Timnas Akan Uji Coba Lawan TOP 15 FIFA, Mana yang Paling Tinggi?

PSSI dikabarkan akan mencari lawan tanding "raksasa" lain bagi timnas setelah Argentina bulan lalu

Timnas Akan Uji Coba Lawan TOP 15 FIFA, Mana yang Paling Tinggi? Timnas Indonesia sebelum bertanding (Foto: ANTARA/Agung Rajasa)

Tim nasional (timnas) Indonesia saat ini sedang mencari lawan tanding untuk laga FIFA Matchday. Beberapa isu soal calon lawan Indonesia pun mulai muncul, dan salah satu yang paling mengejutkan adalah kabar bahwa Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan mengundang timnas Jerman.

Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir sendiri telah mengkonfirmasi bahwa saat ini PSSI sedang menghubungi timnas timnas besar eropa untuk keperluan FIFA Matchday ini. Menurutnya, beberapa negara tersebut diantaranya seperti Portugal, Jerman, Spanyol hingga Brazil.

Namun, Erick menekankan bahwa timnas-timnas besar tersebut disiapkan untuk FIFA Matchday tahun depan. Sehingga diharapkan timnas Indonesia bisa mendapat pengalaman bertanding melawan timnas timnas “raksasa” sekali tiap tahunnya. 

Dari negara yang disebut oleh Ketum PSSI tadi, kita bisa melihat bahwa target dari PSSI adalah negara negara berperingkat 15 besar dalam ranking FIFA.

Brazil menjadi negara dengan peringkat tertinggi dari 4 negara di atas, dimana timnas selecao menduduki peringkat ketiga FIFA dengan total poin 1828.27

Selanjutnya ada timnas Portugal. Portugal yang diperkuat nama-nama besar seperti Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes hingga Ruben Dias menduduki posisi ke-9 dalam ranking FIFA, dengan total poin 1718.25

Lalu, disusul oleh timnas Spanyol satu peringkat di bawahnya. Tim matador menduduki peringkat ke-10 dengan total poin 1703.45

Terakhir, ada timnas Jerman di posisi ke-15. Tim panzer yang sedang mengalami tren buruk “hanya” memiliki poin sebesar 1636.32

Selain timnas timnas yang disebut Erick Thohir tadi, masih ada beberapa timnas lain dalam rentang peringkat 15 besar tadi yang bisa diajak beruji coba. Seperti timnas Maroko, Mexico, Swiss dan negara lainnya.

Kegiatan beruji coba dengan timnas timnas “raksasa” ini tentu memiliki dampak yang positif bagi Indonesia secara keseluruhan. Bagi timnas, mereka bisa mendapat pengalaman berharga dari pemain kelas dunia.

Sedangkan bagi PSSI kesempatan ini bisa memperkenalkan lebih jauh soal sepakbola Indonesia, sehingga bisa menarik minat dari pemain dan investor luar ke dalam lingkungan sepakbola kita.

Selain itu, masyarakat juga bisa terhibur dengan pertandingan pertandingan seperti ini. Sementara bagi para pelaku usaha, tentu mereka bisa ikut merasakan dampak positif dalam bidang ekonomi, seperti penjualan merchandise, makanan, minuman dan lainnya.

Penulis: Raja Azhar
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X