Tingkat Kemakmuran Negara OKI Tahun 2021, Indonesia Peringkat Berapa?

Indonesia merupakan salah satu negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Di antara negara-negara OKI lainnya, bagaimana tingkat kemakmuran Indonesia?

Tingkat Kemakmuran Negara OKI Tahun 2021, Indonesia Peringkat Berapa? Bendera OKI | MarkUK97/Shutterstock

Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) adalah sebuah organisasi internasional yang dibentuk pada tahun 1969 dan terdiri dari 57 negara anggota. Adapun 56 negara anggota OKI juga merupakan negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta 49 negara merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Indonesia menjadi salah satu negara anggota OKI. Pada tahun 2016 lalu, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa ke-5 OKI yang membahas tentang Palestina dan Al-Quds.

Legatum Institute kembali merilis laporan World Prosperity Index atau Indeks Kemakmuran Dunia pada tahun 2021. Penilaian kemakmuran suatu negara didasarkan pada 12 indikator seperti iklim investasi, infrastruktur, kualitas ekonomi, kualitas kehidupan, hingga pendidikan. Adapun indeks ini mengukur kemakmuran pada 167 negara di dunia dengan rentang skor 1 – 100.

Tingkat kemakmuran negara-negara anggota OKI tahun 2021 | Fauziah/GoodStats

Di antara seluruh negara anggota OKI, Uni Emirat Arab menempati peringkat pertama negara OKI paling makmur pada tahun 2021. Skor indeks kemakmuran Uni Emirat Arab mencapai 67,31.

Malaysia menempati posisi ke-2 dengan skor indeks sebesar 67,25. Kemudian disusul Qatar di posisi ke-3 dengan skor indeks sebesar 66,33, Bahrain di posisi ke-4 dengan skor indeks sebesar 61,31, dan Kuwait di posisi ke-5 dengan skor indeks sebesar 61,15.

Sementara itu, Indonesia menempati posisi ke-6 negara anggota OKI paling makmur di dunia. Indonesia berhasil meraih skor indeks sebesar 60,61 pada tahun 2021. Secara gobal, Indonesia menempati posisi ke-62 dari 167 negara.

Beberapa negara anggota OKI lainnya yang masuk dalam daftar negara paling makmur di dunia versi Legatum Institute di antaranya Kazakhstan, Oman, Arab Saudi, Yordania, Azerbaijan, Maroko, dan Turki.

Saat ini, OKI tercatat memiliki beberapa program yang berfokus pada 18 bidang prioritas seperti isu perdamaian dan keamanan, Palestina dan Al-Quds, pengetasan kemiskinan, terorisme, investasi dan keuangan, serta ketahanan pangan. Program-program ini diperbarui setiap 10 tahun sekali.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Pekerjaan Bagi Kaum Disabilitas Masih Menjadi Tantangan di Dunia

Data OECD menunjukkan kesenjangan antara masyarakat disabilitas dan non-disabilitas dalam hal pekerjaan tetap signifikan. Apa yang bisa dilakukan pemerintah?

Argentina Hadapi Ketidakstabilan Politik Hingga Inflasi Mencapai 276,2%

Argentina saat ini tengah menghadapi tantangan yang serius dalam mengelola perekonomiannya dengan berbagai indikator ekonomi yang menunjukkan penurunan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X