tepat waktu di dunia.

Thai AirAsia adalah perusahaan ventura dari maskapai penerbangan Malaysia AirAsia dan Asia Aviation thailand. Maskapai ini melayani penerbangan domestik dan internasional AirAsia yang dijadwalkan secara teratur dari Bangkok dan kota-kota lain di Thailand.

5. Jeju Airlines

Ilustrasi pesawat Jeju Airlines | Sorbis/Shutterstock

Jeju Airlines menempati posisi kelima dalam daftar dengan perolehan skor OTP mencapai 91,84 persen. Angka ini naik sekitar 20 persen dari tahun 2019 sebesar 71,80 persen. Sementara, rasio pembatalan penerbangan oleh Jeju Airlines tercatat sebesar 0,33 persen pada 2022.

Sejak didirikan sebagai perusahaan ventura oleh Aekyung Group dan pemerintah Pulau Jeju pada 25 Januari 2005, Jeju Air menjadi maskapai penerbangan bertarif rendah pertama di Korea. Pada tahun 2016, perusahaan ini membantu mendirikan Value Alliance, aliansi maskapai berbiaya rendah (LCC/low-cost carrier) pan-regional pertama di dunia.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Jumlah Penumpang MRT Jakarta Tembus 19,7 Juta Orang Sepanjang 2022, Jauh Lampaui Target dan Capaian 2021
Artikel Selanjutnya 5 Pencetak Gol Terbanyak Liga 1 Indonesia Hingga Paruh Musim 22/23
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook