10 Mal Terbesar di Dunia, Berapa Luasnya?

Worldatlas merangkum daftar mal-mal terbesar di dunia yang memiliki luas area sangat besar mencapai ratusan ribu m2 bahkan hingga 1 juta m2.

10 Mal Terbesar di Dunia, Berapa Luasnya? Potret salah satu mal | Viktor Bystrov/Unsplash

Mal tidak lagi hanya dianggap sebagai bangunan berisi toko-toko tempat membeli kebutuhan pribadi. Mal kini telah menjadi pusat gaya hidup dalam berbelanja dan juga menjadi tempat bagi banyak orang menghabiskan waktu serta mencari hiburan bersama keluarga maupun kerabat lainnya.

Menawarkan konsep one-stop shopping, mal berkembang menjadi bangunan yang sangat besar dengan berbagai jenis gerai di dalamnya seperti bioskop, supermarket, toko barang mewah, restoran, arena hiburan, dan masih banyak lagi.

Mengutip dari Worldatlas, budaya mal yang besar menjadi ciri khas dari banyak negara. Semakin besar luas mal dianggap semakin baik sebab memungkinkan lebih banyak pelanggan untuk berdatangan.

Uniknya, mal-mal terbesar di dunia ternyata didominasi dari negara-negara di Asia. Luas dari mal-mal terbesar ini pun tidak tanggung-tanggung sanggup mencapai ratusan ribu meter persegi (m2) bahkan yang terbesar berhasil menyentuh lebih dari 1 juta m2.

1. Iran Mall

Iran Mall berhasil menduduki peringkat pertama mal terbesar di dunia dengan luas mencapai 1.450.000 m2. Terletak di Tehran, Iran, mal terbesar di dunia ini telah beroperasi sejak tahun 2018.

Lebih dari 1.200 kontraktor dan 25.000 pekerja dilibatkan dalam pembangunan Iran Mall. Saat ini, sekitar 700 toko beroperasi dalam mal yang dimiliki oleh Ayandeh Bank. Iran Mall dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan hiburan yang sangat komplit seperti hotel, bioskop multiplex, gelanggang es, arena bowling, hingga taman-taman yang terletak di berbagai titik dalam mal.

2. South China Mall

Posisi ke-2 diraih oleh South China Mall (Huá nán Mall) yang memiliki luas sebesar 659.612 m2. Mal satu ini terletak di daerah Dongguan, China dan telah berdiri sejak tahun 2005.

Awalnya mal ini sempat dijuluki sebagai ghost mall lantaran banyak memiliki area kosong. Hanya sekitar kurang dari 10 persen area mal ini ditempati oleh gerai atau toko dan hal tersebut berlangsung selama lebih dari 1 dekade. Mal terbesar di China ini akhirnya direnovasi secara besar-besaran dengan konsep yang lebih modern dan berhasil menarik berbagai merchant untuk bergabung di dalamnya dengan fokus menargetkan pasar kelas menengah.

3. SM Mall of Asia

Beralih ke posisi ke-3 mal terbesar di dunia berhasil diraih oleh SM Mall of Asia yang berlokasi di Pasay, Filipina. Adapun luas dari mal ini mencapai 589.891 m2 yang sekaligus berhasil menjadikannya mal terbesar di kawasan Asia Tenggara.

SM Mall of Asia resmi beroperasi sejak 21 Mei 2006 di bawah manajemen SM Prime Holdings. Total gerai yang beroperasi di mal ini terhitung sekitar 663 toko termasuk dengan 217 tempat makan di dalamnya.

4. SM Tianjin

Mal yang masih satu grup dengan SM Supermalls, SM Tianjin menduduki posisi ke-4 dengan total luas mal sebesar 565.000 m2. Seperti namanya, mal ini terletak di daerah Tianjin yang merupakan salah satu wilayah industrial terbaik di China. SM Tianjin mulai beroperasi sejak Desember 2016.

5. Golden Resources Mall

Posisi ke-5 kembali diraih oleh Mal asal China, Golden Resources Mall yang terletak di ibu kota Beijing tepatnya di distrik Haidian. Mal ini memiliki luas sebesar 557.419 m2 dan telah beroperasi sejak tahun 2004. Saat ini, lebih dari 1.000 toko beroperasi di dalam mal ini.

6. Central Plaza Westgate

Beralih lagi ke wilayah Asia Tenggara, mal yang terletak di Nonthaburi, Thailand yakni Central Plaza Westgate berhasil mengamankan posisi ke-6 mal terbesar di dunia. Adapun luas dari mal ini mencapai 550.278 m2. Mal ini telah beroperasi sejak 28 Agustus 2015 dan memiliki lebih dari 1.000 toko beroperasi.

7. CentralWorld

Lagi-lagi dari Thailand, CentralWorld berhasil menempati posisi ke-7 mal terbesar di dunia dengan luas sebesar 525.000 m2. CentralWorld terletak di ibu kota Bangkok yang dikembangkan oleh Central Pattana di bawah manajemen Patcharin Apirukworawut.

Mal ini telah beroperasi sejak 7 April 1990 dengan nama World Trade Center yang kemudian pada 18 Juni 2001 berubah nama menjadi CentralWorld. Mal ini memiliki 495 toko yang beroperasi di dalamnya.

8. Iconsiam

Masih dari Bangkok, Thailand, Iconsiam menempati posisi ke-8 mal terbesar di dunia dengan luas sebesar 525.000 m2.  Iconsiam resmi dibuka untuk publik pada 9 November 2018 dengan tinggi bangunan mencapai 10 lantai.

9. Mall of America

Beralih ke negeri Paman Sam, Mall of America berada di posisi ke-9 dengan luas mal sebesar 520.257 m2. Mal yang terletak di Mineeapolis, Amerika Serikat ini telah beroperasi sejak 11 Agustus 1992 dengan total sekitar 520 toko beroperasi di dalamnya.

10. 1 Utama

Mal yang terletak di Petaling Jaya, Malaysia yakni 1 Utama meraih posisi ke-10 mal terbesar di dunia dengan luas sebesar 519.328 m2. Dibuka sejak September 1995 lalu, 1 Utama memiliki 713 toko beroperasi hingga saat ini.

Sementara itu, Indonesia sendiri memiliki beberapa mal besar yang berdiri di atasnya. Beberapa di antaranya mayoritas berada di Surabaya dan Jakarta, selain itu juga terletak di DI Yogyakarta, Bandung, dan Bali.

Beberapa mal terbesar di Indonesia di antaranya ialah Pakuwon Mall, Tunjungan Plaza, Summarecon Kelapa Gading, Grand Indonesia, Mall Taman Anggrek, Central Park, Hartono Mall, Paris Van Java Mall, Beachwalk Shopiing Mall, dan Senayan City.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Bukan Emas, Ternyata Ini Logam Termahal di Dunia
Artikel Selanjutnya Forbes Rilis Daftar Bank Terbaik di Indonesia, Siapa di Puncak?
Konten Terkait