Update Ranking FIFA ASEAN, Indonesia Tetap Bertahan, Thailand Tembus 100 Besar

Meskipun lolos ke putaran ketiga, Indonesia tetap di peringkat 134 dengan 1.108,99 poin, sementara Thailand berhasil masuk 100 besar dengan 1.218,56 poin.

Update Ranking FIFA ASEAN, Indonesia Tetap Bertahan, Thailand Tembus 100 Besar Ilustrasi pemain TIMNAS Indonesia | PSSI

Fase grup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia telah selesai, 18 negara yang lolos berhasil masuk ke putaran ketiga. Indonesia berhasil menjadi satu-satunya perwakilan dari Asia Tenggara yang berhasil lolos ke putaran ketiga.

Diketahui, sebanyak tujuh tim dari ASEAN harus bertarung di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yaitu Myanmar, Thailand, Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Timnas Indonesia berhasil mengakhiri persaingan di Grup F dengan kemenangan atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung karno pada Selasa, 11 Juni 2024. Kemenangan itu membawa Indonesia sukses masuk ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Kemenangan ini juga berhasil memberikan poin untuk Indonesia meskipun Indonesia tetap stabil di peringkat 134 ranking FIFA dengan poin sebesar 1.108,99. Sementara itu, Filipina yang menerima kekalahan harus turun lima peringkat dari ke urutan 141 ke 146 dengan kekurangan poin sebesar 22,10.

Di sisi lain, Thailand yang berhasil mengalahkan Singapura di Grup C berhasil naik dua peringkat dan kini menempati peringkat 99 ranking FIFA dengan poin sebesar 1.218,56, dan menjadi satu-satunya negara ASEAN yang memasuki peringkat 100 besar.

Meskipun begitu, Thailand belum berhasil lolos keputaran ketiga karena dikalahkan oleh China. Singapura yang menerima kekalahan dari Thailand juga harus mengalami penurunan empat peringkat dari 155 ke 159 dengan kekurangan poin sebesar 10,80.

Selain itu, Malaysia yang meraih kemenangan 3-1 atas Taiwan juga berhasil naik 3 peringkat dengan penambahan poin sebesar 13,04. Kini, Malaysia berada di peringkat 135, tepat di bawah Indonesia dengan poin sebesar 1.107,58.

Senasib dengan Filipina dan Singapura, Vietnam dan Myanmar juga harus mengalami penurunan peringkat setelah mengalami kekalahan. Vietnam yang kalah 1-3 dari Irak harus mengalami penurunan satu peringkat dan kini berada di peringkat 116 dengan poin sebesar 1.168,02.

Myanmar juga menerima kekalahan atas Jepang di Grub B dan mengalami penurunan satu peringkat serta kekurangan poin sebesar 10,49. Kini, Myanmar berada di peringkat 164 dengan poin sebesar 988,97.

Ranking FIFA ASEAN dan poin terbaru | Goodstats

Secara keseluruhan, setelah putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, ranking negara-negara di ASEAN tidak mengalami perubahan. Indonesia yang menjadi satu-satunya negara ASEAN yang lolos ke putaran ketiga menempati masih menempati posisi ketiga.

Thailand yang berhasil masuk peringkat 100 besar juga berhasil menempati posisi pertama di ASEAN. Vietnam berhasil menempati posisi kedua di ASEAN meskipun mengalami penurunan peringkat.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Editor

Konten Terkait

Pecah Telur! Spanyol Raih Juara Piala Eropa Terbanyak

Spanyol sukses sabet 4 gelar juara Piala Eropa. Sementara itu, Inggris masih nihil gelar.

Jelang Perempat Final, Cek Top Scorer Sementara Euro 2024!

Performa mengejutkan Georgia hingga peluang Jerman kuasai top scorer. Semua terbalut dalam rangkaian 24 tim yang bertanding di 42 pertandingan Euro 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook