Wajib Dikunjungi, Ini 7 Kota dengan Suhu Terdingin di Indonesia

Bukan di Eropa, berikut 7 kota dengan suhu terdingin di Indonesia untuk berwisata saat musim panas.

Wajib Dikunjungi, Ini 7 Kota dengan Suhu Terdingin di Indonesia Keindahan kawasan Ciwidey | Shutterstock

Sebagai negara yang memiliki iklim tropis, pembagian musim di Indonesia hanya dibagi menjadi dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Dengan rata-rata suhu normal kisaran 20-30 derajat Celcius, suhu di Indonesia memang tak pernah mencapai suhu dingin seperti di negara-negara yang berada di iklim dingin. Namun, terdapat beberapa kota di Indonesia yang memiliki suhu dingin hingga di bawah rata-rata.

Berikut 7 kota dari berbagai provinsi yang dinilai memiliki suhu terdingin di Indonesia:

1. Mulia, Papua Tengah

Keindahan Kota Mulia, Kabupaten Puncak Jayawijaya | hype.grid.id

Daerah terdingin di Indonesia adalah Kota Mulia di Kabupaten Puncak Jayawijaya, Provinsi Papua. Secara geografis Kota Mulia terletak pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan yang hampir terjadi sepanjang tahun.

Kota Mulia merupakan satu-satunya kawasan berpenghuni yang ketinggiannya dikelilingi pegunungan Jayawijaya yang juga merupakan puncak tertinggi pertama di Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Suhu dingin di kawasan ini bisa mencapai 9 derajat Celcius hingga mencapai titik beku.

2. Waghete, Papua Tengah

Keindahan Kota Waghete, Kabupaten Deiya | Wisato

Daerah terdingin di Indonesia berikutnya masih ada di Papua, tepatnya di Kota Waghete yang terletak di Kabupaten Deiya. Waghete berada di dataran tinggi kisaran 1.700 mdpl dengan suhu dingin mencapai 15 derajat Celcius pada siang hari dan terus menurun pada malam hari, bahkan bisa mencapai 10 derajat Celcius.

3. Mamasa, Sulawesi Barat

Keindahan Kota Mamasa, Sulawesi Barat | Berita Daerah

Daerah terdingin di Indonesia selanjutnya ada di Sulawesi Barat, tepatnya di kota Mamasa. Berada di ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut. Kota Mamasa tak hanya menyuguhkan pemandangan indah, tapi juga udara sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat Celcius. Nuansa sejuk semakin terasa di kawasan agrowisata dan kampung adat kota Mamasa.

Adapun suhu tertinggi di kota ini hanya mencapai 26 derajat Celcius, dan suhu terendah yang pernah tercatat di wilayah ini, yakni mencapai 16 derajat Celcius.

4. Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Keindahan Kawasan Ruteng, Nusa Tenggara Timur | dreamstime.com

Ruteng, Nusa Tenggara Timur, sering disebut sebagai Praha-nya Indonesia, karena banyak terdapat bangunan dengan desain modern dengan pemandangan yang sangat indah di tengah kawasan yang tingginya mencapai 1200 meter di atas permukaan laut ini.

Suhu rata-rata harian di Ruteng adalah sekitar 25 derajat Celcius. Namun, suhu terdingin di Ruteng pernah mencapai 10 derajat Celcius.

5. Batu, Jawa Timur

Keindahan Kota Batu, Jawa Timur | Wisato

Kota Batu terletak di Malang, provinsi Jawa Timur, dengan ketinggian 700 hingga 1.700 meter di atas permukaan air laut. Kota ini menjadi salah satu tempat yang memiliki suhu atau temperatur terdingin di pulau Jawa.

Suhu terdingin yang pernah tercatat di Kota Batu mencapai 13 derajat Celcius. Kota ini juga sangat populer sebagai tempat wisata bahkan sejak zaman Hindia Belanda. Bahkan orang-orang Belanda pada zaman itu menyebut kota ini sebagai de Kleine Zwitserland atau yang berarti Swiss Kecil.

6. Ciwidey, Jawa Barat

Keindahan kawasan Ciwidey, Jawa Barat | Shutterstock

Dari pagi hingga malam, Ciwidey memang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan suhunya yang dingin. Kawasan Ciwidey berada di ketinggian 1.200 mdpl dengan rata-rata suhu udara mencapai 13 derajat Celcius.

Selain atmosfer yang menyejukkan, kota terdingin di Indonesia ini juga terkenal akan pemandangan alamnya yang mempesona. Bahkan menjadi salah satu tujuan wisata teramai di Jawa Barat.

7. Berastagi, Sumatera Utara

Keindahan kawasan Berastagi, Sumatera Utara | Klook

Bergeser ke Sumatera bagian Utara, daerah terdingin selanjutnya di Indonesia adalah Berastagi. Kawasan yang terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, Sumatera Utara, ini termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Karo dan berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. 

Suhu udara rata-rata seringkali di bawah 20 derajat Celcius. Kondisi geografis Berastagi yang terletak di daerah Pegunungan Barisan, membuat suhu tahunan rata-rata kota terdingin di Indonesia satu ini mencapai 18 derajat Celcius dengan suhu terdingin mencapai 9 derajat Celcius, terutama pada saat memasuki musim hujan.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

7 Kota Indonesia Ini Punya Julukannya Sendiri, Unik dan Sarat Akan Makna!

Dari kota seribu benteng hingga kota khatulistiwa, ini 7 kota Indonesia yang punya julukan uniknya sendiri.

Wisata Benteng Tertua di Indonesia, Ada yang Umurnya Ribuan Tahun!

Selain situs-situs prasasti dan kerajaan, benteng peninggalan sejarah juga dapat menjadi pilihan untuk wisata sambil belajar.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook