GoodStats
Pencarian
Masuk

Tingkat Literasi Penduduk Negara Asia Tenggara

Menurut World Bank, seseorang dikatakan melek literasi jika dapat membaca serta menulis pernyataan singkat sederhana mengenai kehidupannya sehari-hari.

Tingkat Literasi Penduduk Negara Asia Tenggara Ilustrasi seseorang membaca buku | MR.SOMKIAT BOONSING/Shutterstock

World Bank mendefinisikan tingkat literasi sebagai proporsi dari populasi dewasa berusia 15 tahun ke atas yang melek literasi disajikan dalam bentuk persentase. Secara statistik, seseorang dikatakan melek literasi jika dapat membaca dan menulis pernyataan singkat sederhana mengenai kehidupan sehari-hari dengan pemahaman.

Adapun tingkat literasi secara global berada di angka 87 persen berdasarkan data yang dimuat dalam situs World Bank. Tren tingkat literasi secara global cenderung menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun hingga saat ini.

Berbicara tentang tingkat literasi negara-negara di Asia Tenggara, Brunei Darussalam menempati posisi pertama negara dengan tingkat literasi penduduk tertinggi. Adapun tingkat literasi di Brunei Darussalam ialah sebesar 97,21 persen menurut data World Bank.

Tingkat literasi penduduk di Asia Tenggara | GoodStats

Sementara itu, Singapura menempati posisi ke-2 dengan raihan tingkat literasi penduduk sebesar 97,13 persen, berselisih tipis dengan Brunei Darussalam. Adapun Filipina menyusul di posisi ke-3 dengan torehan sebesar 96,28 persen.

Indonesia sendiri berada di posisi ke-4 negara dengan tingkat literasi tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Adapun tingkat literasi di Indonesia terhitung mencapai angka 96 persen dari total 273,5 juta penduduk.

Adapun Vietnam berada di posisi ke-5 dengan raihan tingkat literasi penduduk sebesar 95,75 persen. Kemudian secara berurutan di posisi ke-6 hingga ke-11 diraih oleh Malaysia (94,97 persen), Thailand (93,77 persen), Myanmar (89,07 persen), Laos (84,66 persen), Kamboja (80,53 persen), dan Timor Leste (68,07 persen).

Pengukuran tingkat literasi dilakukan dengan mengompilasi data dari UNESCO Institute for Statistics (UIS). Adapun UIS mengumpulkan data pada tiap negara terkait bidang pendidikan, sains, budaya, serta komunikasi secara resmi.

Data-data tersebut kemudian dibandingkan secara internasional. UIS melakukan kerja sama dengan berbagai kantor statistik nasional, kementerian, serta organisasi statistik di tiap negara.

Angka literasi dihasilkan UIS melalui sensuk penduduk atau survei rumah tangga, di mana kepala rumah tangga yang menjadi responden pada survei akan ditanyakan seputar kemampuan membaca dan menulis keluarga.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Punya Rencana Liburan? Catat 10 Negara Tujuan yang Paling Aman Bagi Wisatawan
Artikel Selanjutnya Masalah Ekonomi jadi Faktor Pemicu Utama Gangguan Kesehatan Mental
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook