Tidak Semua Berhak Memakainya! Inilah 6 Klub Top Eropa Pemegang Badge of Honour!

Hanya ada 6 klub eropa yang memiliki UEFA Badge of Honour, nah klub apa sajakah itu?

Tidak Semua Berhak Memakainya! Inilah 6 Klub Top Eropa Pemegang Badge of Honour! UEFA Badge of Honour | UEFA

UEFA Badge of Honour adalah penghargaan yang diberikan oleh UEFA selaku otoritas tertinggi sepakbola di Eropa kepada klub yang telah mencapai prestasi luar biasa di Liga Champions Eropa.

Klub yang telah memenangkan 5 trofi Liga Champions atau 3 trofi secara beruntun yang berhak mendapatkan penghargaan ini. Penghargaan ini berupa logo gambar "Starball" dengan jumlah trofi Liga Champions yang telah diperoleh dan berupa logo gambar trofi Liga Champions beserta jumlah trofi Liga Champions yang telah diperoleh bagi klub yang musim lalu berhasil memenangkan trofi Liga Champions.

Logo ini terpasang di lengan kanan kostum klub. Hingga saat ini, baru enam klub yang telah mendapatkan penghargaan UEFA Badge of Honour. Barcelona adalah tim yang terakhir mendapatkannya pada tahun 2015.

Berikut ini enam klub top Eropa yang Mendapatkan UEFA Badge of Honour.

1. Real Madrid

Real Madrid, klub sepak bola asal Ibukota Spanyol, adalah salah satu klub paling sukses di dunia. Klub ini telah memenangkan 14 trofi Liga Champions, lebih banyak dari klub mana pun di Eropa. Pada awal penyelenggaraan Liga Champions, yang saat itu bernama Piala Champions, El Real mendominasi ajang ini dengan memenangkan lima gelar berturut-turut dari tahun 1956 hingga 1960. Rekor ini masih bertahan hingga saat ini. Pada era modern, Real Madrid kembali membuktikan kehebatannya dengan menjuarai Liga Champions tiga kali berturut-turut dari tahun 2016 hingga 2018. Prestasi ini menjadikan Real Madrid sebagai klub pertama yang meraih hattrick gelar Liga Champions dengan format baru.Terbaru, Real Madrid kembali menjadi juara Liga Champions pada tahun 2022 di bawah asuhan Carlo Ancelotti. Kemenangan ini membuat Real Madrid semakin mengukuhkan diri sebagai klub paling sukses di Eropa.

2. AC Milan

AC Milan adalah klub asal Italia yang paling sukses di Liga Champions Eropa. Klub ini telah memenangkan tujuh gelar, lebih banyak dari klub Italia mana pun lainnya. AC Milan meraih gelar Liga Champions pertamanya pada tahun 1963 dan memenangkannya lagi pada tahun 1969, 1989, 1990, 1994, dan 2007. Gelar kelimanya pada tahun 1994 menjadikan AC Milan sebagai klub Italia pertama yang meraih UEFA Badge of Honour. Trofi Liga Champions yang keenam AC Milan diraih pada tahun 2003, dan gelar ketujuhnya diraih pada tahun 2007. Kedua gelar tersebut diraih di bawah asuhan pelatih Carlo Ancelotti.

3. Liverpool

Liverpool adalah salah satu klub sepak bola paling sukses di Inggris. Klub ini telah memenangkan enam gelar Liga Champions Eropa, lebih banyak dari klub Inggris mana pun lainnya. Gelar Liga Champions pertama Liverpool diraih pada tahun 1977 dan memenangkannya lagi pada tahun 1978, 1981, 1984, 2005, dan 2019. Gelar kelimanya pada tahun 2005, yang diraih dengan kemenangan dramatis atas AC Milan, dikenal sebagai "The Miracle of Istanbul".

4. Bayern München

Bayern München adalah salah satu klub sepak bola paling sukses di Jerman dan Eropa. Klub ini telah memenangkan enam gelar Liga Champions Eropa, lebih banyak dari klub Jerman mana pun lainnya. Gelar Liga Champions pertama Bayern München diraih pada tahun 1974 dan memenangkannya lagi pada tahun 1975 dan 1976. Bayern München juga telah memenangkan dua Treble Winners, yaitu pada tahun 2013 dan 2020.

5. Barcelona

Barcelona adalah salah satu klub sepak bola paling sukses di Spanyol dan Eropa. Klub ini telah memenangkan lima gelar Liga Champions Eropa. Gelar kelimanya pada tahun 2015, yang diraih dengan kemenangan atas Juventus, menjadikan Barcelona sebagai klub terakhir yang berhak memakai UEFA Badge of Honour.

6. Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam adalah salah satu klub sepak bola paling sukses di Belanda dan Eropa. Klub ini telah memenangkan empat gelar Liga Champions Eropa, lebih banyak dari klub Belanda mana pun lainnya. Gelar Liga Champions pertama Ajax Amsterdam diraih pada tahun 1971 dan memenangkannya lagi pada tahun 1972, 1973, dan 1995.

Penulis: Haafizh Ihsannagi
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Real Madrid Jadi Klub Paling Tajir di 2024

Kekayaan klub sepak bola dapat menjadi alat ukur bagaimana kesukessan dari kerja sama orang-orang yang mengelola tim tersebut, sehingga ini dia 10 tim terkaya.

Indonesia Tembus Ranking FIFA Tertinggi dalam 1 Dekade Terakhir

Timnas Indonesia tambah 8,65 poin dan naik ke peringkat 142 pada tabel Ranking FIFA terbaru pasca Piala Asia 2023.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook