10 Gim Paling Banyak Diunduh di Dunia 2021

Gim jadi salah satu sumber hiburan favorit untuk menghilangkan penat. Adapun jumlah unduhan gim online terbanyak di dunia capai ratusan juta sepanjang 2021.

10 Gim Paling Banyak Diunduh di Dunia 2021 Tampilan gim online di smartphone | Onur Binay/Unsplash

Siapa yang tidak gemar bermain gim? Salah satu sumber hiburan yang dapat menghilangkan penat setelah bekerja maupun menjalani aktivitas berat lainnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai jenis gim online di smartphone terus bermunculan dengan ragam variasi.

Perusahaan analitik Apptopia kembali merilis laporan data gim paling banyak diunduh di dunia sepanjang tahun 2021. Adapun total unduhan diperoleh dari data gabungan di perangkat iOS (App Store) dan Android (Google Play Store).

Hasilnya pun tidak tanggung-tanggung mencapai ratusan juta unduhan dalam kurun waktu 1 tahun. Beberapa di antaranya bahkan baru dirilis pada tahun 2021 lalu. Lantas, gim apa sajakah yang masuk dalam daftar pengunduh terbanyak?

Gim online paling banyak diunduh di dunia pada tahun 2021 | GoodStats

1. Subway Surfers

Subway Surfers berhasil mencatatkan rekor sebagai gim paling banyak diunduh di dunia pada tahun 2021 dengan total sebanyak 191 juta unduhan. Gim bertajuk single player video game ini menantang pemainnya untuk berlari melalui berbagai rintangan agar tidak tertangkap oleh inspektur dan anjingnya.

Dirilis sejak 23 Mei 2012, gim ini dikembangkan di bawah naungan Kiloo dan SYBO Games. Gim ini dapat diakses dalam beberapa platform di antaranya perangkat Android, iOS, Microsoft Windows, macOS, Windows Phone, dan sebagainya.

Namun di sisi lain, jumlah unduhan gim ini mengalami penurunan sebesar 15,9 persen bila dibandingkan secara year-on-year (YoY) dengan tahun sebelumnya.

2. Roblox

Roblox menduduki posisi ke-2 dengan total 182 juta unduhan sepanjang tahun 2021. Adapun persentase ini mengalami peningkatan sebesar 15 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Roblox sendiri merupakan platform gim online yang memungkinkan pengguna membuat program gim sendiri serta memainkan gim yang dibuat oleh pengguna lainnya. Didirikan oleh David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004, Roblox menawarkan berbagai jenis gim seperti gim balap, permainan peran, simulasi, dan sebagainya.

Roblox resmi dirilis pada 1 September 2006, pertama kali diperuntukkan untuk penggunaan di personal computer (PC). Platform ini kemudian semakin berkembang dan melebarkan sayapnya ke perangkat iOS pada tahun 2012 dan Android pada tahun 2014.

3. Bridge Race

Posisi ke-3 diraih oleh Bridge Race dengan total unduhan sebanyak 169 juta kali. Gim balap dengan membangun jembatan ini baru saja dirilis pada tahun 2021 di bawah naungan perusahaan Supersonic Studios LTD.

Kehadiran gim Bridge Race berhasil meraup antusias cukup besar dari masyarakat di beberapa negara seperti India serta Amerika Serikat.

4. Garena Free Fire – New Age

Gim yang sering disebut dengan singkatan FF ini berhasil memperoleh posisi ke-4 dengan total 154 juta unduhan sepanjang tahun 2021. Meskipun demikian, persentase ini menurun sebesar 29,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

FF merupakan permainan battle royale besutan 111 Dots Studio yang kemudian diterbitkan di bawah naungan Garena pada 30 September 2017 lalu. Gim mode survival ini dapat dimainkan secara solo maupun multiplayer, di mana masing-masing pemain harus mempertahankan diri dan menumbangkan lawan dengan senjata di arena.

5. Among Us

Gim yang memperoleh puncak popularitasnya pada masa awal pandemi Covid-19 ini berhasil meraih posisi ke-5 gim paling banyak diunduh sepanjang tahun 2021 dengan total 152 juta unduhan. Namun, persentasenya turun cukup signifikan sebesar 42,4 persen dibandingkan dengan tahun 2020.

Among Us dirilis pada 15 Juni 2018 di bawah naungan Innersloth. Gim berbasis multiplayer ini mengombinasikan kerja sama kelompok dengan pengkhianatan yang terinspirasi dari gim multiplayer Mafia serta film sains fiksi horror berjudul The Thing.

6. Hair Challenge

Pendatang baru gim Hair Challenge berhasil meraih posisi ke-6 dengan total 138 juta unduhan. Sama seperti Bridge Race, gim Hair Challenge baru saja dirilis pada tahun 2021 lalu.

Berdiri di bawah naungan Rollic Games, gim ini menantang pemainnya untuk berlari melewati berbagai rintangan sembari menumbuhkan rambut sepanjang mungkin.

7. Join Clash

Join Clash menempati posisi ke-7 dengan total 136 juta unduhan. Pertumbuhannya mengalami penurunan sebesar 8,7 persen dibandingkan secara YoY dengan tahun sebelumnya.

Gim bertajuk survival run nampaknya memang menjadi favorit banyak kalangan masyarakat di dunia. Sama seperti beberapa gim dengan mode yang sama sebelumnya, Join Clash menantang pemainnya untuk dapat berlari sembari mengumpulkan pasukan sebanyak mungkin. Usia gim ini pun masih sangat muda sebab baru dirilis pada tahun 2020 lalu.

8. 8 Ball Pool

Gim yang sudah berusia lebih dari 1 dekade, 8 Ball Pool meraih posisi ke-8 dengan total 130 juta unduhan. Gim ini berhasil tumbuh sebesar 4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dirilis di bawah naungan Miniclip, 8 Ball Pool yang merupakan permainan billiard online ini dapat dimainkan di beberapa platform seperti perangkat iOS, Android, maupun web browser.

9. Ludo King

Permainan Ludo online, Ludo King berhasil meraih posisi ke-9 dengan total 125 juta unduhan. Jumlah unduhan gim ini meningkat sebesar 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Ludo King mewujudkan permainan papan tradisional Ludo menjadi gim yang dapat dimainkan bersama orang lain secara online dengan bermodalkan smartphone. Ludo King dikembangkan oleh Indian Studio Gametion Technologies Pvt Ltd yang berbasis di Mumbai, India.

10. Candy Crush Saga

Candy Crush Saga kini berhasil menduduki posisi ke-10 gim paling banyak diunduh di dunia pada tahun 2021 dengan total 119 juta unduhan. Jumlah unduhan gim ini sedikit mengalami penurunan sebesar 1,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Permainan mencocokkan puzzle ini dirilis pada 12 April 2012 di bawah naungan King. Bermula dari gim di Facebook, kini Candy Crush Saga telah melebarkan sayapnya ke berbagai platform termasuk perangkat iOS dan Android.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Jumlah Mahasiswa Indonesia Kian Meningkat Tiap Tahun
Artikel Selanjutnya Apa Saja Aplikasi Belanja Sayur Favorit Masyarakat Indonesia?
Konten Terkait