5 Keju Terbaik di Dunia, Ada yang Pernah Kamu Coba?

Keju merupakan salah satu bahan kudapan yang disukai semua orang. Bicara tentang keju, inilah lima keju terbaik dunia. Kamu sudah pernah coba?

5 Keju Terbaik di Dunia, Ada yang Pernah Kamu Coba? Ilustrasi Keju Terbaik di Dunia. Photo by Freepik

Siapa yang tidak mengenal keju? Keju merupakan olahan susu yang berbentuk padat, beraroma khas dan punya rasa yang gurih. Umumnya, keju digunakan untuk jadi bahan pelengkap sebuah hidangan. Namun di beberapa kasus, keju kerap jadi ‘bintang utama’ suatu kudapan.

TasteAtlas, sebuah website yang mengulas makanan dan tempat wisata baru-baru ini mengeluarkan daftar keju terbaik di dunia. Keju terbaik tersebut diurutkan berdasarkan penilaian dari 36.000 lebih lebih pembaca TasteAtlas.

Inilah daftar lima keju terbaik di dunia, ada yang pernah kamu coba?

Ilustrasi Keju Terbaik. Photo by Goodstats from Flourish
Ilustrasi Keju Terbaik. Photo by Goodstats from Flourish

1. Parmigiano Reggiano

Jenis keju ini berasal dari Italia, tepatnya di Provinsi Parma.

Parmigiano reggiano mendapatkan rata-rata rating 4,68 dari pembaca TaseAtlas. Keju ini terbuat dari susu semi-skim (raw, semi-skimmed milk) dari sapi yang mengonsumsi rumput dan jerami yang segar. Teksturnya keras dan rasanya beragam dari pedas hingga sedikit gurih, tergantung pada berapa lama masa matang keju.

Rasanya yang unik menjadikan Parmigiano reggiano sebagai keju terbaik di dunia.

2. Mozzarella di Bufala Campana

Pecinta keju pasti sudah tidak asing lagi dengan mozzarella. Jenis keju yang satu ini mempunyai tekstur meleleh dan cita rasa gurih ketika sudah dimasak di kudapan lain.

Mozzarella di Bufala Campana dari Italia nampaknya jadi keju terbaik pada kategori mozzarella. Keju ini terbuat dari 100% susu kerbau domestik yang diproduksi di wilayah Campania, Lazio, Apulia dan Molise.

Rasanya yang khas dengan kalsium dan protein tinggi menjadikan Mozzarella di Bufala Campana berada di peringkat kedua sebagai keju terbaik dengan penilaian 4,64.

3. Stracchino di Crescenza

Masih dari Italia, keju terbaik ketiga versi TasteAtlas adalah Stracchino di Crescenza. Keju jenis ini lebih sering dijadikan sebagai bahan olesan karena teksturnya yang creamy dan buttery. Rasanya pun ringan, lembut, dengan cita rasa manis.

Stracchino di Crescenza sendiri mendapatkan penilaian 4,64 dari TasteAtlas.

4. Graviera Naxou

Berpindah ke negara Yunani, keju dengan nama Graviera Naxou ini berhasil menduduki peringkat keempat sebagai keju terbaik di dunia dengan skor 4,64.

Graviera Naxou beraroma ringan dengan cita rasa menyegarkan. Kedua aspek ini tercipta dari bahan Graviera Naxou, yaitu susu sapi pasteurisasi atau campuran susu domba dan susu kambing dengan takaran maksimal 20%. Bahkan, susu ras hewan ternak untuk keju ini dibesarkan secara tradisional di Pulau Naxos yang memakan tumbuhan lokal sehingga memberikan rasa unik pada susu mereka.

5. Queijo Serra da Estrela

Keju terbaik yang berasal dari Portugal ini terbuat dari susu domba ras Bordaleira Serra da Estrela dan Churra Mondegueira. Pemerahan susu dilakukan menggunakan tangan, setelah itu susu dipanaskan, diasinkan, dan dikentalkan menggunakan ekstrak thistle.

 

Queijo Serra da Estrela sendiri mempunyai tekstur semi lunak. Bagian dalam keju bertekstur creamy dengan warna putih kekuningan dengan rasa manis dan sedikit asam. Pembaca TasteAtlas memberikan skor 4,63 untuk jenis keju ini.

 

Sama seperti bahan lainnya, keju tidak bisa lepas dari bahan untuk olahan makanan. Umumnya, keju menjadi topping dan isian berbagai makanan, seperti di pizza, pasta hingga roti bakar.

Selera boleh berbeda, tapi keju terbaik dibuat dari proses yang panjang dengan penanganan ekstra. Proses yang penuh kesabaran itu lantas membuahkan keju dengan cita rasa nikmat dan aroma yang kaya, seperti daftar keju terbaik di atas.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X