10 Bank Terbaik di Indonesia Versi Forbes

Forbes merilis laporan bank terbaik di dunia pada tahun 2022. Hasilnya, Bank BCA menjadi bank terbaik pertama di Indonesia.

10 Bank Terbaik di Indonesia Versi Forbes Ilustrasi Logo Bank BCA | LensFoto35/Shutterstock

Forbes telah merilis laporan The World's Best Banks atau Bank Terbaik di Dunia pada tahun 2022. Deretan bank terbaik tersebut diilai dari 27 negara di dunia, laporan ini sudah berjalan setidaknya empat tahun berturut-turut. Hal ini didasarkan kepada tingkat kepuasan umum, seperti kepercayaan pelanggan, biaya, layanan digital dan saran terkait keuangan.

Penentuan bank yang masuk dalam daftar ini dilakukan melalui survei terhadap lebih dari 45.000 nasabah bank di seluruh dunia. Penilaian dilakukan sebanyak 5-75 bank setiap negara. Skor minimal adalah 70 dari total nilai 100. Hasil evaluasi dikumpulkan berdasarkan skor yang dicapai, jumlah bank aktif di negara, dan populasi masing-masing.

Lalu bank mana saja?

Top 10 bank terbaik di Indonesia 2022 I Angelia/GoodStats

1. BCA

PT Bank Central Asia Tbk atau BBCA meraih peringkat pertama dengan gelar bank terbaik dunia versi Forbes di antara 20 bank asal Indonesia lainnya. Bank BCA memiliki kantor pusat di Jakarta dengan jumlah pegawai 24.603 orang yang terlatih dan terpercaya. Meski demikian, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja melalui Bisnis mengatakan bahwa menjadi bank terbaik di dunia tidak lantas menjadikan bank BCA melakukan ekspansi ke luar negeri. Ia menilai pasar domestik lebih menarik.

"Di luar negeri mana yang untung. Citibank, HSBC, Standchart memperkecil fokus bisnisnya. Lebih menarik ekspansi di Indonesia," katanya kepada Bisnis, Minggu (17/4).

2. Bank DBS Indonesia

Bank BDS Indonesia, jadi peringkat 2 sebagai bank terbaik di dunia. Memiliki kantor pusat di Singapura, Bank DBS Indonesia memiliki jumlah pegawai sebanyak 30.000 orang. Jika dilihat sejarahnya, Bank DBS Indonesia telah berdiri sejak 1989 dengan nama PT Bank Mistubishi Buana, yaitu joint-venture antara The Mitsubishi Bank Ltd dan PT Bank Buana Indonesia. Saham The Mitsubishi Bank Ltd diambil oleh Bank DBS Bank Ltd pada 1997 dan kini resmi menjadi PT Bank DBS Buana.

3. Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mampu muncul dalam peringkat bank terbaik ketiga yang berbasis di Indonesia menurut Forbes. Bank Mandiri memiliki jumlah pegawai sebanyak 37.448 orang. Kinerja dari Bank Mandiri terus mengalami perbaikan. Mengutip Kontan hal tersebut terlihat pada penyaluran kredit Bank Mandiri yang mencapai Rp830,97 triliun secara bank di 2021. Jumlah tersebut tumbuh 10,33 persen dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

4. United Overseas Bank (UOB)

Bank UOB Indonesia bertengger di peringkat 4 sebagai bank terbaik di dunia. Bank asal Singapura ini memiliki jumlah pegawai sebanyak 25.446 orang. Melirik dari sejarahnya, bank UOB Indonesia sudah berdiri sejak 31 Agustus 1956 dengan nama PT Bank Buana Indonesia. Lalu kemudian berganti nama pada Mei 2011 menjadi PT Bank UOB Indonesia. Jaringan layanan UOB mencakup dari 41 kantor cabang, 168 kantor cabang pembantu, dan 191 ATM yang tersebar di 54 kota pada 18 provinsi di Indonesia.

5. Bank Syariah Indonesia (BSI)

Meski dinilai baru berdiri, Bank Syariah Indonesia dapat masuk dalam peringkat 5 besar bank terbaik di Indonesia. Berpusat di Jakarta, BSI memiliki jumlah pegawai sebanyak 20.000 orang. Mengutip rilis resmi, Direktur Utama BSI Syariah Hery Gunardi mengatakan pencapaian tersebut menjadi acuan untuk mengusung beragam inovasi baru, seperti halnya agenda sustainable finance atau program ekonomi desa, ketahanan pangan, keberpihakan kepada UMKM serta berperan aktif dan terdepan mendorong akselerasi ekonomi nasional.

"Sesuai arahan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo saat peresmian BSI, kami terus berupaya untuk menjadi bank yang inklusif, memajukan ekonomi Syariah di Tanah Air dan membawa Indonesia menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah di lingkup regional dan global. Pengakuan dari Forbes ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus bekerja keras mewujudkan hal tersebut," sebut Hery kepada keterangan resmi (18/4)

6. Citibank

Peringkat 6 diisi oleh Citibank sebagai bank terbaik. Berpusat di New York, Amerika Serikat, City Bank memiliki jumlah pegawai sebanyak 210.000 orang. Melihat sejarahnya, Citibank sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1968. Berdasarkan total aset, Citi merupakan salah satu bank asing dengan aset terbesar di Indonesia. Citibank beroperasi di 10 cabang di 6 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Surabaya, Medan, dan Denpasar.

7. Bank Jago

Bank Jago yang juga sama terbilang baru, berhasil masuk dalam peringkat 7 sebagai bank terbaik di Indonesia. Memiliki kantor pusat di Jakarta, Bank Jago mempunyai jumlah pegawai sebanyak 255 orang saja, jumlah yang paling sedikit dibanding bank lainnya. Pencapaian ini diraih setelah Jago melakukan transformasi menjadi bank berbasis teknologi sejak dua tahun lalu.

8. BCA Syariah

Masih satu naungan dalam atap PT Bank BCA Tbk, Bank BCA Syariah berhasil masuk peringkat 8 bank terbaik di Indonesia. Bank yang berpusat di Jakarta ini memiliki jumlah pegawai sebanyak 581 orang. Bank Syariah merupakan hasil konversi dari akuisisi PT Bank BCA di tahun 2009 terhadap PT Bank Utama Internasional Bank UIB berdasarkan prinsip syariah.

9. HSBC Holdings

Peringkat 9 diisi oleh HSBC Holdings, yang memiliki kantor pusat di London, Inggris ini mempunyai jumlah karyawan sebanyak 226.000 orang. Merilis sejarahnya, HSBC diberi nama sesuai dengan tempat awal pendiriannya, Hongkong and Sanghai Banking Corporation Limited, yang didirikan pada tahun 1865 untuk membiayai perdagangan yang sedang bertumbuh di Eropa, India, dan Tiongkok.

10. BNI

Peringkat 10 besar terakhir ditorehkan oleh Bank BNI. Berpusat di Jakarta, bank BNI memiliki jumlah pegawai 27.202 orang. Bank yang merupakan milik negara ini telah berdiri sejak 1946. Bank BNI memiliki peran penting untuk memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi pada pembangunan nasional.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Kenaikan Harga Pangan Global Belum Menjadi Hambatan Terhadap Inflasi RI
Artikel Selanjutnya Hasil Malaysia Open 2022: Tuan Rumah Tanpa Gelar, Tiap Nomor Dijuarai Negara Berbeda
Konten Terkait