Top 5 Tim Nasional Sepak Bola di Asia Tenggara, Indonesia Masuk Daftar?

Berbicara sepak bola tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tim nasional asal Asia Tenggara yang memiliki peningkatan kualitas dalam segi permainan.

Top 5 Tim Nasional Sepak Bola di Asia Tenggara, Indonesia Masuk Daftar? Skuad Tim Nasiona Indonesia ketika bertanding | Goal.com

Sepak bola merupakan olahraga paling banyak menarik perhatian di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan, banyak orang yang rela membayar dengan harga mahal untuk melihat tim jagoannya bertanding.

Membicarakan sepak bola, semua orang pasti lebih tahu negara-negara yang memiliki kemampuan sepak bola terbaik seperti Argentina yang baru saja mendapatkan World Cup, Perancis dengan pemain-pemain muda berbakatnya, Brazil dengan kemampuan sepak bola yang indah dan masih banyak lagi tim-tim dari negara luar yang dikenal banyak orang.

Semua orang mengetahui tim-tim besar tersebut karena selalu mengikuti ajang lomba sepak bola bergengsi dan para pemainnya banyak menghiasi lapangan hijau di klub Eropa. Membicarakan tim dari negara-negara tersebut, ternyata tim-tim di Asia Tenggara juga cukup menarik untuk di bahas karena sudah mulai berkembang dalam segi kemampuannya.

1. Thailand

Timnas Thailand merupakan tim nasional sepak bola yang aktif dalam mengikuti kejuaraan tingkat regional maupun internasional. Thailand juga dikenal sebagai peserta tetap dalam Piala AFF dan AFC.

Beberapa keunggulan dari tim dengan ikon gajah ini yaitu sering menjadi peserta aktif dalam Piala AFF (Piala Suzuki), berpartisipasi dalam kualifikasi Piala Dunia, dan pernah menjadi juara ketiga Piala Asia tahun 1972 mengalahkan Kamboja dengan skor 5-3 lewat adu penalti.

Sekarang Timnas Thailand menduduki peringkat pertama rangking sepak bola di Asia Tenggara dan ke- 101 di dunia dengan poin 1207.

2. Vietnam

Timnas Vietnam merupakan tim nasional sepak bola yang aktif berkompetisi di tingkat regional dan internasional. Sama seperti Thailand, timnas Vietnam juga selalu ikut dalam ajang Piala AFF dan berpartisipasi di kualifikasi Piala Dunia.

Prestasi paling membanggakan yang pernah Vietnam raih yaitu lolos ke semifinal untuk pertama kali sepanjang partisipasi mereka di Piala Asia. 

Timnas Vietnam berada di posisi kedua rangking sepak bola Asia Tenggara dan ke- 105 dengan poin 1195. Posisi tersebut berdekatan dengan Timnas Thailand yang berada di 101 rangking dunia.

3. Malaysia

Timnas Malaysia merupakan tim sepak bola yang aktif berpartisipasi dalam kompetisi regional hingga internasional, sama seperti Vietnam dan Thailand. Malaysia juga merupakan peserta yang selalu mengikuti ajang Piala AFF dan berkompetisi di kualifikasi Piala Dunia.

Prestasi yang pernah diraih oleh timnas Malaysia juga cukup menarik karena pernah empat kali juara di Indonesia. Seperti di Piala AFF U-19 2022, Piala AFF 2010, Sea Games 2011 di level U-23, Piala AFF U-19 2018.

Timnas Malaysia berada di posisi ketiga rangking sepak bola di Asia Tenggara dan ke- 132 dunia dengan poin mencapai 1110.

4. Filipina

Timnas Filipina merupakan tim sepak bola nasional yang aktif dalam mengikuti turnamen tingkat regional maupun Internasional. Mereka juga sama dengan tim sebelumnya yaitu ikut berpartisispasi dalam Piala AFF dan mengambil bagian dalam kualifikasi Piala Dunia.

Prestasi membanggakan timnas Filipina yaitu bermain di Piala Asia yang kesempatan itu merupakan pertama kali di ikuti timnas berjuluk The Azkals tersebut.

Timnas Filipina berada di posisi keempat rangking sepak bola di Asia Tenggara dan ke- 139 dunia dengan poin mencapai 1086.

5. Indonesia

Timnas Indonesia merupakan tim nasional yang aktif dalam kompetisi di tingkat regional hingga Internasional. Tim Indonesia sendiri juga sering berpartisipasi dalam Piala AFF dan mengikuti kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia.

Indonesia juga memiliki beberapa prestasi seperti pernah masuk 16 besar Asian Games 2014 di Korsel, Juara AFF U-19 2013, dan hampir lolos Piala Dunia di Seoul 1980.

Timnas Indonesia berada di posisi kelima rangking sepak bola di Asia Tenggara dan ke- 142 dunia dengan poin mencapai 1073.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Editor

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X