10 Jurusan Paling Tidak Disesali Lulusan Perguruan Tinggi 2022

Berdasarkan hasil survei ZipRecruiter, jurusan di ranah kuantitatif cenderung jarang disesali oleh para lulusan perguruan tinggi yang tengah mencari pekerjaan.

10 Jurusan Paling Tidak Disesali Lulusan Perguruan Tinggi 2022 Ilustrasi lulusan perguruan tinggi | Nirat.pix/Shutterstock

Perusahaan ZipRecruiter baru-baru ini melakukan survei terhadap ribuan lulusan perguruan tinggi di dunia yang tengah mencari pekerjaan. Beberapa jurusan kuliah memperoleh tanggapan serta penilaian yang positif dari responden. Mereka menyatakan tidak menyesal dengan jurusan yang mereka pilih saat kuliah.

Berdasarkan hasil survei, jurusan IT dan kriminologi menempati peringkat teratas jurusan yang paling tidak disesali oleh para lulusan perguruan tinggi pada tahun 2022. Adapun sebesar 72 persen responden mengungkapkan bahwa mereka akan memilih jurusan yang sama lagi apabila mereka diharuskan berkuliah lagi.

10 jurusan kuliah paling tidak disesali lulusan perguruan tinggi tahun 2022 | GoodStats

Berikutnya, jurusan teknik berhasil menempati posisi ke-3 dari daftar jurusan kuliah yang paling tidak disesali oleh lulusan perguruan tinggi. Sebesar 71 persen responden mengungkapkan bahwa mereka tidak menyesal mengambil jurusan teknik.

Jurusan keperawatan berada di posisi ke-4 dengan raihan sebesar 69 persen responden pada tahun 2022. Menyusul di posisi berikutnya, jurusan kesehatan berhasil menempati posisi ke-5 dengan 67 persen responden menyatakan mereka akan mengambil jurusan yang sama jika diminta untuk berkuliah kembali.

Kemudian secara berurutan di posisi ke-6 hingga ke-10 diraih oleh jurusan administrasi dan manajemen bisnis (66 persen), keuangan (66 persen), psikologi (65 persen), konstruksi dan perdagangan (65 persen), serta manajemen sumber daya manusia (58 persen).

Di samping itu, hasil survei mengungkapkan bahwa jurusan di ranah kuantitatif cenderung jarang disesali oleh para lulusan perguruan tinggi di dunia. Para lulusan baru yang tengah mencari pekerjaan memiliki persepsi bahwa jurusan kuliah sangat berpengaruh terhadap prospek pekerjaan di masa depan.

Lebih lanjut, jurusan IT cenderung sangat diminati di berbagai industri, mulai dari sains, teknologi, konsultasi, hingga manajemen. Ranah pekerjaan di sektor IT umumnya menawarkan gaji yang tinggi dengan rata-rata hampir 100 ribu dolar AS menurut data BLS.

Dalam setiap bidang, responden yang dibayar tinggi untuk pekerjaan mereka cenderung lebih menyukai dan tidak menyesali jurusan yang mereka ambil saat berkuliah.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Prosesor Komputer dengan Skor Multi-Core Tertinggi di Tahun 2022 Versi Geekbench
Artikel Selanjutnya 10 Jurusan Paling Disesali Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah 2022
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook