10 Negara dengan Cadangan Minyak Terbesar 2023

Venezuela menjadi negara dengan cadangan minyak terbesar per 2023, jumlahnya mencapai 303,01 miliar barel.

10 Negara dengan Cadangan Minyak Terbesar 2023 Ilustrasi Barel Minyak | SafeRack

Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) menyebutkan bahwa cadangan minyak dunia mencapai 1,57 triliun barel pada tahun 2023, 67,3% berasal dari Timur Tengah. Jumlahnya mengalami kenaikan tipis dari tahun 2022 yang sebesar 1,56 triliun barel. Sebanyak 79,1% atau sekitar 1,24 triliun barel di antaranya diproduksi oleh negara-negara anggota OPEC, sedangkan sisanya berasal dari negara luar OPEC.

Adapun OPEC awalnya hanya beranggotakan 5 negara, yakni Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi, dan Venezuela. Beberapa tahun berikutnya, negara lain turut bergabung, mulai dari Qatar, Indonesia Libya, Uni Emirat Arab, Algeria, Nigeria, Ekuador, Gabon, Angola, Equatorial Guinea, dan terbaru Kongo. Indonesia sendiri bergabung pada tahun 1962 silam.

Cadangan Minyak Terbesar

Venezuela menjadi negara dengan cadangan minyak terbesar per 2023, jumlahnya mencapai 303,01 miliar barel | GoodStats
Venezuela menjadi negara dengan cadangan minyak terbesar per 2023, jumlahnya mencapai 303,01 miliar barel | GoodStats

Venezuela menjadi negara dengan cadangan minyak terbesar pada 2023, mencapai 303,01 miliar barel atau setara dengan 19% dari cadangan global. Indonesia pada awal tahun ini menjalin kerja sama dengan Venezuela dalam rangka meningkatkan perekonomian dan peluang usaha, terutama di bidang minyak dan gas.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Y.M. Arifin Tasrif dan Menteri Perminyakan Venezuela Pedo Rafael Tellechea telah menandatangani MoU kerja sama bilateral di Kantor Pusat Petróleos de Venezuela, S.A (PDVSA) di La Campiña (25/1/2024).

“Indonesia ingin meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dengan Venezuela, yang juga dapat meningkatkan Kerja Sama Selatan-Selatan. Energi memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian. Oleh karena itu, kami mencatat bahwa kedua negara dapat berbagi peluang bisnis yang memungkinkan di sektor energi, terutama di bidang minyak dan gas," tutur Arifin, mengutip laman Kementerian Luar Negeri

Setelah Venezuela, Arab Saudi bertengger di urutan kedua dengan cadangan minyak sebesar 267,23 miliar barel, setara dengan 17% dari cadangan dunia. Iran menduduki posisi ketiga dengan 208,6 miliar barel, disusul Irak dengan 145,02 miliar barel, Uni Emirat Arab dengan 113 miliar barel, dan Kuwait dengan 101,5 miliar barel.

Sementara itu, Indonesia tercatat memiliki cadangan minyak sebesar 2,27 miliar barel, membuatnya duduk di posisi ke-29 dengan kontribusi sebesar 0,1% terhadap total cadangan global. Barel sendiri merupakan satuan untuk mengukur banyaknya minyak di dunia. 1 barel setara dengan 159 liter minyak.

Baca Juga: Tak Kunjung Turun, Inilah Harga Minyak Goreng Juli 2024

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Negara dengan Miliarder Wanita Terbanyak 2024

Amerika Serikat menjadi negara dengan miliarder wanita terbanyak, mencapai 98 orang di 2024. Alice Walton merupakan wanita terkaya di negara tersebut.

Adopsi Kripto Indonesia Ketiga Terbaik di Dunia

Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat adopsi kripto terbaik 2024, bertengger di posisi ketiga global dengan skor 0,68 poin.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook