10 Negara Jaringan 5G Tercepat, Tiga Diantaranya ASEAN!

Malaysia menjadi negara yang memiliki jaringan 5G tercepat dengan 512,1 Mbps, kalahkan Korea Selatan

10 Negara Jaringan 5G Tercepat, Tiga Diantaranya ASEAN! Ilustrasi teknisi melakukan kontrol pada tower telekomunikasi | chalermphon_tiam

Perusahaan riset internet asal Kalispell, Montana, Amerika Serikat bernama Ookla mencatat sejumlah negara yang memiliki kecepatan jaringan internet 5G paling cepat di dunia.

Dilansir dari Detikjabar, Korea Selatan menjadi negara yang mempelopori peluncuran layanan 5G sejak April 2019. Meskipun menjadi pelopor, nyatanya saat ini bukanlah Korea Selatan yang memiliki jaringan 5G tercepat di dunia.

10 negara jaringan 5G tercepat | Goodstats

Dari data di atas, terlihat bahwa Malaysia menempati posisi pertama sebagai negara dengan jaringan 5G tercepat di dunia saat ini. Perusahaan yang meluncurkan fitur speedtest ini mencatat bahwa kecepatan unduhan 5G di Negeri Jiran ini mencapai 512 Mbps.

“Pencapaian yang mengesankan bagi Malaysia yang meluncurkan 5G pada 3,5 tahun setelah Korea Selatan dan kini telah menyusul mereka dalam kinerja,” tulis Ookla dikutip dari Detikjabar pada Senin (31/7).

Dalam laporannya, Ookla menulis bahwa Pemerintah Malaysia dalam perencanaan penerapan 5G memakai pendekatan jaringan grosir tunggal nasional (SWN).

Tak hanya itu, pada 2021 Malaysia juga turut mendirikan Digital Nasional Berhad (DNB) guna pembangunan serta pengoperasian infrastruktur jaringan 5G serta penyediaan layanan 5G untuk operator jaringan seluler dengan harga grosir.

Menurut catatan DNB, jaringan 5G di Malaysia dapat dinikmati 90% pada area padat penduduk di semua wilayah Kuala Lumpur pada akhir tahun lalu. 

Meski begitu, mengacu pada laporan Ookla jika dilihat dari tingkat adopsi, pada kuartal 2 tahun 2023 ini jaringan 5G hanya dapat terkoneksi sebanyak 3,7% di seluruh wilayah Malaysia.

Berbanding terbalik dengan Korea Selatan yang berada di posisi dua dengan kecepatan unduhannya mencapai 503,99 Mbps namun performa konektivitas jaringan 5G di Negeri Gingseng tersebut sebesar 47,8%.

Dari laporan Ookla ini, diketahui pula ada dua negara lain di Asia Tenggara yang turut masuk dalam daftar kepemilikan jaringan 5G tercepat yakni Singapura dengan 387,15 Mbps serta Thailand 161,15 Mbps.

Mengutip CNNIndonesia, Asia Pasifik memang disebut sebagai pasar empuk bagi 5G. Hal ini dapat terlihat dari daftar negara yang memiliki jaringan 5G tercepat, sebagian besar diisi oleh nama-nama negara yang berada di Kawasan Asia Pasifik

Bahkan dalam daftar tersebut, hanya ada satu negara di Kawasan Eropa yang berhasil masuk dalam jajaran negara dengan jaringan 5G tercepat, yakni Prancis dengan 214,26 Mbps.

Mengutip CNNIndonesia, beberapa negara seperti Jerman, Italia, Inggris, serta Spanyol  bahkan kecepatan 5G nya masih berada di bawah 150 Mbps.

Tidak seperti negara-negara tetangganya, Indonesia nyatanya belum masuk dalam daftar negara dengan jaringan 5G tercepat meskipun lebih dulu meluncurkan jaringan 5G dibandingkan Malaysia.

Selain itu, jaringan 5G di Indonesia saat ini hanya tersedia di beberapa kota besar seperti Jakarta, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, DI Yogyakarta, Makassar, Batam, Denpasar, Balikpapan, serta Pudu.

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Editor

Konten Terkait

Hanya Dua dari Tiga Penduduk Dunia Terkoneksi Internet

Terdapat 5,35 miliar pengguna internet di seluruh dunia, yang berarti masih ada 34% penduduk dunia yang belum terkoneksi internet.

Mencicil Pemerataan Internet untuk Indonesia Maju 2045

Pemerataan internet masih jadi persoalan, Indonesia terus ciptakan upaya untuk capai Indonesia Maju 2045.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook