Tak Hanya Sebagai Kota Industri, Batam Juga Punya Sejuta Keindahan Alam

Sebagai salah satu tujuan wisata, jumlah kunjungan wisatawan ke Batam dari bulan Januari hingga Mei 2023 mencapai 433.723 kunjungan

Tak Hanya Sebagai Kota Industri, Batam Juga Punya Sejuta Keindahan Alam Kota Batam, Kepulauan Riau. (Sumber: Shutterstock)

Batam merupakan sebuah pulau di daerah Kepulauan Riau, berlokasi di sebelah barat pulau Bintan dan sebelah selatan Singapura. Sebagai daerah kepulauan, Batam tentunya memiliki berbagai keindahan alam yang dapat dinikmati oleh siapapun yang berkunjung ke Batam. Keindahan resort, laut, pantai, hingga lapangan golf dapat dinikmati saat berada di Batam.

Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas, Batam dapat menjadi salah satu tujuan wisata, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan memanfaatkan berbagai kemudahan dan fasilitas yang ada di Batam, wisatawan dapat menikmati berbagai destinasi wisata di Batam dengan mudah.

Awal tahun 2023, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mengalami penurunan sebesar 36,64 persen dibandingkan akhir tahun lalu. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, jumlah wisman di bulan Januari 2023 tercatat sebanyak 94.774 kunjungan, sementara di bulan Desember 2022 jumlahnya mencapai 145.018 kunjungan.

Sedangkan tingkat kunjungan wisman pada bulan Februari kembali menurun hingga 21,72 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Selanjutnya pada bulan Maret 2023 jumlah kunjungan wisman mengalami peningkatan sebesar 32,45 persen menjadi 98.268 kunjungan.

Dua bulan setelahnya terjadi penurunan terus menerus menjadi 89.140 kunjungan pada bulan April dan 77.348 kunjungan pada bulan Mei 2023. Kenaikan dan penurunan yang sering terjadi tidak menutup kemungkinan bahwa Batam adalah salah satu dari surga tersembunyi yang ada di Indonesia.

Dibalik sibuknya Batam sebagai kota industri, kota yang menjadi pintu masuk menuju Singapura ini menyimpan keindahan bak surga tersembunyi. Banyak objek wisata yang dapat dikunjungi saat Anda berada di Batam. Salah satu kota di Kepulauan Riau ini mempunyai wisata alam yang beragam jenisnya.

Pantai menjadi wisata terbanyak yang dapat ditemui di Kota Batam. Morfologi kepulauan di Batam menjadikan banyaknya pantai-pantai yang dimanfaatkan sebagai objek wisata di sana.

  1. Pantai Mirota

Keindahan Pantai Mirota. (Sumber: Pantaipedia)

Surga pasir putih di ujung Batam itulah julukan yang kerap disematkan pada pantai ini. Julukan ini memang layak diberikan pada pantai Mirota karena tidak dapat dipungkiri keindahan pasir putihnya beserta air laut yang membiru seolah menjadi permadani alam di Pulau Galang.

Terletak di Sijantung, Kecamatan Galang, pantai ini menjadi salah satu objek wisata andalan di Batam.Keindahan khas pantai yang dimiliki pantai Mirota memang tidak bisa dilewatkan, sehingga akan mengambil perhatian wisatawan untuk menilik objek wisata alam ini.

  1. Pulau Mubut

Wisata Pantai di Pulau Mubut. (Sumber: Alonesia)

Pulau Mubut adalah salah satu destinasi wisata dengan pantai-pantainya yang menjadi daya tarik. Pulau ini memiliki sebuah pantai dengan pasir putih yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Ketika Anda berkunjung kemari, Anda dapat melihat pemandangan yang indah dari pantai dan pepohonan kelapa yang tumbuh di sekitarnya.

  1. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam di Pulau Galang, Batam. (Sumber: Flickr/Eyla Alivia)

Kampung Vietnam adalah wisata historis yang dapat ditemui di Kota Batam. Dulunya perkampungan ini digunakan sebagai tempat mengungsi oleh penduduk Vietnam karena konflik internal di negaranya. Konflik ini membuat mereka harus mengungsi dengan menggunakan perahu dan sampailah di pulau Galang yang terletak di Batam.

Objek wisata yang kaya akan nilai sejarah ini dapat dijadikan tujuan wisata edukatif. Di sana juga masih tergeletak perahu-perahu yang diduga digunakan oleh orang Vietnam untuk mengungsi ke Indonesia. Anda bisa memanfaatkan perahu-perahu tersebut sebagai latar belakang foto Anda.

  1. Pulau Forest Top

Wisata Alam Terbuka Batam Forest Top. (Sumber: Tribunnews)

Pulau Forest Top, tempat ini merupakan destinasi wisata yang akan mengantarkan Anda berlibur di tengah hutan. Bukan tengah hutan yang rimbun, melainkan sebuah kawasan liburan yang terdapat banyak fasilitas mendaki, panjat tebing, tarzan swing, dan lainnya.

Di tempat ini Anda juga dapat berpetualang di tengah pemandangan hijau yang menyejukkan serta bermain halang rintang.

Spot foto di sini sangat banyak. Tempat ini memasang tarif Rp. 20.000 per orang jika ingin merasakan keseruan berlibur di sini. Tetapi, biaya di atas belum termasuk fasilitas yang dapat digunakan di dalam.

  1. Pantai Marina

Pesona Pantai Marina Batam. (Sumber: Rumah123)

Berlokasi di Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, pantai ini begitu bersih dan terawat secara alami. Terlihat hamparan pasir putih yang luas bertemu dengan air laut yang datang terhempas ombak menambah sensasi eloknya pantai Marina ini.

Pantai yang terletak di bagian barat Kota Batam ini juga menyediakan berbagai fasilitas lain seperti restoran dan penginapan yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan.

  1. Pantai Elyora

Pengunjung Meninkmati Keindahan Pantai Elyora, Batam. (Sumber: Tribun)

Pantai Elyora ini adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Galang, Batam. Di sini, Anda akan menemukan pemandangan pantai berpasir putih dengan airnya yang kehijauan jernih.

Pantai ini memiliki air yang tenang dengan ombak yang kecil-kecil. Anda juga dapat merasakan kalau pasir yang ada di sini agak kasar dan tidak mudah terbawa arus.

Daya tarik yang dapat Anda temukan di sini adalah akar-akar pohon tumbang yang dapat menjadi spot foto yang bagus.

  1. Rumah Kopi Fatmawati

Rumah Kopi Fatmawati di Tepian Pantai Coastarina Batam. (Sumber: Nasirullah Sitam)

Objek wisata yang satu ini pasti banyak diincar oleh para pecinta kopi pastinya. Di sini Anda akan disuguhi oleh keindahan pantai karena posisi Rumah Kopi Fatmawati ini berada tepat di tengah pantai.

Tentunya pemandangan indah ini akan menambah sensasi minum kopi Anda bersama orang tercinta terasa berbeda dari sebelumnya.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ini Dia Top 6 Destinasi Wisata Domestik Favorit di Indonesia

Adakah destinasi lokal Indonesia favoritmu?

7 Kota Indonesia Ini Punya Julukannya Sendiri, Unik dan Sarat Akan Makna!

Dari kota seribu benteng hingga kota khatulistiwa, ini 7 kota Indonesia yang punya julukan uniknya sendiri.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook