Ungguli Phuket, Bali Masuk 3 Besar Pulau Terfavorit di Dunia 2023

Menurut survei Travel and Leisure, Bali menempati peringkat ketiga dalam daftar pulau terbaik di dunia pada tahun 2023 dengan skor 94,40 poin

Ungguli Phuket, Bali Masuk 3 Besar Pulau Terfavorit di Dunia 2023 Ilustrasi turis asing yang berkunjung ke Bali, Indonesia | DavideAngelini/Shutterstock

Berlibur ke sebuah pulau belakangan ini menjadi tujuan wisata yang menarik. Liburan ke pulau, baik yang berpenghuni maupun tidak, bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dari petualangan mendebarkan.

Jutaan pulau terhampar di berbagai belahan dunia, di mana sebagian kecil di antaranya menjadi destinasi wajib para wisatawan untuk berlibur. Majalah pariwisata asal New York, Travel and Leisure (T+L) baru-baru ini merilis daftar pulau terbaik di dunia untuk tahun 2023.

Adapun, daftar tersebut bersumber dari survei yang dilakukan terhadap sekitar 165 ribu pembaca mereka di seluruh dunia. Penilaiannya sendiri berdasarkan beberapa kriteria, seperti wisata alam, aktivitas wisata yang ditawarkan, kualitas makanan dan restoran, hingga keramahan warganya.

Lebih lanjut, para pembaca nantinya akan memberi penilaian dengan skala “sangat baik”, “baik”, “rata-rata”, :di bawah rata-rata”, atau “buruk”. Selanjutnya, skor final akan dihitung berdasarkan nilai rerata yang diberikan.

7 pulau terbaik versi Travel and Leisure tahun 2023 | Goodstats

Hasilnya, Bali masuk ke dalam daftar dan berhasil menduduki peringkat ketiga dengan skor sebesar 94,40 poin. Sementara, peringkat pertama ditempati oleh Kepulauan Great Barrier Reef dengan nilai 96,11 poin.

Selengkapnya, berikut daftar 7 pulau terbaik versi Travel and Leisure tahun 2023.

1. Kepulauan Great Barrier Reef, Australia

Potret Pulau Wilson di Great Barrier Reef | Wilsonisland.com

Kepulauan yang termasuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO ini membentang sepanjang 1.400 mil dari pantai bagian timur laut Australia. Seperti namanya, Great Barrier Reef merupakan gugusan karang terluas sedunia sepanjang 2,3 kilometer.

Di sini, wisatawan yang datang bisa bermain dengan berbagai jenis ikan, penyu, dan hewan-hewan laut lainnya. Sebab, kepulauan ini menampung sekitar 6.600 spesies flora dan fauna, termasuk 1.500 jenis ikan, 4.000 jenis moluska, serta 400 jenis terumbu karang.

2. Maladewa

Potret keindahan Maladewa | Jannoon028/Freepik

Maladewa menempati peringkat kedua setelah Kepulauan Great Barrier Reef dengan perolehan skor sebesar 95,68 poin. Negara kepulauan yang terletak di barat daya India ini memang menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan.

Di pulau ini terdapat sekitar 1.192 pulau, namun hanya 200 di antaranya yang dihuni. Selain itu, Maladewa juga menjadi rumah bagi sekitar 3% dari total terumbu karang di planet ini. Tak heran jika Maladewa menjadi salah satu destinasi wisata impian, sebab jumlah kunjungan wisatawan asing ke negara ini sedikitnya mencapai 900 ribu turis tiap tahunnya.

3. Bali, Indonesia

Potret keindahan Pulau Nusa Penida di Bali, Indonesia | Wirestock/Freepik

Bali berhasil menduduki peringkat ketiga dalam daftar pulau terbaik di dunia tahun 2023 dengan skor 94,40 poin. Selain menawarkan budaya dan tradisinya yang unik, Bali juga memiliki wisata alam yang indah dan menakjubkan.

Bahkan berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), dari banyaknya pilihan destinasi atau daerah yang bisa dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia, Bali masih menjadi primadona pada tahun 2022. Tercatat, proporsi wisman yang datang ke Bali mencapai 46,72% dari total kunjungan wisman ke Indonesia di tahun 2022.

“Pulau ini terkenal dengan spa mewah, resor kelas dunia, hingga retret kesehatannya. Bali memiliki akar spiritualitas dan tradisi yang kuat, sehingga para wisatawan juga dapat menikmati budaya Bali,” tulis Travel and Leisure dalam laporannya.

4. Madeira, Portugal

Potret keindahan Madeira | Hotels.com

Menyusul Bali, Madeira menduduki peringkat keempat dalam daftar dengan perolehan skor sebesar 94,33 poin. Pulau yang berlokasi sekitar 540 mil dari Kota Lisbon, Ibukota Portugal ini ditemukan oleh para pelaut asal Portugal pada tahun 1420-an.

Sebagai wilayah kepulauan, Madeira tentunya menawarkan berbagai keindahan alam serta fasilitas yang menakjubkan bagi para turis yang berkunjung. Selain dapat menikmati keindahan pantainya, di sini pengunjung juga dapat menjelajahi Hutan Laurissilva yang mempesona atau menikmati pemandangan panorama dari Pico do Areeiro

5. Phuket, Thailand

Pesona Phuket, Thailand | Tawatchai07/Freepik

Berdasarkan laporan Travel and Leisure, Phuket menempati peringkat kelima dengan skor 94,21 poin. Pesona Phuket dan pulau-pulai kecilnya dengan pantai berpasir putih menjadikan kawasan ini seperti mutiara. Maka, tak heran jika Phuket juga dikenal dengan istilah “mutiara laut Andaman” karena keindahannya.

“Surga tropin ini menawarkan pantai pasir putih yang menakjubkan, perairan sejernih kristal, dan pertualangan tanpa batas. Turis dapat bersantai dan berjemur atau melakukan berbagai aktivitas lain, seperti snorkeling di sekitar terumbu karang dan menjelajahi teluk-teluk kecil yang tersembunyi,” tulis T+L.

6. Skye and the Hebrides, Skotlandia

Potret keindahan Skye and the Hebrides, Skotlandia | Campsites.co.uk

Skye, yang merupakan pulau terbesar di Skotlandia merupakan destinasi yang sangat populer di kalangan pelancong. Pulau ini menempati peringkat keenam dalam daftar pulau terbaik tahun 2023 dengan perolehan skor 94,13 poin.

“Kepulauan yang terletak di lepas pantai barat Skotlandia ini menawarkan pantai pasir putih, perairan pirus, dan reruntuhan kuno. Skye, yang dikenal sebagai "Misty Isle," menawarkan pemandangan tebing dan pegunungan megah, hingga danau yang indah,” tulis T+L dalam laporannya.

7. Koh Samui, Thailand

Pesona pantai di Pulau Koh Samui | PlanetWare

Selain Phuket, ternyata ada lagi pulau di Thailand yang masuk ke dalam daftar 7 pulau terbaik di dunia tahun 2023, yaitu Koh Samui dengan skor 93,89 poin. Sedikit berbeda dengan Pulau Phuket yang tersohor, wisata di pulau ini menawarkan suasana liburan yang lebih tenang dan rileks.

Koh Samui memiliki semuanya; pantai yang indah, budaya, dan tempat peristirahatan mewah. Di sini, wisatawan dapat bersantai di pantai-pantai populer seperti Chaweng dan Lamai, atau menjelajahi tradisi spiritual pulau ini di Wat Plai Laem atau Big Buddha Temple.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X