10 SMA Terbaik di Jawa Tengah Berdasarkan Nilai UTBK

SMA Pradita Dirgantara menjadi SMA terbaik di Jawa Tengah berdasarkan nilai UTBK, reratanya mencapai 640,747.

10 SMA Terbaik di Jawa Tengah Berdasarkan Nilai UTBK SMA Pradita Dirgantara, Jawa Tengah | SMA Pradita Dirgantara

Di tengah iklim ketidakpastian yang terjadi di Indonesia, pendidikan menjadi faktor krusial dalam menentukan masa depan. Semakin baik bekal pendidikan seseorang, maka semakin besar pula peluang yang terbuka, memberikan harapan untuk masa depan yang lebih baik. Memang pendidikan tidak memberi jaminan pasti untuk kesuksesan seseorang, namun tak dapat dipungkiri bahwa peran pendidikan hingga saat ini masih sangat esensial.

Di Jawa Tengah, terdapat beberapa SMA terbaik yang dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan studi. Deretan SMA terbaik di Jawa Tengah ini diurutkan berdasarkan nilai UTBK pada 2022. Inilah 10 SMA terbaik di Jawa Tengah yang bisa dijadikan referensi untuk melanjutkan pendidikan.

SMA Pradita Dirgantara menjadi SMA terbaik di Jawa Tengah berdasarkan nilai UTBK | GoodStats
SMA Pradita Dirgantara menjadi SMA terbaik di Jawa Tengah berdasarkan nilai UTBK | GoodStats

1. SMA Pradita Dirgantara

SMA Pradita Dirgantara di Kabupaten Boyolali berhasil menjadi SMA terbaik di Jawa Tengah berdasarkan nilai UTBK 2022. Sekolah ini memiliki nilai UTBK sebesar 640,747, sekaligus membuatnya duduk di peringkat ketiga secara nasional.

SMA Pradita Dirgantara memperoleh juga peringkat ketiga nasional di tahun 2021, sukses mempertahankan posisinya sebagai SMA terbaik di Jawa Tengah berdasarkan nilai UTBK.

2. MAN Insan Cendekia Pekalongan

SMA terbaik di Jawa Tengah berikutnya dipegang oleh MAN Insan Cendekia Pekalongan. Berlokasi di Kota Pekalongan, sekolah ini meraih nilai UTBK sebesar 637,499.

Saat ini, MAN Insan Cendekia Pekalongan berada di peringkat 4 secara nasional. Peringkatnya ini mengalami lonjakan tinggi dibanding peringkat tahun 2020 yang ke-45.

3. SMAS Kolese Loyola

SMAS Kolese Loyola yang berada di Kota Semarang meraih nilai UTBK sebesar 611,291, menjadikannya duduk di peringkat ke-28 nasional sekaligus ketiga di Jawa Tengah. Sekolah swasta ini merupakan lembaga pendidikan berbasis Katolik yang dijalankan oleh Serikat Yesus.

4. SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo

SMA terbaik di Jawa Tengah berdasarkan nilai UTBK berikutnya dipegang oleh SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo, yang berlokasi di Kabupaten Sukoharjo. Bertengger di peringkat ke-68 nasional, sekolah ini meraih nilai 587,175 untuk UTBK 2022.

SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo meraih nilai 613,24 untuk tes potensi skolastik, berada di urutan ke-38 nasional. Peringkatnya sendiri tidak banyak berubah sejak tahun sebelumnya.

5. SMA IT Ibnu Abbas

Satu lagi SMA unggulan dari Jawa Tengah dengan nilai UTBK tertinggi. SMA IT Ibnu Abbas meraih nilai 584,656, menjadikannya duduk di urutan ke-76 nasional dan kelima di Jawa Tengah.

Pada tahun 2020, SMA IT Ibnu Abbas meraih peringkat ke-182 nasional. Kenaikan peringkat yang tinggi di tahun 2022 ini menunjukkan perbaikan kualitas yang semakin baik untuk peserta didiknya.

6. SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta

Dengan nilai UTBK sebesar 584,555, SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta berhasil duduk di peringkat ke-78 nasional sebagai SMA terbaik di Indonesia. SMA yang terletak di Surakarta ini mengalami kenaikan peringkat yang cukup tinggi, dari posisi ke-457 di 2020. 

7. SMAS Pangudi Luhur Van Lith

Di posisi ketujuh SMA terbaik di Jawa Tengah berdasarkan nilai UTBK dipegang oleh SMAS Pangudi Luhur Van Lith, dengan nilai 583,823. Sekolah yang terletak di Kabupaten Magelang ini didirikan pada tahun 1991 dan mewajibkan seluruh siswanya untuk tinggal di asrama.

8. SMAN 1 Magelang

Berikutnya, dengan rerata nilai UTBK sebesar 583,608, SMAN 1 Magelang berada di peringkat ke-85 nasional sekaligus urutan ke-8 di Jawa Tengah. Peringkatnya tidak banyak berubah dari tahun sebelumnya.

SMAN 1 Magelang merupakan salah satu SMA tertua di Jawa Tengah. Sekolah ini didirikan pada 1950 dan kini memiliki 1.050 siswa.

9. SMAN 1 Purworejo

SMA terbaik di Jawa Tengah berdasarkan nilai UTBK berikutnya dipegang oleh SMAN 1 Purworejo, dengan rerata nilai sebesar 583,325. SMAN 1 Purworejo berada di urutan ke-86 secara nasional, sedikit turun dari peringkatnya di 2020, yakni di urutan ke-75.

10. SMAS Taruna Nusantara

Di posisi kesepuluh SMA terbaik di Jawa Tengah adalah SMAS Taruna Nusantara dengan nilai UTBK sebesar 581,661. Sekolah yang terletak di Kabupaten Magelang ini sekaligus menduduki peringkat ke-92 nasional.

Lonjakan peringkat juga dialami SMAS Taruna Nusantara, di mana pada 2020 lalu, peringkatnya masih di luar 100 besar, yakni urutan ke-225.

SMAS Taruna Nusantara baru-baru ini banyak dibicarakan setelah Hashim Djojohadikusumo, adik dari Prabowo Subianto, mengatakan bahwa presiden terpilih tersebut akan mengisi 4 jabatan menteri di kabinetnya dengan tokoh lulusan sekolah tersebut. Beberapa nama yang diduga bakal naik adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono serta dua kader Gerindra sekaligus anggota DPR RI, yaitu Prasetyo Hadi dan Sugiono.

Itulah dia beberapa SMA terbaik di Jawa Tengah berdasarkan nilai UTBK. Besaran nilai UTBK dapat dijadikan referensi dalam memilih sekolah dengan kualitas terbaik untuk menempuh pendidikan, meski nilai UTBK bukanlah patokan pasti. Mulai dari SMA Pradita Dirgantara hingga SMAS Taruna Nusantara, setiap sekolah di atas memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing.

Baca Juga: Top 10 SMA/MA dengan Nilai UTBK Tertinggi di Indonesia, Mayoritas di Jakarta

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Tanpa RK, Siapa yang Memimpin Elektabilitas Gubernur Jabar?

Tanpa RK, ini dia elektabilitas dari Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Siapa yang tertinggi?

Intip Besaran Bonus dari Pemerintah untuk Atlet Paralimpiade Paris 2024

Prestasi ini bukan hanya kemenangan bagi para atlet, tetapi juga kemenangan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook