10 SMA Terbaik di Indonesia Tahun 2021 Versi LTMPT

LTMPT merangkum 1.000 SMA terbaik yang penilaiannya didasarkan pada nilai rata-rata UTBK siswa di sekolah tersebut.

10 SMA Terbaik di Indonesia Tahun 2021 Versi LTMPT Potret lingkungan MAN Insan Cendekia Serpong yang menjadi SMA terbaik di Indonesia 2021 versi LTMPT | Dok. MAN Insan Cendekia Serpong

Berbicara mengenai pendidikan, pasti kita semua tidak asing dengan fungsi sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan untuk membentuk karakter manusia yang unggul. Oleh karenanya, proses pendidikan yang diselenggarakan sekolah diharapkan dapat memiliki kualitas yang unggul pula agar segala tujuan pendidikan dapat berjalan secara optimal.

Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkatnya merupakan salah satu jenjang pendidikan terakhir yang berlaku di Indonesia sebelum menempuh ke dimensi pendidikan selanjutnya, yakni universitas atau setingkatnya. Bersekolah di SMA favorit tentu menjadi impian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sebab, sekolah favorit tidak hanya memiliki sumber daya fasilitas yang lebih lengkap saja dibanding sekolah lainnya, tetapi juga sumber daya manusia yang kompetitif sehingga tercipta iklim pendidikan yang sehat dan unggul.Sumber daya manusia yang lebih unggul juga dapat mendorong para siswanya untuk lebih kompetitif dalam menggapai jenjang pendidikan selanjutnya yang diimpikan, yakni universitas atau setingkatnya.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai institusi yang bertugas dalam penyelenggaraan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merangkum 1.000 SMA terbaik yang penilaiannya didasarkan pada nilai rata-rata UTBK siswa di sekolah tersebut.

UTBK adalah kependekan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer serta merupakan salah satu syarat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Meski pada tahun ini UTBK baru saja selesai dilaksanakan, tetapi data terbaru yang tercantum pada LTMPT masih didasarkan pada penyelenggaraan UTBK 2021. Lalu, sekolah mana saja yang masuk ke dalam peringkat 10 besar nasional?

10 SMA terbaik di Indonesia versi LTMPT 2021 | GoodStats

1. MAN Insan Cendekia Serpong

Lingkungan MAN Insan Cendekia Serpong | Kementerian Agama

Sekolah yang berlokasi di Serpong, Tangerang Selatan ini menjadi satu-satunya sekolah berstatus Madrasah Aliyah Negeri yang masuk ke dalam peringkat 10 besar mengungguli sekolah-sekolah lainnya. Selain itu, sekolah ini juga menjadi sekolah asal Provinsi Banten satu-satunya yang masuk ke dalam peringkat 10 besar.

Nilai rerata total UTBK 2021 para siswa MAN Insan Cendekia Serpong adalah 637,807. Tak hanya menjadi yang tertinggi di Indonesia, angka ini juga membawa sekolah tersebut naik satu peringkat dari pemeringkatan di tahun 2020 yang berada di posisi dua nasional.

2. SMAN Unggulan M.H. Thamrin

Papan keterangan SMAN Unggulan M.H. Thamrin | Pintek

Sekolah yang pada tahun sebelumnya menduduki posisi pertama ini memiliki nilai rerata UTBK total 635,675. Secara statistik per rumpun, total nilai TKA Saintek SMANU M.H. Thamrin berada di angka 651,639 dan 621,466 untuk rumpun soshum. Sementara nilai total Tes Potensi Skolastik (TPS) seluruh siswa berada di angka 683,340.

3. SMAN 8 Jakarta

Halaman SMAN 8 Jakarta | ANTARA

Menjadi peringkat dua terbaik se-Provinsi DKI Jakarta, SMAN 8 Jakarta memiliki nilai rerata UTBK total 630,860. Angka ini membawa sekolah tersebut naik satu peringkat dari pemeringkatan sekolah terbaik pada tahun sebelumnya yang menduduki posisi empat nasional. Tak hanya itu, nilai TPS para siswa di sekolah ini juga menjadi yang terbaik ketiga di Indonesia dengan angka 670,716.

4. SMAS Unggul Del

SMA Unggul Del didirikan oleh Yayasan Del pada 2011 lalu | Kemendikbud

SMAS Unggul Del menjadi satu-satunya sekolah di luar Pulau Jawa yang masuk ke dalam posisi 10 besar SMA terbaik di Indonesia. Sekolah ini memiliki nilai rerata UTBK total di angka 630,177. Meskipun begitu, sekolah yang berdomisili di Kabupaten Toba Samosir ini mengalami penurunan peringkat dari tahun sebelumnya yang berada di posisi tiga besar.

5. SMAS BPK 1 Penabur Bandung

Tampak depan SMA 1 BPK Penabur Bandung | BPK Penabur

Sekolah yang menjadi SMA terbaik di Provinsi Jawa Barat ini berada di posisi lima dengan nilai rerata UTBK total di angka 618,415. Sekolah yang berdomisili di Kota Bandung ini naik dua peringkat dari pemeringkatan di tahun sebelumnya yang berada di angka tujuh. Yang menjadi unggulan dari nilai UTBK di sekolah ini ada pada bagian TKA Saintek dengan nilai rerata 640,096.

6. SMAS 1 Kristen BPK Penabur

Potret gedung SMAS 1 Kristen BPK Penabur Jakarta | Suara Kristen

Berhasil mempertahankan peringkatnya, SMAS 1 Kristen BPK Penabur menjadi sekolah terbaik keenam nasional sekaligus terbaik ketiga di Provinsi DKI Jakarta. Sekolah yang berdomisili di Jakarta Barat ini memiliki nilai rerata UTBK total di angka 617,214. Salah satu poin yang unggul dari nilai UTBK sekolah ini ada pada bagian TPS yang memiliki nilai rerata di angka 646,351.

7. SMAN 3 Yogyakarta

Bangunan SMAN 3 Yogyakarta merupakan salah satu cagar budaya di Yogyakarta | BPCB DIY

SMAN 4 Yogyakarta menjadi sekolah terbaik ketujuh nasional dan terbaik pertama di Provinsi D.I. Yogyakarta dengan nilai rerata UTBK total di angka 616,584. Angka ini turut membawa sekolah yang cukup melegenda di Yogyakarta ini naik lima peringkat dari posisi 12 di tahun sebelumnya.

8. SMAN 5 Surabaya

Halaman depan SMAN 5 Surabaya | Esti Widiyana/Detik

Berbeda dengan SMAN 3 Yogyakarta, penurunan peringkat justru dialami oleh SMAN 5 Surabaya yang pada tahun ini turun peringkat ke posisi delapan nasional. Meskipun begitu, sekolah ini masih menjadi SMA terbaik di Provinsi Jawa Timur dengan nilai rerata UTBK total di angka 615,600.

9. SMAN 28 Jakarta

Potret siswa-siswi SMAN 28 Jakarta di halaman sekolahnya | Trax

SMA yang berdomisili di Jakarta Selatan ini memiliki nilai rerata UTBK total di angka 611,727 sekaligus membawanya ke posisi sembilan atau naik empat peringkat dari tahun sebelumnya. Yang menjadi unggulan dari nilai UTBK para siswa di sekolah ini ada pada nilai rumpun soshum yang memiliki total nilai 658,037 atau berada di ranking lima terbaik nasional.

10. SMAN 1 Yogyakarta

Halaman depan SMAN 1 Yogyakarta | Heri Susanto/Detik

Sekolah terbaik kedua di Provinsi D.I. Yogyakarta ini memiliki nilai rerata UTBK total di angka 609,308. Angka ini menjadikannya turun satu peringkat dari pemeringkatan tahun lalu yang berada di posisi sembilan nasional. Namun, nilai rerata TKA Soshum para siswa sekolah ini menjadi yang terbaik kesembilan se-Indonesia dengan nilai 654,491.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Apa Pendapat Publik Soal Putusan MK Atas Sengketa Pemilu 2024?

Dalam beberapa survei, opini publik soal sengketa Pemilu 2024 menunjukkan keberagaman. Salah satu latar belakang yang berpengaruh adalah pilihan di Pemilu lalu.

Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria

Tidak hanya wanita, skincare dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk laki-laki. Bahkan penggunaan skincare justru lebih dibutuhkan oleh laki-laki.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X