Piala Dunia U-17 2023 dalam Angka

Jerman menjadi juara pertama Piala Dunia FIFA U-17 2023

Piala Dunia U-17 2023 dalam Angka Timnas Jerman dalam Piala Dunia FIFA U-17 | Foto: FIFA+

Indonesia telah sekali lagi menyukseskan salah satu event kelas internasionalnya. Kali ini datang dari olahraga cabang sepak bola. Baru saja Indonesia telah menutup ajang pesta sepak bola muda terbesar di dunia, yaitu Piala Dunia FIFA U-17 2023.

Piala Dunia FIFA U-17 2023 adalah ajang sepak bola putra muda yang diadakan di tanah air pada tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023. Indonesia sendiri berkesempatan untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah ajang besar ini. Turnamen ini juga menjadi Piala Dunia U-17 FIFA pertama yang diselenggrakan di area Asia Tenggara.

Ajang ini diadakan di 4 stadion yang berbeda, yaitu Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Internasional Jakarta, Stadion SI Jalak Harupat Bandung, serta Stadion Manahan Solo. Ajang ini mempertandingkan 24 tim nasional dari 6 konfederasi yang tersebar di dunia. Dalam hal ini, Indonesia akan bertanding di Piala Dunia FIFA U-17 untuk pertama kalinya.

Jerman menjadi juara pertama Piala Dunia FIFA U-17 2023

Dalam data akhir Piala Dunia FIFA U-17, Tim Nasional Jerman keluar sebagai juara pertama ajang ini. Jerman sendiri menjadi juara setelah mengalahkan Prancis dengan drama adu penalti 4-3, setelah seri 2-2 pada babak normal. Hal ini membuat Jerman berhasil mengumpulkan 17 poin secara keseluruhan, serta telah mencetak total 18 gol sepanjang Piala Dunia FIFA U-17.

Tim Nasional Prancis sendiri otomatis menjadi tempat kedua dengan perolehan total poin sebesar 17 pula, karena pada babak final normal hasilnya seri. Prancis sendiri telah mencetak total gol sebanyak 12 kali, serta tak terkalahkan dalam Piala Dunia FIFA U-17 seperti Jerman.

Peringkat ketiga jatuh di tangan Tim Nasional Mali. Tim nasional asal Benua Afrika ini berhasil memasuki posisi ketiga setelah mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 pada sesi perebutan babak ketiga. Mali telah mengumpulkan 15 poin serta telah mencetak total 18 gol, sementara Argentina telah mengumpulkan 13 poin serta telah mencetak total 19 gol.

Tim yang tersingkir di babak perempat final otomatis masuk peringkat kelima hingga kedelapan. Posisi kelima ada pada Spanyol dengan 10 poin, Brasil dengan 9 Poin, Maroko dengan 7 poin, serta Uzbekistan dengan 7 poin. Negara yang sama-sama memiliki 7 poin ialah Iran dan Senegal, namun terpaksa harus tersingkir sejak babak 16 besar.

Indonesia sendiri masih harus berpuas berada di posisi 18 klasemen akhir. Indonesia memiliki total poin sebesar 2 karena telah dua kali sert dan sekali kalah. Indonesia juga tercatat telah mencetak 3 gol, serta kemasukan 5 gol.

Argentina posisi keempat, tapi pemainnya justru top skorer

Dalam data lanjutan dari Piala Dunia FIFA U-17, terdapat data akhir mengenai top skorer. Dalam data tersebut, pemain asal Tim Nasional Argentina bernama Agustin Ruberto berhasil menjadi top skorer ajang ini. Pemain ini berhasil mencetak 8 gol. Agustin sendiri tercatat telah memiliki 607 menit bermain. Karena menjadi top skorer, Agustin Ruberto otomatis memperoleh predikat sepatu emas.

Di bawahnya, pemain dengan 5 gol adalah Claudio Echeverri dari Argentina, Paris Brunner dari Jerman, serta Ibrahim Diarra dari Mali. Namun, yang mendapat sepatu perak ialah Ibrahim Diara, serta yang mendapat sepatu perunggu ialah Claudio Echeverri karena mempertimbangkan perbedaan jumlah umpan gol serta menit bermain.

Pemain yang telah mencetak 4 gol adalah Kaua Elias dari Brazil, Renti Takaoka drai Jepang, Max Moerstedt dari Jerman, Mamadoi Doumbia dari Mali, serta Amirbel Saidov dari Uzbekistan. Pemain Indonesia sendiri yang terbanyak mencetak gol adalah Arhkan Kaka, pemain yang juga bermain di Persis Solo sejak tahun 2023.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Serba Serbi Pembajakan Siaran Olahraga

Popularitas sepak bola masih disertai kebiasaan buruk "penggemarnya", nonton bajakan. Berikut, lima negara dengan peringkat kasus bajakan tertinggi!

Qatar "Back to Back" Juara! Ini Rangkuman Hasil Piala Asia 2023

Qatar berhasil mempertahankan gelar juaranya di Piala Asia 2023. Kali ini, kesuksesan tak hanya mereka catatkan sebagai peserta, tapi juga sebagai tuan rumah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook